Ebook islam, shalat sempurna, cara sholat nabi, sholat berjamaah di masjid, sholat khusyu, web islam, jadwal waktu sholat, artikel islami, makna bacaan dan doa solat

"Amal pertama yang di-
hisab dari seorang hamba di hari kiamat adalah shalat. Dan barangsiapa yang baik shalatnya, maka baik pula segala amalan yang lain, dan barangsiapa yang rusak (ditolak) shalatnya, maka rusak (ditolak) pula segala amalan lainnya”
(HR Thabrani)

KLIK DI SINI

Ready Stock…
Buku baru bagus, Klik di Sini!
Jadwal Shalat Indonesia
Jadwal Waktu Shalat Kota Kota Besar di Indonesia. Jadwal Shalat Hari Ini : KLIK DI SINI
Pelatihan & Seminar

Info Pelatihan

PESAN SEKARANG!
Buku baru bagus, Klik di Sini!
contoh presentasi, download ceramah, public speaking skill, contoh ceramah, ceramah maulid nabi muhammad saw, membuat presentasi, cara presentasi, ceramah singkat, download presentasi, presentasi yang baik, teknik presentasi, bahan presentasi, naskah ceramah, materi presentasi, presentasi menarik, permainan ice breaker, presentasi sukses

Rahasia Rumah Tangga Sakinah Rasulullah

Sahabat, masih dalam semangat bulan Maulid Nabi, mari kita intip kehidupan rumah tangga Rasulullah. Kehidupan rumah tangga yang patut menjadi uswatun hasanah bagi kita semua. Begini awal kisah teladan ini…

kisah hikmah, kisah islami, cerita islami

Rasulullah SAW pulang dari perjalanan jihad fisabilillah, diiringi para sahabat. Di depan pintu gerbang kota Madinah nampak Aisyah RA sudah menunggu dengan penuh kangen. Rasa rindu kepada Rasulullah SAW sudah sangat terasa. Akhirnya Rasulullah SAW tiba juga di tengah kota Madinah. Aisyah RA dengan sukacita menyambut kedatangan suami tercinta.

Tibalah Rasulullah SAW di rumah dan beristirahat melepas lelah. Aisyah di belakang rumah sibuk membuat minuman untuk sang suami. Lalu minuman itupun disuguhkan kepada Rasulullah SAW. Beliau meminumnya perlahan hingga hampir menghabiskan minuman tersebut. Tiba-tiba Aisyah berkata “Yaa Rasulullah biasanya engkau memberikan sebagian minuman kepadaku tapi kenapa pada hari ini tidak kau berikan gelas itu?”

Trilogi Shalat Sempurna
Jadikan Shalat Lebih Mantap, Lebih
Agung & Lebih Nikmat. Raihlah…

Presentasi Menarik
Rahasia Presentasi Sukses-Menarik
Teknik & Bumbu Ceramah

Yes Bisnis!
Rahasia Bisnis Online Pemula
Mudah – Cepat – Murah

Pesona Jendela Rahasia
Bacaan Wajib yg Ingin Terpesona
dan Tambah Jendela Wawasan!

Rasulullah SAW diam dan hendak melanjutkan meminum habis air digelas itu. Dan Aisyah bertanya lagi, “Ya Rasulullah biasanya engkau memberikan sebagian minuman kepadaku tapi kenapa pada hari ini tidak kau berikan gelas itu?”

Akhirnya Rasulullah SAW memberikan sebagian air yang tersisa di gelas itu. Aisyah RA meminum air itu dan ia begitu kaget… terus memuntahkan air itu. Ternyata air itu terasa asin bukan manis.

Sumber : kisahislami.com

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M
Ebook Gratis Tentang Bacaan ShalatEbook Gratis! Bumbu, Rahasia Presentasi MenarikLayanan Gratis! 7 Days Mutiara Penyejuk HatiEbook Gratis! Rahasia Bisnis Online Informasi Training

59 Responses to “Rahasia Rumah Tangga Sakinah Rasulullah”

  • Ashari:

    Mungkin sekali sudah terjadi kesalahan sang isteri pada saat menyedu minuman itu, bukan dengan gula tapi garam. Rosul kita tidak mau membuka langsung atau tidak langsung kesalahan itu kepada sang isteri si pembuat minuman itu. Disinilah hebatnya sikap/watak rosul kita yang harus kita tiru.

