Renungan Fakta Penting Tentang Shalat Berjamaah

Renungan Fakta Penting Tentang Shalat BerjamaahInilah dua fakta penting tentang shalat berjamaah yang harus menjadi renungan bagi kita:

(1) Orang buta
(2) Orang yang tinggal di daerah tidak aman
ternyata mereka tidak mendapatkan keringanan untuk meninggalkan shalat berjamaah di masjid.

Simak kedua hadits berikut ini:

Seorang pria buta mengadu kepada Rasulullah SAW, katanya : “ Ya Rasul, tiada seorang penuntun bagiku yang menolongku mengantar ke masjid, maka berilah keringanan untukku shalat di rumah. Kemudian, ia diberi keringanan oleh Rasul. Namun ketika ia tegak dan baru beberapa langkah pulang, Rasulullah SAW memanggilnya kembali, sabdanya: “Adakah kamu mendengar adzan shalat?”. Jawabnya : “Ya, aku mendengarnya”. Sabda Rasul : “Untuk itu, hendaklah engkau penuhi panggilan (adzan) itu”  (HR Muslim).

Seseorang mengadu kepada Rasullah SAW: “Ya Rasul, bahwasanya kota Madinah ini banyak binatang buas lagi kejam, yang tentu aku sangat khawatir atas keselamatanku. Lalu Rasulullah SAW bersabda : “Adakah kamu mendengar Hayya alash-sholah, hayya alal falah?. Kalau mendengarnya, maka datanglah kemari (ke masjid) untuk memenuhinya”. (HR Abu Daud).

Nah…

Jika saat ini – khususnya bagi laki-laki – belum istiqamah shalat berjamaah di masjid, sadarilah bahwa kita sedang DALAM KEADAAN BAHAYA! Semoga kita tidak meninggal dunia dalam keadaan itu, naudzubillah. Untuk itu, segera ambil langkah sbb:

  • Beristighfar, memohon ampun kepada Allah
  • Berniatlah untuk selalu menghadiri shalat berjamaah di masjid.
  • Pasang alarm 10 menit sebelum adzan
  • Berdoalah kepada Allah, mohon hidayah dan kekuatan

Jika Rasulullah tidak memberi izin bagi orang yang tinggal di daerah rawan untuk meninggalkan shalat berjamaah di masjid, tentu bagi kita yang tinggal di daerah aman tidak ada alasan untuk meninggalkan shalat berjamaah di masjid!

Rasulullah juga tidak memberi izin bagi orang buta untuk meninggalkan shalat berjamaah di masjid, maka pantaskah bagi kita yang masih melek meninggalkan shalat berjamaah di masjid? ***

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  • 605
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    605
    Shares
  • 605
    Shares


public speaking

28 Replies to “Renungan Fakta Penting Tentang Shalat Berjamaah”

  1. Karena itu, bagi yang masih melek… ayo rajin-rajinlah sholat berjamaah di masjid. Jangan ke mall melulu…

  2. Artikel yang membuka mata, jazakallah.

  3. bagaimana hukumnya bagi seorang wanita,, apa di wajibkn ke masjid atw tidak,,, atw mna yg lebih afdol bagi wanita sholat di rumah atw sholat di masjid,,, tlog jawabanx,,,??????

  4. Jawaban untuk pertanyaan antum ada di artikel yang berjudul “Sholat Jamaah Bagi Wanita”, lihat di blog ini dalam kategori “Sholat Berjamaah”.

  5. Yaa memang cambuk seperti ini harus sering disampaikan, karena sekarang ini banyak orang yang buta hati, selalu mencari alasan tanpa sadar hatinya kerdil & tidak mendengar panggilan adzan, TV juga lebih sering acaranya sangat menggoda, belum lainnya dan memang tipu daya syetan lebih menggiurkan………tinggal kita mau kemana??????????

  6. mang seharusnya hal tersebut selalu dipublikasikan, namun adakah sangsi bagi yang tidak menjalankan tolong hadistnya

  7. Assalamualaikum.
    Artikelnya barunya kok diulang-ulang terus ? kumaha?

  8. Assalamu ‘alaikum wr wb.
    Kalau di sebuah kantor ada ruang/tempat yang khusus dipakai untuk sholat berjama’ah karyawan, apakah memenuhi kaidah sholat berjama’ah di masjid?????

