Shalat Tahajjud atau Shalat Fajar?

tentang shalat tahajjud dan shalat fajarRangkuman tanya jawab di facebook Shalat Sempurna (dot) com yang telah diedit. Semua pertanyaan diawali dengan kata “Mana yang….”

Chandra Ag: Mana yang lebih afdhol, shalat tahajjud atau shalat fajar?
Jawaban: Kedua shalat sunnah ini memang afdhol, tapi menurut saya shalat fajar lebih afdhol ketimbang shalat tahajjud.  Ini berdasarkan hadits “Dua rakaat fajar lebih baik dari seluruh dunia beserta isinya” (HR Muslim). Selain itu, dengan shalat fajar peluangnya lebih besar untuk shalat Subuh berjamaah di masjid. Jika ada orang shalat tahajjud tapi meninggalkan shalat Subuh berjamaah di masjid (khususnya bagi laki-laki) ini ibarat menggapai rumah gubug dengan mengorbankan istana mewah.

Ihsan Muhammad: Mana yg lebih shohih ketika duduk tasyahud di rokaat kedua yg rokaatnya hanya 2 (seperti sholat subuh, sholat tahiyatul masjid,dll) apakah dengan duduk tawarruk atau iftirosy?
Jawaban: Dalam buku AL Masail, Bab 86: Sifat Duduk di Dalam Shalat 2 Rakaat, karya Abdul Hakim bin Amir Abdat disebutkan bahwa dua-duanya boleh, karena masing-masing punya dasar. Disebutkan juga bahwa pendapat yang mengatakan duduk tawarruk lebih kuat. Wallahu a’lam.

Prihatini Suparto: Mana yang lebih dulu iman atau Islam?
Jawaban: Untuk muallaf (orang yang masuk Islam tidak dari kecil) biasanya iman dulu, baru masuk Islam. Sebagai contoh, banyak ilmuwan yang kagum dengan fenomena alam, lalu mereka memperoleh jawaban dari Al Quran. Setelah mereka percaya (beriman), barulah mereka masuk Islam.

Mana yang lebih baik, puasa sunnah atau silaturahmi ke undangan?
Jawaban: Ke undangan, karena menghadiri undangan itu wajib

Dadan Nurdiansyah: Mana yang harus didahulukan, mencintai diri pribadi atau orang di sekitar kita?
Jawaban: Urutannya: Allah, Rasul, diri pribadi, orang lain. Ini artinya, mencintai Allah dan Rasul-Nya harus lebih diutamakan ketimbang mencintai diri sendiri. Kemudian, dalam mencintai orang lain (menurut sebuah riwayat) hendaklah sama dengan mencintai dirinya. Ini berarti mencintai diri sendiri dan orang lain kedudukannnya hampir seimbang.

Adi Dwi Permana: Mana yg didahulukan, menikah atau meniti karir ?
Jawaban: Menikah, karena ini langkah yang lebih aman untuk menghindari maksiat.

Mana yg dilaksanakan terlebih dulu, permintaan isteri atau orangtua kita?
Jawaban: Jka permintaannya sama persis, dan anda hanya cukup untuk 1, maka utamakan istri. Analogi: memberi nafkah anak-istri hukumnya wajib, tapi memberi nafkah (sedekah) ke orang tua hukumnya sunnah.

Faisal Kuniawan HB: Mana yg dimaksud dengan riba, apakah koperasi atau bank termasuk riba atau bukan dan apakah peminjamnya juga termasuk dalam golongan riba tersebut?
Jawaban: Setahu saya, beberapa berpendapat (termasuk MUI) bahwa bunga bank / koperasi haram, tapi ada juga sebagian yang tidak mengharamkannya, wallahu a’lam. Jika ragu, sebaiknya dihindari saja. Tapi jika penggunaan bank hanya untuk kemudahan proses transaksi, transit, dll insya_allah tidak mengapa. Misal, transfer gaji pegawai, transfer pembelian barang dll. Wallahu a’lam.

Riski Amelia Wahyuwidayat: Mana yang lebih utama bila sudah jam makan dan keluarga sudah pada lapar pas  waktu jam sholat, menyiapkan makan untuk keluarga atau sholat tepat waktu?
Jawaban: Untuk kasus tertentu (bukan kebiasaan), dan sudah tidak tertahan maka lebih baik makan dulu. Tapi ini tidak baik menjadi sebuah kebiasaan.

