Artikel Menarik : Misteri Kimia Kehidupan

Artikel Menarik dan Artikel Islami tentang Airartikel menarik, artikel islami & mutiara hikmah

Setiap yang terjadi di alam semesta, tentu sudah dirancang Allah untuk menjadi bahan pemikiran (tafakur) manusia menuju rahmat Tuhannya. “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya  malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal” (QS Ali Imran 190).

Dalam ilmu Kimia, kita mengenal istilah unsur dan senyawa. Unsur adalah zat tunggal seperti H (Hidrogen), O (Oksigen), Na (Natrium), Cl (Chlor), C (Carbon), N (Nitrogen) dan lain-lain. Hingga saat ini kita mengenal 117 unsur yang ada di dunia.

Misteri Senyawa Kimia
Senyawa adalah zat yang terbentuk dari beberapa unsur, seperti Air. Air terbentuk dari unsur Hidrogen (H) dan Oksigen (O) yang dalam rumus Kimianya ditulis H2O. Contoh senyawa lainnya adalah garam dapur, yang terbentuk dari unsur Natrium (Na) dan Chlor (Cl), dengan rumus Kimia NaCl. Sianida juga merupakan sebuah senyawa yang tersusun dari unsur C (Carbon) dan N (Nitrogen), sehingga rumus kimia Sianida adalah CN.

Ada yang sangat unik bin ajaib dari fenomena Kimiawi tersebut. Setiap hari anda mengkonsumsi garam dapur, bukan? Bagaimana rasanya jika anda makan sayur tanpa garam? Apa yang unik dari penciptaan garam dapur ini? Coba simak baik-baik tentang cipataan Allah yang satu ini:

Garam dapur, ternyata terbentuk dari unsur-unsur yang sangat berbahaya! Inilah salah satu keajaiban dunia yang patut kita renungkan. Garam dapur (NaCl) adalah sebuah senyawa yang terbentuk dari unsur Natrium (Na) dan unsur Chlorida (Cl). Kalau kita lihat satu per satu, Natrium adalah suatu unsur yang berbahaya. Sangat eksplosif, kena air sedikit saja bisa meledak dan mengeluarkan api. Sedangkan Chlor (Cl) dalam bentuk gas, klorin berwarna kuning kehijauan, dan sangat beracun.

Ringkasnya, Natrium adalah zat yang sangat berbahaya. Chlor juga zat yang sangat berbahaya. Tapi setelah keduanya bersatu membentuk Natrium Chlorida, maka kedua sifat buruknya (membakar dan beracun) musnah! Bahkan Natrium Chlorida (garam) adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai penyedap rasa.

Jika garam dapur adalah zat berguna yang dibentuk oleh dua zat yang berbahaya, maka sebaliknya terjadi pada Sianida. Sianida (CN) adalah racun yang terbentuk dari Carbon (C) dan Nitrogen (N). Carbon (arang) adalah zat yang berguna untuk proses pemurnian dalam dunia industri, dan digunakan untuk mbakar sate di Warung Sate Tegal. Nitrogen juga merupakan zat yang sangat berguna dalam dunia medis, bahkan sekarang digunakan untuk mengisi ban mobil anda agar lebih stabil. Anehnya, Carbon (C) dan Nitrogen (N) yang keduanya adalah zat yang berguna, tapi ketika keduanya bersatu membentuk Sianida (CN) maka daya gunanya mendadak sirna, dan muncul sifat baru yang berbahaya. Sianida (CN) adalah racun.

Inilah keajaiban dunia yang Allah ciptakan. Sebuah misteri Kimia yang menakjubkan. Lalu apa hikmah di balik misteri Kimia yang unik ini?

Misteri Kimia Racun Sianida
Sianida adalah zat buruk yang terbentuk oleh dua zat yang baik. Ini adalah tamsil bagi kita bahwa seorang penjahat dapat lahir dari pasangan orang tua yang baik-baik. Karena itu, sekalipun suasana rumah tangga kita sudah baik, jangan pernah merasa aman terhadap nasib anak-anak kita! Waspada selalu terhadap anak-anak kita. Berilah perhatian yang cukup pada mereka. Berikan bimbingan dan kontrol yang memadai agar anak-anak kita tidak menjadi “Sianida”.

Misteri Kimia Garam Dapur
Garam dapur (Natrium Chlorida) adalah zat berguna yang terbentuk oleh dua zat yang berbahaya. Inilah i’tibar luar biasa yang diberikan Allah untuk kita tiru. Kita harus mampu bersatu (berjamaah) untuk membentuk sebuah kekuatan baru yang positif, walaupun secara individual kita memiliki kekurangan.

Ayo bersatu, galang kekuatan! Jadilah bermanfaat untuk orang lain, seperti Natrium Chlorida…

Keyword Artikel Islami ini : artikel menarik, mutiara hikmah. Share ke teman anda!

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

20 thoughts on “Artikel Menarik : Misteri Kimia Kehidupan

  1. Alexander Idrus Zulkarnain

    Dear Akhmad Tefur,
    Jangan melupakan Al Chemi – Bapak Pioneer Kimia Islam, yang dari namanya berasal kata Inggeris Chemical. Banyak Mahasiswa Islam yang tidak mengenal nama beliau. Ini lebih besar dan mendasar Mystery-nya.
    Salam
    Alexander Idrus Zulkarnain

    Reply
  2. Jamal

    Ternyata misteri kimia bisa menjadi bermanfaat yah buat manusia yah. Sungguh mutiara hikmah yang bagus nih Pak Ustadz.. Ijin share :)

    Reply
  3. Mahbud

    Artikel islami yang menarik, Insya Allah saya akan terapkan dalam kehidupan saya Pak Ustadz. Terima kasih sudah mengingatkan

    Reply
  4. husain

    Artikel islami tentang misteri kimia ini, benar-benar merupakan salah satu keajaibadan dunia yang Allah SWT ciptakan. Sangat bermanfaat bagi manusia di dunia ini.. Terima kasih atas kiriman mutiara hikmah ini Pak Ustadz, semoga aku juga bisa berguna buat orang lain…

    Reply
  5. Ikhsanj

    Subhanallah.. artikel yang baik dan mencerahkan.. namun sepertinya masih perlu penambahan lagi dari para praktisi ilmunya.. saya cukup tertarik untuk bahasan yang terkait medis.. kalau diperdalam lagi insyaAllah akan lebih baik lagi..

    Reply
  6. mr.abu

    Subhanallah…..Artikel yang sangat menarik, dapat meningkatkan iman dan ketaqwaan kita, betapa besar keagungan dan Ilmu dari Allah SWT.

    Reply
  7. Rudy Setiawan

    Subhanallah,
    Sungguh sangat bermanfaat sekali Tadz, tetap istiqomah dlm membagi ilmu yg bermanfaat…

    Reply
  8. Lalu burhan

    Sungguh luar biasa artikel ini dan sngat bermanfaat bg or yg suka berfikir dan merenunf keajaiban alam ini swemoga bpk dpt memberi yg terbaik ut sesama amien

    Reply