Karena Lebih Memilih Neraka!

SEPI, foto inspirasiislami.blogspot.com

Semua orang tahu, shalat berjamaah di masjid/ tepat waktu sangat agung nilainya. Tapi mengapa hanya sedikit orang yang mau melakukannya? Apa penyebab utamanya menurut pendapat anda?

Itu adalah pertanyaan yang saya lontarkan dalam jajak opini tanggal 14 Oktober 2010 di ShalatSempurna on Facebook.

Opini ini sangat menarik untuk kita simak. Bagi para pengurus masjid, agar dapat memikirkan jalan keluarnya. Bagi pribadi yang belum rajin shalat berjamaah, agar dapat bermuhasabah masuk kategori mana, dan dapat mengambil langkah-langkah untuk perbaikannya.

Berikut ini adalah ringkasan opini yang muncul dari para responden:

  • Belum terbuka hatinya
  • Jauh dari masjid
  • Sibuk
  • Belum sadar akan pentingnya shalat berjamaah
  • Karena bagi mreka sholat itu hanya untuk menggugurkan kewajiban saja
  • Mereka tidak menganggap sholat sebagai kebutuhan manusia
  • Mereka lebih mementingkan dunia daripada akhirat
  • Kalau saja pahala shalat langsung diberikan (dinampakkan), mereka akan berlomba-lomba
  • Karena lemahnya iman
  • Mungkin pengurus masjid kurang bisa memakmurkan masjid…coba kelola dengan banyak fasilitas…
  • Hanya sekedar tau saja tidak cukup
  • Pengetahuan itu belum merasuk ke hati
  • Dalam kondisi yang sulit
  • Kebanyakan mereka hanya datang ke masjid saat memimpin shalat dan hari besar aja.
  • Mereka sholat jamaah sendiri di rumah dengan anak istri….
  • Bukan mukmin sejati

Tunggu dulu… ada lagi lima opini yang cukup menggelitik 🙂

  • Karena mereka lebih memilih menetap di neraka
  • Mereka merasa shalatnya tidak sah jika tidak masbuk…..
  • Kurang ada contoh dari pemuka agama setempat
  • Yang penting itu shalat, bukan shalat itu penting…
  • Boro-boro mau shalat subuh berjamaah, lawong jam 7 baru bangun!

Iniliah hasil jajak opini menurut para jamaah facebook, faktor-faktor penyebab tidak shalat berjamaah di masjid. Sekarang giliran anda untuk memberikan opini, bagaimana solusi untuk mengatasi masalah di atas? Silakan kemukakan di sini…

SILAKAN SHARE...
  • 391
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 391
    Shares

45 Replies to “Karena Lebih Memilih Neraka!”

  1. Yang jelas itu hatinya jauh dari masjid,walaupun dekat masjid tidak akan berjamaah.

  2. Kasihan itu Orang. Jangan jangan dia orang putus asa. Atau dia itu bukan orang, hanya orang orangan.Atau mayat yang bergentayangan. Ya, apalah bisa kita kalau bukan mengingatkan …sadarlah wahai manusia ….. Dan berdo’a. Itu saja mungkin. Wassalaam.

  3. Astaghfirullah, sungguh nista orang yang enggan berjamaah dimasjid, solusinya ya kita sadarkan orang-orang yang rumahnya terdekat dengan masjid.

  4. kebanyakan dr umat islam sekarang sdh lebih mementingkan dunia drpd akhirat,,wlopun sdh kita sampaikan fadhilah shalat berjamaah.umumnya mreka menganggap shalat berjamaah itu banyak menyita waktu yg bs digunakan utk bekerja, istirahat , dsb…….
    mereka lupa akan tujuan diciptakan Jin dan m’sia oleh Allah SWT….. wallahua’lam…

  5. kalau ust atau teman2 punya kiat untuk mengajak orang gemar sholat berjamaah di masjid atau di mushola, karena begini, musholla di tempat saya baru di renovasi kondisinya lebih bagus, tapi sayang seringnya saya kalau sholat subuh, sudah adzan, khomat dan sholat pun sendirian walaupun saya sudah panggil mereka dengan mendendangkan puji2an, mohon kiat dari semuanya, syukron.