  • Hendi:

    Setelah saya baca sampai habis artikel yang Pak Ustad tulis ini, saya baru mengerti, betapa mulianya sikap Rasulullah SAW sampai-sampai tidak marah kepada Aisyah yang tidak sengaja memberikan minuman yang terasa asin kepada Rasulullah, inilah sebuah kisah teladan yang patut kita contoh.

  • Heri:

    Seharusnya kisah islami ini dapat kita terapkan sehari-hari, terutama kepada umat Rasulullah yang sudah berumah tangga. tapi rasanya itu tak mungkin, karena tak ada yang dapat menyamai keteladan Rasulullah SAW. Tapi biar bagaimanapun kita selaku umat Rasulullah, harus dapat mencontoh akhlak-akhlaknya yang begitu amat mulia di hadapan Allah SWT.

  • Danu:

    Subhanallah, inilah salah satu kisah teladan dari Rasulullah yang patut kita tiru, disaat Beliau sampai ke rumahnya dan pasti haus sekali karena baru pulang dari perjalanan jauh, dan ketika sampai di rumah, Beliau malah di kasih minuman yang asin oleh Aisyah RA, tapi apa sikap beliau, Beliau tidak marah sedikitpun. Betapa bangganya kita memiliki Rasul yang begitu amat tinggi keteladanannya.

  • Jamal:

    Ini baru cerita islami yang sangat bagus sekali, karena cerita ini adalah kisah teladan baginda Muhammad Rasulullah SAW, Terima kasih Pak Ustadz atas artikelnya, semoga saja kita selaku umatnya, dapat meniru akhlak-akhlaknya. Amin!

  • Edi:

    Memang betul Pak Ustadz, aku setuju dengan apa yang Pak Ustadz tulis dalam artikel ini, bahwa rumah tangga Rasulullah SAW itu patut dikatakan uswatun hasanah. Semoga saja kehidupan rumah tangga umatnya dapat dikatakan uswatun hasanah juga, Aminn!

  • David Franconelis:

    Subhanallah…
    sungguh sempurna akhlak Rasullullah. Pantas beliau dikagumi oleh kawan maupun lawan. Sosok mulia yang membawa rahmat bagi sekalian alam. Semoga di dunia kita dapat mencontoh akhlak beliau, dan di akhirat kelak kita mendapat syafaat dari beliau. Amin..

    • ilyas:

      Subhanallah, suatu contoh keteladanan yang luar biasa dalam membentuk kelurga sakinah. Semoga Allah swt membukakan pintu hati kita dan memberikan kemudahan dalam menteladani kehidupan rasulullah saw,

  • muhammad sarifudin:

    Alhamdulillah Terima kasih

  • Beni:

    Alhamdulilah …..jadi ingat waktu istri sy ngsih minum seperti itu…bukan garam yg masuk kedalam air minum..tetapi Mecin (penyedap bumbu masakan/Sasa)yg bikin pusing kepala…Trimakasih Pak Haji…mengingatkan pembaca akan akhlak yg harus bercermin pd Rossul…

  • saya sangat tersentuh sekali membacanya, selama ini jika istri telat dikit saja membuka pintu saya langsung emosi, tetapi baginda Rasul, di suguhi dengan air asin, Baginda tetap menjaga perasaan Istri

  • desmi anggraini:

    Aminnnn….smoga bs mngamalkanny

  • irham bachtyar:

    subhanalloh, ayo para suami kita contoh akhlaq nabi kita yang mulia ini, jangan yang dicontoh hanya kawin lebih dari satu aja!

  • Semoga kita semua selalu bisa memcontoh Akhlak Rasulullah SAW… ^_^

  • Ketut Wiranata:

    Subhanallah ,Allah Huakhbar .andai aku bisa mempunyai akhlak seperti beliau ooh indahnya hidup ini .Pak Uztad di mana saya bisa peroleh contoh2 akhlak Nabi Muhamad junjungan kt ini yg simpel tuk di mengerti.
    Terimakasih atas artikelnya .

    • Akhmad Tefur:

      Silakan simak saja terus blog ini Pak…. Insya_allah kami akan tampilkan juga tulisan tentang akhlak Rasulullah yang Bapak maksud.