Idzharuddin Amrullah: Mana yg betul kalau tidak shalat Jumat penggantinya shalat Dhuhur atau tetap shalat Jumat walau sendiri?
Jawaban: Shalat Dhuhur.

Dwi Praseno: Mana yang lebih utama, berdoa dengan bahasa Arab yg belum begitu paham artinya dan lafal yang tidak sempurna dibanding berdoa dengan bahasa sendiri yg mudah dimengerti?
Jawaban: Doa yang paling utama adalah doa yang matsur, yaitu doa yang susunan katanya ada dalam Al Quran atau hadits. Dilakukan dengan tata cara berdoa yang benar, lafal yang pas dan mengerti artinya. Jika tidak mengerti artinya dan lafalnya tidak pas maka lebih baik dengan bahasa sendiri.

Jika ada orang shalat tahajjud tapi meninggalkan shalat Subuh berjamaah di masjid (khususnya bagi laki-laki) ini ibarat menggapai rumah gubug dengan mengorbankan istana mewah. Baca penjelasan lebih lanjut pada artikel Kejamnya Waktu Subuh.

Founded by: Tentang shalat sunnah (shalat tahajjud dan shalat fajar), duduk tasyahud (tawarruk / iftirosy) pada shalat 2 rakaat seperti shalat tahiyatul masjid, tata cara berdoa, puasa sunnah dll.

Anda punya pendapat lain? Silakan…

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

7 thoughts on “Shalat Tahajjud atau Shalat Fajar?

  1. Abu Syarifah

    Assalamu’alaikum Ustadz, saya sudah baca artikel tentang shalat tahajjud dan shalat fajar ini, tapi yang saya ingin tanyakan, bukannya shalat fajar itu shalat subuh pak ustadz???

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Wa alaikum salam. Shalat fajar adalah shalat sunnah sebelum shalat Subuh. Ada yang berpendapat shalat fajar sama dengan shalat qabliyah Subuh, pendapat lain mengatakan tidak sama dengan qabliyah Subuh (ada tersendiri). Yang pasti, tidak ada yang mengatakan bahwa shalat fajar itu adalah shalat Subuh.

      Reply
  2. Moeslih Rosyid

    Ass wr wb buat ustadz saya sangat berterima kasih apabila ustadz bisa sedikit bisa menolong saya dan tiada hal yang lebih membahagiakan kepada saya selain mendapat rahmat allah dan sedikit kasih dari sesama muslimnya
    apalagi seperti saat seperti sekarang ini,entah ini apa cobaan atau balak bagi saya tapi rasanya sangat berat bagi saya.
    fitnah memang begitu kejam dan fitnah pulalah yang menimpa saya saat ini ustadz.
    maka dari itu saya mohon dengan sejuta pengharapan,tolong bersihkan nama saya yang dijelek jelekkan dan dirusak di salah satu blog.sungguh saya sangat berterima kasih apabila ustadz ikut berusaha untuk membersihkan nama baik saya terlebih lebih blog tersebut ditutup.
    alamatnya ini ustadz: pemapar-kebathilan.blogspot.com/2012/01/mengobati-penyakit-itu-mudah.html
    mohon maaf kalau saya merepotkan dan terimakasih beribu ribu terima kasih saya buat ustadz atas perhatiannya Wassalamu alaikum wr wb
    Moeslih Rosyid

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Wa alaikum salam wr wb. Saran saya: apapun yang dikatakan orang lain tentang diri kita, sebaiknya anggaplah sebagai masukan. Kemudian kita renungkan. Tentang pembersihan nama baik itu bukan wewenang saya, apa lagi saya tidak tahu persis tentang diri Bapak. Mohon maaf karena tidak dapat memenuhi permintaan Bapak. Saya doakan semoga Bapak mendapatkan solusi terbaik.
      Wassalam,
      Akhmad Tefur

      Reply
  3. nia kusuma

    assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
    afwan, saya mau tanya seorang wanita jikalau mendirikan shalat lebih baik kan di dalam rumah dari pada di masjid, lalu bagaimana dengan hadis yang menyatakan bahwa shalat subuh dan shalat isya lebih baik dilaksanakan di masjid karena pahalanya sangatlah besar. saya mau tanya “jadi kalau shalat isya dan subuh lebih baik di dlm rumah atau di masjid ? “

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>