Tafakur tentang shalat : Cara Memahami Pentingnya Shalat Berjamaah

tafakur, tamsil, perumpamaanKita perlu tafakur tentang shalat, tentang pentingnya shalat berjamaah di masjid. Ayat yang paling pas untuk maksud tersebut adalah:

“Tetapi kamu  memilih kehidupan duniawi. Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal” (QS Al A’la : 16-17).

Bagaimana cara memahami ayat ini dengan baik?
Masih ingat tentang tamsil atau perumpamaan?
Tamsil adalah cara untuk memahami sesuatu lebih baik. Karena itu, saya ingin memberikan tamsil yang insya_allah bisa memberi pemahaman ayat ini lebih baik. Tamsil juga merupakan salah satu ice breaker yang menarik untuk daya tarik public speaking Anda.

Perlu sedikit lebih berkonsentrasi dalam membaca studi kasus di bawah ini. Jika anda dalam keadaan kurang fit, segera beristirahatlah! Jika anda yakin masih dalam keadaan prima, lanjutkan!

Studi Kasus 1
Mana yang anda pilih, 1000 kursi besi atau 1 kursi emas?
Jawab dulu pilihan anda, sebelum melanjutkan membaca kunci jawaban di bawah ini!

keutamaan shalat berjamaah

1000 kursi besi nilainya hanya Rp 100 Juta, sedangkan 1 kursi emas nilainya mencapai Rp 3 Milyar. Kalau anda memilih 1 kursi emas, berarti pilihan anda benar!

Pelajaran yang dapat diambil dari kasus ini adalah, “Nilai lebih penting daripada jumlah”. Buat apa punya jumlah kursi banyak, kalau nilainya kecil. Lebih baik pilih yang jumlahnya kecil asal nilainya besar.

Studi Kasus 2
Mana yang anda pilih, 1000 kursi besi atau 1000 kursi emas?, dengan ketentuan jika memilih 1000 kursi besi, maka anda bisa memiliki selamanya. Tapi jika memilih 1000 kursi emas, hanya bisa memilikinya selama 1 detik saja.

Jawab dulu pilihan anda, sebelum melanjutkan membaca kunci jawaban di bawah ini!

shalat jamaah

Jumlahnya sama-sama 1000, nilai 1000 kursi besi Rp 100 juta, sedangkan 1000 kursi emas bernilai Rp 3 Triliun. Meskipun 1000 kursi emas nilainya jauh lebih tinggi dari 1000 kursi besi, tapi tentu saja kursi emas bukan merupakan pilihan yang benar. Karena hanya boleh dimiliki selama 1 detik saja.

Pelajaran yang dapat diambil dari studi kasus ini adalah, ternyata ada yang jauh lebih penting dari sekedar nilai, yaitu “waktu kepemilikan”.

Dari kasus 1 & 2, dapat disimpulakan bahwa:
– Nilai lebih penting daripada jumlah
– Waktu kepemilikan lebih penting daripada nilai

Studi Kasus 3
Mana yang anda pilih, 1 kursi besi atau 1000 kursi emas?. Kursi besi hanya boleh dimiliki 1 detik, sedang 1000 kursi emas bisa dimiliki selamanya.

Jawab dulu pilihan anda, sebelum melanjutkan membaca kunci jawaban di bawah ini!

tamsil keutamaan shalat berjamaah di masjid

Sampai di sini silakan Anda cerna dulu baik-baik studi kasus yang berupa tamsil di atas. Catat  beberapa kesimpulan pentingnya.

Setelah itu, baca lanjutan studi kasus tentang pentignya shalat berjamaah dengan klik: Motivasi Shalat Berjamaah dengan Tamsil

error: Content is protected !!