  • iman:

    Subhanallah… kisah yg luar biasa indah. Jazakallah ustadz

  • Edi Rizal:

    Akhlak rasulullah memang harus dijadikan contoh dan dilaksanakan dalam kehidupan kita. tapi pak ustad kalau hal ini terjadi pada saya biasanya saya akan marah pada isteri saya.
    pak ustad bagaimana caranya agar kita bisa jadi orang yang sabar. terima kasih

  • setia:

    Aisyah melamun ya?…ah jadi mendamba akhlak beliau

  • furqan:

    dalam rumah tangga Rasulullah Saw ebagai contoh dan panutan bagi umatnya, oleh karena itu kehidupan rasulullah sudah seharusnya dijadikan pilar dalam membentuk rumah tangga yang kita jalani.( uqan )

  • furqan:

    jadikan Rasulullah saw sebagai contoh dalam rumah tangga yang kita jalani, sehingga kebahagiaan dan ketenangan bisa kita raih dalam hidup.

  • ella:

    jazakumullahu choiron kathiroo. sampaikan terus akhlak mulia rosul kita, bukankah ini missi beliau: liutammima makarimal akhlaq? Islam makin indah di NKRI jika dihiasi dg akhlaq mulia.

  • dzaka:

    Subhanallah,,, begitu sabarnya rasul kita, terima kasih Pak ustadz sudah mengingatkan.

  • Gunarto:

    Asslmkum. Ustadz ada permasalahan dalm keluarga ini,1.sang suami selalu memaksakan kehendakya dalm berjima sedangkan kondisi istri sedang letih krn kerja seharian,tetapi sang suami tetap memaksa apakah ini diperbolehkan? 2.Bila sang suami sedang marah terkadang sering mengeluarkan kata-kata yang tdk baik salah satu nya berkata lebih baik kamu pulang saja kekampung (keorng tua)apakah ini bisa dibilang istri sudah diceraikan?

  • ida:

    Semoga kedeladanan Rasulullah SAW menjadi panutan
    bagi kita semua umatnya,

  • Gunarto:

    Aslmkm, Ustadz menyambung pertayaan saya tgl 1 maret point 1.dengan kondisi istri letih,lalu istri menolk utnk berjima apakah diperbolehkn?

    • Akhmad Tefur:

      Tidak, itu pekerjaan utama istri. Adapun pekerjaan yang anda bilang bikin letih, itu sebenarnya bukan pekerjaan utama.

  • Gunarto:

    Ustadz masih terkait pertayaan tgl 2 maret, si istri ini menajdi tulang puggung keluarga keran sgala sesuatu yg terkait dng kebutuhan keluarga & kebutuhan anak sekolah yg membiayai sang istri, sedangkan suaminya ini kerja namun tdk memberikan nafkah kepada keluarga & kebutuhan ank skolah (dari awl nikah hingga smpi dengan skrang)krn itu sang istri berkeja keras untuk memenuhi kebutuhan ank & keluarganya

    • Akhmad Tefur:

      Istri yang bekerja bukan berarti boleh mengabaikan kebutuhan suami.

      • ” Pak Ustadz.aq jg mmliki problem yg sm,aq adalah seorg istri yg bekerja,ingin jg hdp sng,gt jg dgn suami saya mggnkan saya bkrja,tp stlh 4 thn berjln,akhir2 ini sllu z saya berselisih paham dgn suami krn saya bekerja klwr rmh mencari rezeky.saya tdk tau P’Ustadz knp dia br skrg melarang saya bekerja disaat karir saya sdg naik” nya,rasanya pun saya sgt menyayangkan apa bila pekerjaan itu dihentikan.mengingat msh byk kredit2 sepeda motor,jg arisan2 yg blm lunas,smua itu dibebankan kesaya smntra dia mampu tp tdk mau membayarnya,dia hy mengandalkan saya trs P’Ustadz.smntra pekerjaan saya itu bs z ditunda bl dia da enak htny mengizinkan sy bkrja.saya memasak dl drmh,ngurusi anak2 brkt kesekolah dl,plg dr anak skolah sy br brgkt.itupun menina bobokkan anak dl ..mohon nasehatnta.sblmnya Trimakasih.Assalamualaikum Wr..Wb..

