Solusi: Mandi Shalat Jumat Bagi Pekerja

Foto: search.detik.com

Mandi untuk menghadiri shalat Jumat penting luar biasa! Ini disampaikan oleh kanjeng Nabi bebeberapa kali dalam haditsnya. Selain agar kita merasa bugar dan nyaman, kita juga bisa mendapatkan kesempurnaan fadilah Hari Raya Jumat.

Mandi Jumat dan datang paling awal, maka anda bagaikan berkurban unta, kata Nabi. Mandi Jumat juga sebagai pintu gerbang untuk mendapatkan ampunan dari Jumat ke Jumat.

Tegasnya, mandi Jumat adalah salah satu persyaratan untuk meraih keagungan rahmat dari Allah SWT. Simak baik-baik dua hadits berikut:

  • Dari Salman, Rasul SAW, bersabda : “Orang yang mandi Jum’at dan bersuci menurut kemampuannya, lalu memakai minyak dan harum-haruman, kemudian berangkat menuju ke masjid, di masjid ia tidak melangkahi kepala orang yang sudah duduk, lalu shalat sunnah semampunya dan sewaktu imam berkhutbah ia mendengarkan dan memperhatikannya, pasti diampuni dosanya yang diperbuat antara hari itu dengan Jumat yang silam” (HR Bukhari).
  • Dari Abu Hurairah, Rasul SAW, bersabda : “Barangsiapa mandi Jumat seperti mandi janabat, lalu berangkat ke masjid, maka pahala baginya seperti berkurban seekor unta, dan yang berangkat pada jam kedua pahalanya seperti orang berkurban sapi, dan bagi yang berangkat pada jam ketiga, seperti orang berkurban domba, dan bagi yang berangkat pada jam ke empat seperti orang berkurban ayam, sedang yang berangkat pada jam kelima pahalanya seperti orang sedekah sebutir telur. Dan waktu imam keluar menuju masjid/mimbar khutbah umtuk menyampaikan khutbahnya, maka berdatanganlah para malaikat mendengarkan isi khutbah berupa peringatan” (HR Bukhari-Muslim).

“Jadi,  kalau tidak mandi… kita tidak mendapatkan keutamaan hari Jumat itu?”
“Yup, betul! Coba baca lagi baik-baik hadits di atas”
“Tapi, saya kan di kantor, tadz… gimana yah?”
“Mandi dong, kan di kantor juga ada air, toh?”
“Wah wah…. “
“Kalau orang kantoran mau mandi Jumat, akan lebih dihargai Allah ketimbang pensiunan yang juga mandi Jumat. Perjuangannya lebih berat!”
“Kalau pensiunan nggak mandi Jumat juga?”
“Siap-siap dimandiin, Pak…” 🙂

“Begini Pak… afdholnya sih, mandi Jumat dilakukan menjelang shalat Jumat biar fresh gitu loh. Biar sampeyan tidak ngantuk :).  Btw kalau tidak mau ambil yang afdhol, ambil saja kelas duanya….”
“Ada kelas duanya juga, tadz?”
“Ya, saat mandi pagi, niatkanlah untuk mandi Jumat dengan tata cara seperti mandi janabat (mandi besar).”

Sobat…
Inilah solusi bagi orang kantoran, yang masih kuliah, dan lainnya: Mandi pagilah seperti mandi janabat, dengan niat mandi untuk shalat Jumat. Ini jauh lebih baik daripada anda tidak melakukannya sama sekali.

“Ada pertanyaan lagi, Pak?”

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking

15 Replies to “Solusi: Mandi Shalat Jumat Bagi Pekerja”

  1. Tips yang sangat bermanfaat. Selama ini kalau mandi pagi (Jumat) saya mandinya biasa-biasa saja. Mulai besok Insya Alloh saya lakukan saran dari pak ustadz. Jazakallah.

  2. Solusi yang bermanfaat…trimakasih ustadz.Semoga bisa kita amalkan bersama saudara-saudara kita.Aamin…Izin share ya ustadz.Syukron

  3. Terima kasih,,,, dg artikel ini kita jadi tahu lebih.
    smoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Amiiiin…

  4. Allhamdulillah Tadz… semoga bisa Istiqomah dengan Pencerahan nya Amiien..!!

  5. Syukur Alhamdulillah saya sdh melakukannya, tetapi skrg dgn tulisan Ustadz ini di sertai dgn dalil-2nya ,maka menambah semangat saya untuk trus mengamalkannya .., Trimaksh Pak Ustadz H Ahmad Tefur , smg Allah senantiasa mencatatkan pahala yg berlipat ganda atas usaha bpk menda’wahkan tentang kedalaman syari’at Islam sbg pencerahan bagi kami-2 yg masih tipisnya pengetahuan ini..

  6. wah..iya makasih ustad solusinya..
    tapi ustad..saya ini pengen nanya nih..saya ini salah satu pekerja tambang yg lokasinya cukup terisolir dan jauh dari masjid. untung2an bisa pinjem kendaraan orang. gimna ustad..apakah saya ini bisa menggantinya dengan solat zuhur ustad..terus terang saya gelisah masalah seperti ini dimana saya adalah karyawan baru di sini..syukron ustad…

  7. Alhamdulillah, terimakasih ustad dg artikelnya semoga dpt bermanfaat dan semoga insyaallah dpat sya amalkan.Amin Ya Rabbal Alamin

  8. Alhamdulillah, terimakasih ustad dg artikelnya semoga dpt bermanfaat dan insya’ Allah dpat sya amalkan.Amin Ya Rabbal Alamin ,tapi saya mau tanya Ustad, kalau kita sdh niat mandi janubat di pagi hari , apakah kita harus di sertakan niat mandi utk hari Jum’at, tks
    Wassalamuallaikum

  9. Niatnya cukup satu saja, mandi janabat. Insya_allah fadilah mandi Jumat juga akan kita dapatkan.

  10. trima kasih pa ustadz…smoga artikelnya brmanfaat untk smua?

  11. terima kasih masukannya, akan saya mulai dari sekarang.

  12. Masyaa Allah sering2 share ustad ada FB kh ustad… hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.