Mau Doa Maqbul? Perbaiki Cara Berdoa!

Bagaimana cara berdoa yang baik? Simak ini dulu…

Coba bayangkan seandainya tiba-tiba ada orang mendatangi anda, dan langsung meminta uang dengan cara yang tidak sopan… Dia tidak kulo nuwun, tidak memanggil nama anda dengan santun, tidak memiliki tata krama… Bagaimana perasaan anda? Iba atau empet?

Nah, jika anda sadar betul akan jawaban pertanyaan di atas, andapun pasti yakin bahwa anda tidak boleh bergaya preman kampung macam itu kepada orang lain! Setuju, juragan? 🙂
Apalagi kepada Allah…. tentu sangat tidak boleh!

Berlaku sopanlah dalam meminta kepada Allah! Sebutlah nama-Nya dengan santun, gunakan tata krama yang baik.  Jangan langsung to the point meminta. Mengapa doa kita tumpul? Salah satunya karena tingkah kita sendiri yang tidak beradab dalam meminta.

Mari perbaiki cara berdoa kita agar lebih maqbul. Lantas, bagaimana tata cara berdoa yang baik berdasarkan Al Quran dan hadits? Inilah jawabannya:

1. Mulailah dengan basmalah

2. Memuji Allah
“Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya” (An Nashr:3). Dalam ayat ini, Allah memberikan petunjuk agar kita memuji-Nya sebelum menyampaikan maksud doa yang kita panjatkan. Memuji Allah ialah dengan mungucapkan “Alhamdu lillaahi robbil aalamiin” (segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam), atau dengan redaksi lainnya.

3. Bershalawat untuk Nabi
Dari Annas bin Malik: “Tidaklah seseorang berdoa, kecuali antara dia dan langit ada hijab, sampai dia bershalawat kepada nabi”.

Jadi, bershalawat kepada Nabi sangat penting untuk membuka hijab (tirai) agar doa kita sampai pada Allah azza wa jalla. Bershalawat atas Nabi misalnya membaca “Allahumma shalli ala (sayyidinaa) Muhammad” atau dengan redaksi lain yang anda sukai.

4. Sebutlah nama-Nya dengan santun (dengan asmaul husna)
“Dan Allah memiliki asmaul husna, maka berdoalah dengan menyebut asmaa-ul husna itu “(QS Al Araf : 180).
Contoh membaca asmaul husna dalam berdoa:

  • Ya Allah, ya ROZAK berilah kami rizki yang halal
  • Ya GHOFUR… ampunilah kami
  • Robbanaa innaka anta SAMIIUL ‘ALIIM watub alaina innaka anta TAWWAABU RAHIIM

5. Menyebutkan maksud yang diminta
Point ke-5 ini adalah inti dari doa (permintaan) kita

6. Tutup doa dengan shalawat Nabi, memuji Allah, dan Amin
Washallallahu ala (sayyidinaa) Muhammadin, walhamdulillaahi rabbil aalamiin. Amin.

Contoh redaksi doa singkat berdasarkan urutan poin-poin di atas:
(1) Bissmillahirrahmaanirrohiim
(2) Alhamdulillahi robbil aalamiin
(3) Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad
(4) Ya Allah ya ROZAK
(5) Hari ini saya mau berdagang, berilah kami rizki yang halal dan melimpah
(6) Washallallahu ala (sayyidina) Muhammad, walhamdulillaahi rabbil aalamiin
. Amin.

Poin (5) sebaiknya menggunakan doa yang ma’tsur, yaitu doa yang ada dalam Al Quran atau doa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, misalnya:

Rabbij’alnii muqiima shalaati wamin dzurriyaatii (QS Ibrahim). Ya Allah jadikanlah saya dan keturunan saya sebagai orang yang dapat menegakkan shalat.

Allahummakfinii bihalaallika an haraamika wa aghninii bi fadhlika ‘amman siwaak (HR Tirmidzi). Ya Allah berilah saya rizki yang halal, bukan yang haram. Dan kekayaan (rizki yang melimpah) yang Engkau ridhai, bukan yang engkau murkai.

Mari meminta kepada Allah dengan tata cara berdoa yang baik.

109 thoughts on “Mau Doa Maqbul? Perbaiki Cara Berdoa!”