        • Akhmad Tefur:

          Sebelum bicara dengan suami, coba pikir-pikir dulu mengapa suami anda
          tiba-tiba melarang bekerja. Mungkin alasan khusus, atau ada “sesuatu”
          yang lain. Setelah itu, anda harus bicara dengan suami anda.
          Solusi untuk problem rumah tangga yang paling ampuh adalah
          membicarakannya secara terbuka.

  • Gunarto:

    Dalam penjelasan Ustadz saya belum melihat sisi keadilan dalam berumah tangga karena saya melihat dr huruf B point 1,4,5,7,8,11,12,13,14,15,16 sang suami tdk memperlakukan secara semestinya (egois), sedangkn si istri sudah memberikan kewjbn sbgai mana mestinya krn perlakukan yg tdk baik sperti itu terus, maka dia malas atau mengindar utk memberikan kewajiban suami. Mungkin saya bisa diberikan penjelasan yg detail ustadz:
    A. Hak Bersama Suami Istri
    - Suami istri, hendaknya saling menumbuhkan suasana mawaddah dan rahmah. (Ar-Rum: 21)
    - Hendaknya saling mempercayai dan memahami sifat masing-masing pasangannya. (An-Nisa’: 19 – Al-Hujuraat: 10)
    - Hendaknya menghiasi dengan pergaulan yang harmonis. (An-Nisa’: 19)
    - Hendaknya saling menasehati dalam kebaikan. (Muttafaqun Alaih)

    B. Adab Suami Kepada Istri .
    1. Suami hendaknya menyadari bahwa istri adalah suatu ujian dalam menjalankan agama. (At-aubah: 24)
    2. Seorang istri bisa menjadi musuh bagi suami dalam mentaati Allah clan Rasul-Nya. (At-Taghabun: 14)
    3. Hendaknya senantiasa berdo’a kepada Allah meminta istri yang sholehah. (AI-Furqan: 74)
    4. Diantara kewajiban suami terhadap istri, ialah: Membayar mahar, Memberi nafkah (makan, pakaian, tempat tinggal), Menggaulinya dengan baik, Berlaku adil jika beristri lebih dari satu. (AI-Ghazali)
    5. Jika istri berbuat ‘Nusyuz’, maka dianjurkan melakukan tindakan berikut ini secara berurutan: (a) Memberi nasehat, (b) Pisah kamar, (c) Memukul dengan pukulan yang tidak menyakitkan. (An-Nisa’: 34) … ‘Nusyuz’ adalah: Kedurhakaan istri kepada suami dalam hal ketaatan kepada Allah.
    6. Orang mukmin yang paling sempurna imannya ialah, yang paling baik akhlaknya dan paling ramah terhadap istrinya/keluarganya. (Tirmudzi)
    7. Suami tidak boleh kikir dalam menafkahkan hartanya untuk istri dan anaknya.(Ath-Thalaq: 7)
    8. Suami dilarang berlaku kasar terhadap istrinya. (Tirmidzi)
    9. Hendaklah jangan selalu mentaati istri dalam kehidupan rumah tangga. Sebaiknya terkadang menyelisihi mereka. Dalam menyelisihi mereka, ada keberkahan. (Baihaqi, Umar bin Khattab ra., Hasan Bashri)
    10. Suami hendaknya bersabar dalam menghadapi sikap buruk istrinya. (Abu Ya’la)
    11. Suami wajib menggauli istrinya dengan cara yang baik. Dengan penuh kasih sayang, tanpa kasar dan zhalim. (An-Nisa’: 19)
    12. Suami wajib memberi makan istrinya apa yang ia makan, memberinya pakaian, tidak memukul wajahnya, tidak menghinanya, dan tidak berpisah ranjang kecuali dalam rumah sendiri. (Abu Dawud).
    13. Suami wajib selalu memberikan pengertian, bimbingan agama kepada istrinya, dan menyuruhnya untuk selalu taat kepada Allah dan Rasul-Nya. (AI-Ahzab: 34, At-Tahrim : 6, Muttafaqun Alaih)
    14. Suami wajib mengajarkan istrinya ilmu-ilmu yang berkaitan dengan wanita (hukum-hukum haidh, istihadhah, dll.). (AI-Ghazali)
    15. Suami wajib berlaku adil dan bijaksana terhadap istri. (An-Nisa’: 3)
    16. Suami tidak boleh membuka aib istri kepada siapapun. (Nasa’i)
    17. Apabila istri tidak mentaati suami (durhaka kepada suami), maka suami wajib mendidiknya dan membawanya kepada ketaatan, walaupun secara paksa. (AIGhazali)
    18. Jika suami hendak meninggal dunia, maka dianjurkan berwasiat terlebih dahulu kepada istrinya. (AI-Baqarah: ?40)