  9. Naudzulbillah.. jika kita tidak dapat shalat berjamaah lagi, maka dari itu mumpung kita masih sehat bugar, bersemangatlah untuk selalu shalat berjama’ah di masjid lima waktu.

  10. Marilah kita bersegera melaksanakan shalat berjama’ah lima waktu di masjid, karena tidak ada keringanan lagi buat orang yang beralasan untuk tidak shalat di masjid.

  11. Mudah2an saya terus istiqomah menjalankan shalat berjama’ah di masjid.

  12. Memang sungguh sangat diharuskan sekali oleh Rosulullah SAW, bagi umatnya untuk melaksanakan shalat berjama’ah lima waktu di masjid.

  13. Betul sekali Pak Ustadz, bahwasanya kita itu tidak boleh meninggalkan shalat berjamaah dimasjid…

  14. subhanalah……
    mdh2an kdpn shalat berjmaah kita smua lbih istiqomah amin…
    mkasih artikel ini cukup membuka mata hati yang mau mati….
    istajib du’aana ya Allah…..

  15. shalat berjamaah hukumnya fardhu’ain bagi laki2 yang tidak terhalang oleh uzur syar’i….. pak ustad, kadang2 dihati muncul perasaan klu shalat b’jamaah di masjid ingin dilihat oleh tetanga, ingin di puji. bagaimana cara mengatasinya?

  16. (1) Selalu ingat bahwa amal yang tidak ikhlas percuma (2) Berdoa kepada Allah agar dapat diberi keikhlasan dalam beramal

  17. Alaikum salam wr wb.
    Itu namanya musholla. Boleh untuk shalat berjamaah.

  18. Sebagian memang sudah pernah saya muat di shalatsempurna.com
    Sekarang semua artikel dikonsentrasikan di blog ini. Dengan anda membaca ulang, semoga semakin mantap 🙂

  19. kl shalat berjamaahnya dMusolah gmn tuh ??

  20. Assalamu’alaikum..Ustadz.
    Apakah dibolehkan sholat berjamaah dirumah yg ada ruang khusus utk sholat berjamaah (Mushola kecil)? Dimana kami bisa memberikan nasehat setelah selesai berzikir. Dan memberikan contoh kpd anak2 yg msh balita.

    Wassalamu’alaikum

  21. Wa alaikkum salam wr wb.
    Lelaki yang tidak keluar rumah untuk shalat berjamaah amat dibenci oleh Rasul. Sebagaimana sabdanya “… dan kudatangi mereka yang tidak shalat berjamaah di masjid, kubakar mereka beserta rumah-rumahnya” (HR Bukhari Muslim). Dengan demikian, mushalla pribadi yang berada di dalam rumah tidak bisa dipakai untuk shalat berjamaah beserta keluarga.

    Hadits lain: “… karena jika ia telah berwudhu dengan sempurna, kemudian ia keluar rumah dengan satu tujuan untuk shalat berjamaah, maka setiap langkahnya akan dinaikkan satu derajat dan diampuni satu dosanya…” (HR Bukhari, Muslim).

  22. betapa malunya..kita yg sehat..sering tdk ikut sholat jamaah
    sungguh ini suatu sindiran..bagi kita…ampuni kami Ya,,Allah
    makasih pak ustad….

  23. wahai saudara ku umat muslim ditanah tercinta, solat jamaah itu banyak hikmahnya terutama * sholat dengan khusyu didalam mesjid,sirahturohmi sesama umat islam di dalam mesjid,membaca alqan didalam mesjid dan berdoa lah minta ampunan utk diri sendiri dan kedua orang tua dan anak-anak dan keluarga besarnya insaalah ALLAH sayang pada umat yang mau datang kemesjid sholat berjamaah dan derdoa amin…

  24. Wahai saudara ku umat muslim yang ada di perantau an dimana pun berada datanglah kemesjid sholat berjamaah saudara sesama umat muslim menunggu kedatangan nya…..trim….

Leave a Reply

Your email address will not be published.