  1. assalamualaikum,,Pak..ustadz..syukron,,
    sangat beerfanfaat..mudah2an,,bisa merubah cara yg lama,,yg kurang memuji,Allah,,,
    Amin,,

  2. Assalamualaikum.ustadz..terima kasih atas nasehatnya.Mudah-mudahan bisa saya amalkan, guna memperbaiki adab berdoa saya selama ini mungkin masih banyak kekurangan.

  3. syukron atas nasehatnya ustadz,smga berkah,amiin…….
    afwan ustadz,kiriman ke email atas nama endang mujiati blm bisa di bls sbb fbnya tdk bisa dibuka jd email yg msk pun tdk bisa dikomentari/di bls, afwan …syukron……

  4. assalamu’alaikum…wr.wb
    pa ustad yg mau sy tanyakan, kalau kita sulit utk menghapal doa2 dlm bahasa arab apakah diperbolehkan jk kita berdoa menggunakan bahasa indonesia, supaya lebih mudah pengucapannya?

    1. Alaikum salam wr wb. Tentu boleh, dan gunakan tata cara berdoa yang baik.

      1. Assalamu ‘alaikum warakhmatullahi wabarakatuh,

        Terima kasih yang tak terhingga atas nasehat yang dikirimkan kepada kami, semoga bermanfaat bagi kami sekeluarga.
        sekali lagi jangan bosan-bosan mengingatkan kepada kali karena kami akan lupa, wassalam.

      2. Assalamu ‘alaikum warakhmatullahi wabarakatuh,

        Terima kasih yang tak terhingga atas nasehat yang dikirimkan kepada kami, semoga bermanfaat bagi kami sekeluarga.
        sekali lagi jangan bosan-bosan mengingatkan kepada kami karena kami akan lupa, wassalam.

        1. Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
          Ya, semoga bermanfaat untuk diri saya dan untuk seluruh pembaca. Amin

  5. Terkadang, kita memang terburu2 memohon pada Allah akan sesuatu… Artikelnya mencerahkan tadz.. Syukron..

  6. Trema kasih Pak Ustadz, sungguh tauisiah yang sangat mencerahkan dan semoga kami dapat mengamalkan dengan runtut dan takdzim

  7. Rasulullah saw telah mengajarkan kepada kita bagaimana berdoa mustajab,dan salah satu hal yang menjadikan doa mustajab adalah berdoa dengan menggunakan Ismullah al-AZham.Mohon korekasi bacaan sholawat yang benar berdasrkan hadist soheh.terimasih

    1. Terima kasih. Menurut saya, dalam hal ini kita boleh bershalawat dengan versi apa saja.

  8. ass ustad saya udah lama berdoa memohon supaya terkabulkan doa tapi blum jg terkabulkan padahal saya udah shalat malam pa da yang salah doa saya pa mohon tuntunannya….wss

    1. Tingkatkan lagi amalnya, tinggalkan maksiat dan bersabarlah.

      1. Amin Ya Robbal Alamin ! aku dan anak2 chususnya umumnya kaum muslimin muslimat mudahan semuanya menjalankan sunah Nabi Muhamad SAW yang dipertegas Ustad ini….atau di ingatkan kembali….

  9. Ass Wr Wb pak ustad, sy lupa mengelola ebook sy, n ingin berbagi sambil usaha share dng yg lain..bgimna??

      1. Assalamualaikum wr wb.Pak ustad mohon izin utk mengamalkan doa mendapatkan jodoh.Trimakasih.Wassalamualaikum wr wb

        1. Wa alaikum salam. Tidak perlu minta izin, langsung saja berdoa.

  10. Alhamdulillah,
    Terima kasih, semoga ini menjadikan kita semua khusu’ dalam meminta
    Kepada Allah SAW.Amiinnn

  11. trims pak ustad atas petunjuknya, semoga kami dapat mengamalkannya krn memang masih banyak kekurangan dalam melaksanakan ibadah

  12. Assalamualaikum Bpk Ustad,
    Petunjuk praktis yang sangat bermanfaat.Jadi malu sekali ternyata adab berdo’aku selama ini jauh dari etika yang islami.

  13. permisi
    saya mau tanya
    saya kalo berdoa sebelum2nya itu hanya memuji Allah d akhir doa aja, apakah doa saya bisa makbul dengan cara berdoa seperti itu??

    terimakasih

    1. Maqbul atau tidaknya doa yang tahu hanya Allah. Kita hanya berusaha sebaik mungkin agar doa kita terkabul.

  14. jazakallah. artikel yang sangat bermanfaat. mohon izin untuk share di web saya. Jazakallah.