    C. Adab Isteri Kepada Suami
    - Hendaknya istri menyadari clan menerima dengan ikhlas bahwa kaum laki-Iaki adalah pemimpin kaum wanita. (An-Nisa’: 34)
    - Hendaknya istri menyadari bahwa hak (kedudukan) suami setingkat lebih tinggi daripada istri. (Al-Baqarah: 228)
    - Istri wajib mentaati suaminya selama bukan kemaksiatan. (An-Nisa’: 39)
    D. Diantara kewajiban istri terhadap suaminya, ialah:
    a. Menyerahkan dirinya,
    b. Mentaati suami,
    c. Tidak keluar rumah, kecuali dengan ijinnya,
    d. Tinggal di tempat kediaman yang disediakan suami
    e. Menggauli suami dengan baik. (Al-Ghazali)
    - Istri hendaknya selalu memenuhi hajat biologis suaminya, walaupun sedang dalam kesibukan. (Nasa’ i, Muttafaqun Alaih)
    - Apabila seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidur untuk menggaulinya, lalu sang istri menolaknya, maka penduduk langit akan melaknatnya sehingga suami meridhainya. (Muslim)
    - Istri hendaknya mendahulukan hak suami atas orang tuanya. Allah swt. mengampuni dosa-dosa seorang Istri yang mendahulukan hak suaminya daripada hak orang tuanya. (Tirmidzi)
    - Yang sangat penting bagi istri adalah ridha suami. Istri yang meninggal dunia dalam keridhaan suaminya akan masuk surga. (Ibnu Majah, TIrmidzi)
    - Kepentingan istri mentaati suaminya, telah disabdakan oleh Nabi saw.: “Seandainya dibolehkan sujud sesama manusia, maka aku akan perintahkan istri bersujud kepada suaminya. .. (Timidzi)
    - Istri wajib menjaga harta suaminya dengan sebaik-baiknya. (Thabrani)
    - Istri hendaknya senantiasa membuat dirinya selalu menarik di hadapan suami(Thabrani)
    - Istri wajib menjaga kehormatan suaminya baik di hadapannya atau di belakangnya (saat suami tidak di rumah). (An-Nisa’: 34)
    - Ada empat cobaan berat dalam pernikahan, yaitu: (1) Banyak anak (2) Sedikit harta (3) Tetangga yang buruk (4) lstri yang berkhianat. (Hasan Al-Bashri)
    - Wanita Mukmin hanya dibolehkan berkabung atas kematian suaminya selama empat bulan sepuluh hari. (Muttafaqun Alaih)
    - Wanita dan laki-laki mukmin, wajib menundukkan pandangan mereka dan menjaga kemaluannya. (An-Nur: 30-31)

    Isteri Sholehah
    - Apabila’ seorang istri, menjaga shalat lima waktu, berpuasa pada bulan Ramddhan, memelihara kemaluannya, dan mentaati suaminya, niscaya Allah swt. akan memasukkannya ke dalam surga. (Ibnu Hibban)
    - Istri sholehah itu lebih sering berada di dalam rumahnya, dan sangat jarang ke luar rumah. (Al-Ahzab : 33)
    - Istri sebaiknya melaksanakan shalat lima waktu di dalam rumahnya. Sehingga terjaga dari fitnah. Shalatnya seorang wanita di rumahnya lebih utama daripada shalat di masjid, dan shalatnya wanita di kamarnya lebih utama daripada shalat di dalam rumahnya. (lbnu Hibban)
    - Hendaknya menjadikan istri-istri Rasulullah saw. sebagai tauladan utama.