  6. TIDAK BERUSAHA MENJEMPUT HIDAYAH ALLAH, SEPERTI BYK BELAJAR/MENGAJI DAN MEMBACA (BACA E-BOOK TRILOGI MENUJU SHOLAT SEMPURNA MISALNYA) MARI SALING MENGINGATKAN…SEMOGA KITA BISA ISTIQAMAH SHOLAT BERJAMA’AH DI MESJID.Aaamiiiiiiiiiiiin YA RABBAL ALAMIIIN…SYUKRAN USTAZ…

  7. Kalau opini saya, kita bangun kader2 yang dapat mengelola masjid agar masjid selalu ramai dikunjungi jamaah tiap waktu shalat.

  8. Memang shalat berjamaah itu suatu hal yang paling sulit dilakukan pada setiap manusia, biarpun sudah diberi peringatan tapi masih saja ada yang tidak tahan lama mempertahankan shalat berjamaahnya dimasjid, mohon tips nya Ustadz tentang cara membangun agar diri kita tetap istiqomah untuk menjalankan shalat berjamaah??

  9. Sungguh artikel yang bagus hari ini, moga saja dengan artikel ini orang yang tidak mau berjamaah dimasjid dapat membacanya agar tergugah hatinya untuk melaksanakan shalat berjamaah dimasjid.

  10. Terus terang tadinya saya agak malas sholat jamaah di masid karena sholat di masdjid waktunya tepat, dan terbersit yah nanti saja toh masih lama waktunya. tapi dengan sering membaca ajaran tentang shalat sempurna kami sekarang dapat rasakan bahwa sholat di masjid berjamaah selain pahala dilebihkan, lebih khusuk dan tidak terburu-buru.
    Solusinya sebar luaskan ajaran ustadz tentang shollat sempurna.
    Treima kasih

  11. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk untuk kita.

  12. Menurut pdpt sy kemungkinan fktr malas atau krn ketidatahuan pentingnya shalat berjamah, mgkn klo ada hadiahnya lsg umpama “apabila anda shalat berjamaah di mesjid ini, anda kan mendapatkan satu bh hp” bru kali org berbondong-bondong brgkt ke mesjid :-))) tp mdh2 ga begitu, semoga dengan banyaknya artikel ini dan dgn ksdrn org itu sendiri banyak yg berubah terutama tahu akan blsan Allah SWT kelak di akherat. Semoga..amin..

  13. Ya, mohon bantuan anda untuk menyebarkan ini. Jazakallah, Pak/Bu Adeek…

  14. Orang enggan sholat berjamaah dimasjid mungkin salah satunya karena kurangnya atau lemahnya iman dan ilmu/pemahaman tentang sholat.Sedangkan yang punya ilmupun spt orang yang dipanggil ustadz kalau imannya lemah tetap saja enggan shalat berjamaah di masjid. Kami bersyukur ada internet di rumah sehingga saya kenal dengan ustadz walaupun cuma di dunia maya,sehingga mendapat kesempatan membuka artikel dari pak ustadz Ahmad. dan artikel-artikel yang lainnya yang berisi tentang pengetahuan agama. karena sebelumnya kalau sholat biasanya dirumah itupun banyak bolongnya. banyak pemahaman dari pak ustadz yang seblumnya belum kami dapatkan. Terima kasih pak ustadz atas bimbingannya. semoga Alloh selalu membimbing kita semua untuk selalu bisa istiqomah dalam menunaikan sholat berjamaah. Amiin

  15. Belajar membaca Al Quran dengan metode Iqra/Qira’ati dll di ustadz terdekat.

  16. Assalamualaikum Ustadz Akhmad tefur…

    Saya mau tanya, bagaimana kalo kita punya tunangan yang deket ama Masjid, So apabila kita mau jamaah di masjid selalu saja pikiran ini slalu berfikir bahwa saya sholat jamaah hanya karena ingin lbih dekat ama tunangan saya..