  15. subhanallah,,,
    sudah terlalu sering saya dengar doa maqbul…memang dasar kita yang tidak sopan pd Allah sehingga doa kita selalu di simpan….marilah kita perbaiki perilaku kita ….

  16. Assalaamualaikum,
    Mohon diberi petunjuk mendoakan kedua orang tua yang sudah wafat. Selama ini setelah sholat selain doa “Robbighfirlii waliwalidayya … ” , juga saya tambahkan doa berikut:
    “Ya Allah ampunilah dosa2 ibu bapak kami, maafkanlah segala kesalahannya, terimalah segala amalnya, lapangkanlah kuburnya, terangilah kuburnya. Karuniakanlah keduanya nikmat kubur dan masukkanlah dalam surga Mu”

    1. Alaikum salam wr wb.
      Itu doa yang baik, Pak Andi. Lanjutkan.

  17. ass wrwb pa ustaz yang saya hormati,maaf saya memberi masukan tentang dikabulkannya doa bolehkan ? untuk doa kita dikabulkan disamping yang dijelaskan oleh pa ustad yaitu kita harus mencintai dan dicintai oleh Allah SWT dan rosulnya. Pekrjaan yang menyebabkan kita dicintai Allah diantaranya : kita sering membaca alquran,banyak melakukan sholat sunat setelah yang wajib,banyak melakukan puasa sunat setelah yang wajib,banyak mengeluarkan infak dan sodaqoh setelah yang wajib zakat,banyak berdzikir ,lebih mementingkan perintah Allah daripada yang lain dst. Insya Allah doa kita tok cer ,slamat mencoba !

    1. Alaikum salam, Pak. Terima kasih atas masukannya.

  18. Ass Wr.Wb pak ustad saya boleh minta tolong dikirimkanke E mail sy mengenai doa-doa setelah shalat wajib untuk sy hafalkan wass

  19. Terima kasih atas nasehatnya pak ustad. Ngomomg2 apakah ada artikel tentang puasa wajib dan sunnah pak Ustad?

    1. Ada Pak, silakan lihat di kategori artikel Islami

  20. Assalamualaikum, terimakasih atas artikelnya, insya Allah saya akan memperbaikinya. Pak Ustad, do’a untuk mendapatkan jodoh agar cepat di kabulkan bagaimana ya? terimakasih wassalammualakum.

    1. Wa alaikum salam wr wb. Rabbana hablana min azwaajinaa qurrota a’yun

    1. Cara berdoa / adab berdoa disunnahkan mengankat tangan (tidak diharuskan).

  21. Islam Agama Yang Indah,Makasih Atas Artikelnya,Semoga Bisa Bermanfaat Dan Di Terapkan Bagi Kita Semua,Wassalam.

    1. Jika Pak Saad suka atau merasa ini artikel penting, mohon dishare ke teman-teman Bapak.

  22. pak ustadz,kalau bisa di kasih contoh bacaan umum utk berdoa,boleh dalam bhs arab dan terjemahannya ,versi pak ustadz ,terima kasih

  23. Assalm Pak Ustadz.
    Pada Paragraf pertama tdi disebutkn bhwa “Amal pertama yang dihisab dari seorang hamba di hari kiamat adalah shalat. Dan barangsiapa yang baik shalatnya, maka baik pula segala amalan yang lain, dan barangsiapa yang rusak (ditolak) shalatnya, maka rusak (ditolak) pula segala amalan lainnya” (HR Thabrani).

    Namun, Pda Dalil laen disebutkan bhwa ” Fa Man Ya’mal Mistqoola Dzarrotin Khoiron Yaroh, Wa Man Ya’mal Mistqoola Dzarrotin Syarron Yaroh ”

    mOHON pENJELASAN dri Pak Ustadz ttg Perbedaan kedua Dalil tersbut.
    SyukroN…!!!
    Wassalam.