    • Akhmad Tefur:

      Kalau istri bekerja dan merasa bisa meninggalkan kewajiban utamanya sebagai istri, maka keluarga tsb akan semakin hancur. Adakan musyawarah keluarga dengan melibatkan pihak ketiga dengan niat untuk memperbaiki. Trim atas input panjang lebarnya.

  • Subhanallah, mengapa beliau bisa tdk marah atas air minum yg berasa asin,sabar banget ya…Semoga para suami bisa mengambil manfaat dari cerita ini, tentunya para istri juga dong.

  • Gunawan Setiawan:

    masya allah, kita harus ikuti gaya hidup rasulullah jangan sampai didalam keluarga kita ada terjadi baku hantam antara suami istri. walaupun istri dalam melayani kita ada kesalahan jangan diperpanjang permasalahan tersebut.

  • Hendro Dete:

    baru sempet baca nih ustadz, terima kasih artikelnya. mohon izin copas ya buat di forum saya. jzklh

  • lala:

    assalammualaikum… pa’ ustad,sy ibu rumah tangga mempunyai 1 org anak.sy tinggal berseblahan dngan ipar dan mertua sy.mertua sy hanya tinggal yg laki2 sedang yg prempuan sudah wafat.sy ikhlas mengurusi mertua sy yg br sj sembuh dr operasi’a.tp entah knapa sy slalu sj salah dihadapan ipar2 sy.rasa’a sy sbagai manusia sudah habis ksabaran sy.yg sy mau tanyakan sy harus bersikap bgaimana lg sedangkan ipar2 sy trus memfitnah dan menjelek2an sy kpd org lain.mohon jawaban’a pa’ ustad terimakasih,wassalamm

    • Akhmad Tefur:

      Wa alaikum salam.
      Mungkin ada kesalahpahaman. Saran saya, coba duduk bersama dan terbuka untuk saling mengetahui keinginan masing-masing.

  • lala:

    jazakumullah pa’ ustadz,insyaallah akan sy coba ikut saran dr pa’ ustadz

  • abdul gafar:

    beranfaat info ini. koputer saya berasalah huruf sesudah l

  • rozi.:

    subhanallah,mari kita berdakwah mulai dengan indahnya prilaku Rasulullah.

  • bang one:

    sungguh luar biasa …. memang sosok Rasulullah lah yang seharusnya kita jadikan panutan dalam kehidupan kita. Shollu ‘ala Muhammad!!!

Silakan beri komentar anda di sini...(tanpa link)


jadwal training
> 82.000 FANS
Halaman FB Resmi ShalatSempurna.com
Ebook Primer

Ebook islam, sholat sempurna, cara sholat nabi, sholat berjamaah di masjid, sholat khusyu, web islam, jadwal waktu sholat, artikel islami, makna bacaan dan doa solat

bisnis online, toko online, bisnis online gratis, internet bisnis online, peluang bisnis online, sukses bisnis online, rahasia bisnis online, trik-trik bisnis online, cara bisnis online, kiat bisnis online, tips bisnis online

contoh presentasi, download ceramah, public speaking skill, contoh ceramah, ceramah maulid nabi muhammad saw, membuat presentasi, cara presentasi, ceramah singkat, download presentasi, presentasi yang baik, teknik presentasi, bahan presentasi, naskah ceramah, materi presentasi, presentasi menarik, permainan ice breaker, presentasi sukses

Services

Mutiara sempurna, penyejuk hati, mutiara hikmah, kata hikmah, obat hati, artikel islam, motivasi islam, kuliah online, ketenangan jiwa, ilmu, bisnis online, dakwah

stiker motor, jual stiker, stiker mobil, cara membuat stiker, desain stiker, gambar stiker, harga stiker, contoh stiker, stiker print, bikin stiker, cetak stiker, stiker laptop, stiker murah, bahan stiker, grosir stiker, modifikasi stiker, stiker keren, sticker

Jasa Pembuatan Web dan Blog

GRATIS !

Ebook Gratis! Memahami Bacaan Shalat

Ebook Gratis! Bumbu Presentasi

Ebook Gratis! Rahasia Bisnis Online

Layanan Gratis! Mutiara Penyejuk Hati

Buletin Dakwah Islam Jumat

Informasi dan Produk Bermutu