Mutiara Hikmah: Ayat Ayat Pengusir Setan

Mutiara hikmah Al Quran:

Dari Abu Hurairah, Rasul SAW bersabda: “Janganlah rumahmu kau jadikan seperti kubur (tidak pernah membaca Al Quran di dalamnya), sesungguhnya setan menjadi kabur dari rumah yang dibacakan surat Al Baqarah” (HR Muslim).

Mengusir setan agar kabur dari rumah dengan membaca Al Baqarah adalah salah satu fungsi mistik Al Quran. Sedangkan untuk mengusir setan dari pikiran dan perbuatan adalah fungsi hakiki Al Quran.

Maksudnya, orang yang ingin membersihkan diri dari “pola pikir setan” dan “perbuatan setan” harus menggunakan Al Quran dalam fungsinya secara hakiki. Fungsi hakiki Al Quran adalah huda linnaas, sebagai petunjuk bagi manusia seperti dijelaskan dalam Al Baqarah ayat 2.

Karena itu, untuk mengusir setan yang ada dalam pikiran dan perbuatan kita, tidak cukup hanya dengan membaca Al Quran. Tapi harus dengan memahaminya agar kita benar-benar menemukan petunjuk yang ada di dalamnya… dan melaksanakan petunjuk tersebut.

Masih ada setan dalam diri kita? Baca, pahami dan amalkan Al Quran untuk mengusirnya!

Mutiara hikmah / kisah hikmah pilihan:

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

16 thoughts on “Mutiara Hikmah: Ayat Ayat Pengusir Setan

  1. Jamal

    Wah artikel yang sangat menarik hati saya, baik saya akan amalkan apa yang Pak Ustadz bilang, semoga bermanfaat buat saya..

    Reply
  2. Jaka

    Betul banget tuh Ustadz, bahwa setiap manusia harus membersihkan diri dari rayuan2 syetan yang dapat menjerumuskan manusia ke dalam neraka, dan terimakasih banget atas tipsnya Pak Ustadz.

    Reply
  3. Udin

    Alhamdulillah dengan artikel Pak Ustadz ini saya jadi mengerti akan cara mengusir setan dari tubuh kita, mungkin karena selama ini saya belum memahami dan mengamalkan Al-Qur’an, setan masih saja menggangu pikiran saya untuk berbuat maksiat, sungguh tips yang sangat jitu untuk di amalkan, insyaallah saya akan mengamalkannya. Terima kasih atas kiriman artikelnya hari ini, semoga bermanfaat bagi yang membacanya, terutama saya. Amin!

    Reply
  4. H.M teguh

    Sebagai tambahan:
    Empat prinsip Alquran diturunkan:
    1. Hudallinnash (petunjuk bagi manusia)
    2. Rahmatullinnash (Rahmat bagi manusia)
    3. Dzikrulinnash (Peringatan bagi manusia)
    4. Shifaullinnash (Obat bagi manusia)

    Reply
  5. Bhern

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Maaf ustadz mo tanya di luar topik, jika kita mo sholat di mesjid, sewaktu msh diperjalanan adzan msh berkumandang dan setelah sampai mesjid jemaah lain sdg sholat sunnah qabliyah. Pertanyaannya dlm kondisi tsb mana yg lbh baik kita laksanakan stlh sampe mesjid, sunah tahyatul masjid, ataoe sunah qabliyah, ataoe sunah wudhu. Semuanya sih memang sunah cuma mo nanya mana yg lbh baik. Informasinya kita tlh berwudhu dr rumah namum blm sempat sunnah wudhu.
    Thanks infonya Pak

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Wa alaikum salam wr wb.
      Shalat sunnah qabliyah. Walaupun sama-sama sunnah, tapi shalat sunnah qabliyah ada yang muakad (sangat dianjurkan).

      Reply
  6. elharianto

    Apakah saya pemelihara setan?
    Apakah rumah atau website, blog atau f book dll yang saya pajang didalamnya makhluk-makhluk hidup termasuk yang disukai setan?
    Atau ada rasa dalam hati saya ingin wah saat dilihat dikunjungi dan dibaca tulisan saya.

    Mengapa ya mengapa…….. perasaan itu terus berjalan menggelayuti saat saya semakin bertambah usia , semakin sering ngaji, semakin sering belajar, semakin sering melakukan amal-amal walau amal kecil sekalipun?

    Mengapa ya mengapa……. setan senang menggoda saat saya sedang ingin khusuk melakukan sholat walau sholat sunnah yang sendirian, setan mengelitik perasaan ketika kami berdua melakukan diskusi misalnya, setan juga senang bertanya itu ini saat saya tidak memikirkan apa-apa, setan juga merasuk sukma ketika saya berdiri berbicara di depan orang banyak?

    Tetapi saya yakin:
    Tipu daya Allah lebih dasyat,
    Maha halus,
    Maha mengetahui,
    Maha pelindung,
    Maha besar.

    Maka tiap saat setan “tidak ada apa-apanya”…

    Reply