    1. Wa alaikum salam.
      Hisab dalam ayat tersebut akan dijalankan setelah hisab shalat.

  24. ?????????? ??????????
    PPa Haji sy mau tanya kenapa halaman atasnya ga terbuka Full? Terima kasih

    1. Ya, anda tinggal klik : Baca selengkapnya >> nanti bisa terbuka full.

  25. Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

  26. Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.(QS 2:186)

  27. Ass wr wb trima kasih telah menambah wawasan dalam memahami Islam semoga amalnya mendapatkan ridhlo radi Allah ,amin…………

  28. Alhamdulillah, Terima kasih Ya Allah, hamba semakin sadar, bahwasannya saya sudah terlalu sibuk ngurus dunia, kini saya akan memanfaatkan sisa umur saya untuk memperbaiki sholat saya. Ya Allah berilah kekuatan pada Hamba dalam meningkatkan ibadah ini, dan berilah kekuatan dan kesabaran untuk menjauhi segala larangan-Mu ya Allah. Amin.

  29. Assalamualaikum Pa. Ustadz.

    Pa. Ustadz saya seneng sekali kalau baca baca artikel yang disuguhkan oleh Ustadz, maklum saya minim ilmu agama.
    dalam hal ini ada yang angin saya tanyakan, dalam waktu saat saat ini saya selalu diberi cobaan / permasalahan Pekerjaan, Keuangan dan kerukunan dalam lingkungan tempat tinggal dan bersamaan dengan itu saya sering berdo’a untuk meminta pengampunan dan pengaduan juga mendo’a kan kepada keluarga kami yang telah meninggal supaya diampuni segala dosa dosanya dan kehilapannya, namun khususnya untuk saya setiap sholat lima waktu atau sholat malam selalu berdo’a namun sampai saat ini belum terkabul juga, apakah ada kesalahan kesalahan saya atau harus bagaimana mohon petunjuk dan bimbingan dari Ustadz.

    Wassalam

    1. Wa alaikum salam wr wb
      Coba baca petunjuk tata cara berdoa dalam artikel tersebut, apakah sudah terpenuhi semua?
      Selain tata caranya harus benar, kita juga perlu “mendekat” kepada-Nya, dan sabar.

  30. Assalamuallaikum wr.wb

    pak ustad,,,sya ingin brtnya,,posisi kpla yg bnar dlm brdoa sperti ap?
    Soal ny ada yg blang kpla mnunduk mlhat kdua tlpak tngan,dan ad pla yg blang mnghdap keatas,krna qta kan mnta kpda allah yg diatas jd hrus mnghdap keatas,,,,

    jd mna yg bnar ustad…???

    1. Wa alaikukm salam wr wb.
      Posisi kepala boleh seperti yang anda sebutkan. Yang penting adalah posisi hati kita yang tunduk.

  31. Assalammu’alaikum, wr,wb.

    Mhn izinnya utk dishare di Fb, saya pa akhmad tefur. Syukron

    Wassalam

    Abu Barian

    Nb : berdo’a (menginginkan suatu hajat) kpd Allaah SWT,..apakah tetap “mesti” dilisankan Ustadz…?? pd.hal khan Allaah sudah mengetahui isi hati manusia,…”sesungguhnya DIA Maha Mengetahui segala isi hati.” Qs. Al Mulk : 13.

    1. Wa alaikum salam wr wb.
      Silakan dishare, Pak.
      Lebih afdhol dilisankan. Dengan dilisankan, maka lisan dan telinga kita turut andil beribadah pada Allah.

  32. WWWb,
    Pak Uztad, mau tanya:
    1.apakah ada tanda-tanda bahwa doa kita terkabul…dan
    2.bagaimana kiat-kiat agar doa kita dapat terkabul
    3.apakah boleh saya berniat/berdoa ingin menyunting seorang anak yatim yang selama ini dianggap sebagai anak angkat?
    Trimakasih
    Wassalam

    1. wsww.
      1. Yang anda harapkan sudah terwujud
      2. Kiat-kiatnya ada di artikel di atas, dan dilakukan pada waktu2 mustajabah
      3. Setahu saya boleh, asal dia tidak termasuk mukhrim anda

      1. Assalamualaikum pak ustad,bagaimana klu kita berdoa saja tapi kita tidak berusaha.Misal tentang jodoh,yang bisa saya lakukan selama ini hanya berdoa saja sedangkan untuk berusaha saya tidak tahu caranya,saya orangnya gak bisa bergaul,saya gak punya banyak teman,saya jarang keluar rumah.Kegiatan saya sehari hari guru bimbel anak SD.Saya mohon pencerahan dari pak ustad.Sekian terima kasih.Wassalamualaikum

        1. Wa alaikum salam wr wb. Usahanya antara lain dengan meminta pada orang tua, ustadz, pembimbing, saudara, teman untuk dicarikan jodoh. Anda juga bisa mengikuti berbagai kegiatan lain untuk menjemput jodoh anda si sana. Bersabarlah, semoga lekas berhasil.