    Atas jawabannya …Sukron..
    Wassalam

  17. Alaikum salam wr wb.
    Kasus yang sama untuk orang yang tidak mau bersedekah dengan alasan masih riya.
    Menurut saya, keikhlasan dapat diraih dengan cara berlatih. Jika ingin bersedekah ikhlas, maka bersedekahlah segera sambil terus berusaha untuk ikhlas, dan berdo agar diberi kemudahan untuk ikhlas. Demikian juga untuk shalat jamaah dan amalan-amalan lainnya.

  18. Assalamualaikumwrwb.Ustadz
    Artikel yang bagus,,semoga saya bisa menjalankan Sholat berjama’ah dimesjid dengan istiqomah..

  19. kemungkinan slh satu faktor saat ini masjid hanya dibuka pada saat waktu shalat sj.ketika shalat selesai masjid pun kembali ditutup & dikunci rapat,malah smpai pagarnya pun terkunci jd tdk ada yg bs beribadah diarea masjid,sehingga jarang ada kegiatan terlihat oleh lingkungan sekitar.Tp faktor yg utama blm adanya kesadaran (hatinya blm terpanggil)utk shalat berjamaah di masjid (termasuk sy sndr yg jarang berjamaah di masjid)
    semoga Allah SWT membuka hati kita semua sbg hambaNYA utk slalu menyempatkan diri shalat berjamaah di masjid…amiin

  20. Ya begitullah manusia, di bulan romadon berbondong-bondong ke masjid, setalah syawal tiba tinggal 1 sof, memang perlu sarana prasarana yang dpt menghimpun asa orang banyak, karena selama ini masjid fungsinya hanya untuk sholat aja

  21. Mungkin bisa juga karena jamaah di masjid nya tidak mengikuti tuntunan nabi ustadz… Misalnya shaft yang jarang-jarang sekali… Sehingga memunculkan keraguan dalam hati… Belum lagi doa bersama seusai sholat yg tidak dicontohkan oleh nabi Saw.

  22. Waktu saya masih SD dulu, saya dan teman2 selalu kompakan ke masjid bareng. Siapa yg keluar rumah duluan bakal ngajak temen yg lain buat jamaah sholat ke masjid bareng. Door to door. Alangkah baiknya jika kebiasaan itu bisa saya dan kita lakukan lagi. Door to door, call by call tiap datangnya adzan memanggil kita untuk sholat…

  23. saya seorang haji,tapi jarang sholat berjamaah di mesjid,mohon kiat kiat untuk selalu sholat berjamaah di mesjid,trimaksih kalo bisa pa Ustad sms ke 083827361193

  24. Nice artikel…. lebih bagus lagi kalau penulisnya selain memaparkan permasalahan seperti diatas juga menambah solusinya…
    atau mungkin sudah kali ya di artikel lainnya… heheh saya belum baca semua.

  25. Jika imannya baik & benar Insya Allah sholatnya akan mengikuti yg diocntohkan Baginda Nabi Muhammad SWA yaitu 3 tertib, 1. tertib waktu yaitu pada saat adzan setelah dikumandangkan, 2.Tertib tempat yaitu dimana adzan dikumandangkan & 3.Tertib cara yaitu dengan cara berjamaah. Jadi Iman-lah yg setiap harinya hrs dijaga & kalo bisa ditingkatkan.

  26. Sering mmbaca artikel spt ini Insya Allah akn mnambah Motivasi utk sllu rajin sholat brjamaah diMasjid,dan motivasi kuat ingin sukses dunia akhirat itu hrs ditumbuhkn dhlu ddlm diri,spy dpt mngalahkn rintangan dari diri sendiri atau mgkn dri orang lain yg mnjadi sebab kita ad perasaan malas k’Masjid..

Leave a Reply

Your email address will not be published.