7 thoughts on “Shalat Tahajjud atau Shalat Fajar?

  1. Abu Syarifah

    Assalamu’alaikum Ustadz, saya sudah baca artikel tentang shalat tahajjud dan shalat fajar ini, tapi yang saya ingin tanyakan, bukannya shalat fajar itu shalat subuh pak ustadz???

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Wa alaikum salam. Shalat fajar adalah shalat sunnah sebelum shalat Subuh. Ada yang berpendapat shalat fajar sama dengan shalat qabliyah Subuh, pendapat lain mengatakan tidak sama dengan qabliyah Subuh (ada tersendiri). Yang pasti, tidak ada yang mengatakan bahwa shalat fajar itu adalah shalat Subuh.

      Reply
  2. Moeslih Rosyid

    Ass wr wb buat ustadz saya sangat berterima kasih apabila ustadz bisa sedikit bisa menolong saya dan tiada hal yang lebih membahagiakan kepada saya selain mendapat rahmat allah dan sedikit kasih dari sesama muslimnya
    apalagi seperti saat seperti sekarang ini,entah ini apa cobaan atau balak bagi saya tapi rasanya sangat berat bagi saya.
    fitnah memang begitu kejam dan fitnah pulalah yang menimpa saya saat ini ustadz.
    maka dari itu saya mohon dengan sejuta pengharapan,tolong bersihkan nama saya yang dijelek jelekkan dan dirusak di salah satu blog.sungguh saya sangat berterima kasih apabila ustadz ikut berusaha untuk membersihkan nama baik saya terlebih lebih blog tersebut ditutup.
    alamatnya ini ustadz: pemapar-kebathilan.blogspot.com/2012/01/mengobati-penyakit-itu-mudah.html
    mohon maaf kalau saya merepotkan dan terimakasih beribu ribu terima kasih saya buat ustadz atas perhatiannya Wassalamu alaikum wr wb
    Moeslih Rosyid

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Wa alaikum salam wr wb. Saran saya: apapun yang dikatakan orang lain tentang diri kita, sebaiknya anggaplah sebagai masukan. Kemudian kita renungkan. Tentang pembersihan nama baik itu bukan wewenang saya, apa lagi saya tidak tahu persis tentang diri Bapak. Mohon maaf karena tidak dapat memenuhi permintaan Bapak. Saya doakan semoga Bapak mendapatkan solusi terbaik.
      Wassalam,
      Akhmad Tefur

      Reply
  3. nia kusuma

    assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
    afwan, saya mau tanya seorang wanita jikalau mendirikan shalat lebih baik kan di dalam rumah dari pada di masjid, lalu bagaimana dengan hadis yang menyatakan bahwa shalat subuh dan shalat isya lebih baik dilaksanakan di masjid karena pahalanya sangatlah besar. saya mau tanya “jadi kalau shalat isya dan subuh lebih baik di dlm rumah atau di masjid ? “

    Reply