  33. Assalamualaikum Terima kasih atas petunjuknya pak ustad

  34. terima kasih pak ustadz, semoga semua kita mau mengamalkannya, agar do’a kita diterima oleh Allah SWT, Amin…

  35. Terima kasih Pak Ustad, atas pelajaran do’anya…

    Pak Ustad mau tanya, Allah paling sayang dengan orang yang sabar dan
    sholat. Maksud sabar dan sholat disini yang bagaimana dalam prakteknya ?

    1. “Mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (Al Baqarah). Praktet sabar, menurut lanjutan ayat ini adalah: bila tertimpa musibah, maka kita harus menyadari bahwa “Sesungguhnya kita kepunyaan Allah dan akan kembali kepadaNya”. Konsekuensi dari ucapan kalimat ini adalah dengan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah untuk bekal kembali. Termasuk memperbaiki kualitas sholat yang kita lakukan. Tata caranya, ketepatan waktunya, tempatnya (berjamaah di masjid bagi laki2), penghayatannya dan aplikasinya.

  36. Assalamualaikum Pak ustadz..
    terima kasih penjelasannya, sangat rinci tapi sederhana dan tidak bertele-tele…mudah dimengerti.

  37. Pak ustadz, saya mau tanya nih…
    gimana caranya biar kita bisa tetep qonaah dalam beribadah dan menjalani kehidupan ini…..karena terkadang kalo kita lagi susah baru ingat Allah dan baru mau berdoa, tetapi kl sudah senang kok ya mudahsekali lupanya sama Allah yaa…
    mohon tuntunannya pak ustadz, terimakasih sebelumnya

    1. Menurut saya, solusinya dengan meningkatkan mutu shalat yang kita lakukan. Lakukan pemahaman, penghayatan pada setiap gerak dan bacaan dalam shalat.

  38. hemm … anda pak ustadz yahh..?? tolong bantu sy pakk ustadz doa sy

    gk makbul2 …. mungkin karna kurang banyakk berdo’a yah ustadz?? plise

    help…do’a sy yang gk makbull2. ohh ya lupa ^ ^, kalau mau komentar ke sini aja yah blogsemuatrik.blogspot.com .. blog lagi seppi..

  39. Assalamu’alakum wr.wb

    Terima kasih pak ustadz, tulisan yang sangat bermanfaat.semoga sy bisa memperbaiki doa sy kepada Allah SWT. Amiin

  40. Terima kasih pak Ustadz, sangat berguna sekali buat saya, Semoga Allah mengabulkan doa-doa kita

  41. Pak ustad sy sdh transfer uang utk ebook trilogi menuju shalat sempurna sesuai dengan yang dikirim via email. tp kok sy blm dpt ebook kiriman tsb. terima kasih.

  42. syarat berdoa adalah yakin… merendahkan diri, bersuara lembut dan sholawat… keyakinan lebih penting dari pada sikap, cara duduk dll… keyakinan itu hanya bisa dicapai bila anda adil, jujur dan jauh dari syirik… jangan lupa sodaqoh dan mendoakan orang lain dengan iklash..

  43. jika berdoa usahakan sesuai doa doa yang ada di Alquran atau yg pernah diajarkan nabi… jangan berdoa menurut kepentingan sesaat… misalnya dagangan cepat laku dll… karena belum tentu dagangan laku terbaik untuk anda… jangan berdoa minta diberi kesabaran karena sama saja dengan mengundang cobaan… berdoalah untuk dijadikan orang yang selalu bersukur… mintalah keberkahan.. karena sudah mencakup semua yg baik untuk anda… belum tentu rezeki atau kekayaan baik untuk anda!

  44. sepertinya penulis blog ini banyak memakai opininya, dan pengetahuan referensi sepotong2 …. hati hati… anda tidak perlu mengajarkan apa yg tidak diajarkan Nabi Besar.. silahkan banyak membaca dulu sebelum menulis…

  45. Assalamu Alaikum wr wb……Bisakah di muat dalam artikel ini contoh do’a do’a yang pernah dilakukan Rasulullah saw.

    Terima kasih

  46. sya sangat berminat…untuk mendalami ilmu allah ini…amin..

Leave a Reply

Your email address will not be published.