Kesalahan Fatal Jamaah Shalat Tarawih

cara sholat, fadilah shalat berjamaah, shalat jamaah, tata cara shalat, waktu shalat, waktu sholat, jadwal shalat, rahasia sholat shubuh, salat, shalat dhuha, shalat duha, shalat malam, shalat rawatib, shalat sunah, shalat tahajudSaat saya menyampaikan kultum Ramadhan sebelum shalat jamaah Tarawih, saya bertanya pada jamaah: “Di bulan Ramadhan mana yang paling penting, shalat Tahajud atau shalat Tarawih?”

Jawaban yang betul bukan shalat Tarawih, bukan pula shalat Tahajud… tapi yang paling penting adalah shalat jamaah lima waktu! Fadilah shalat berjamaah di masjid melebihi keutamaan shalat sunah manapun. Karena itu, shalat jamaah lima waktu haruslah menjadi prioritas dibanding shalat malam, shalat Duha, shalat rawatib dan shalat sunah lainnya.

“Setuju…??” saya melanjutkan pertanyaan.
Semua jamaah waktu itu secara kompak menjawab “Setuju…!!”
Kemudian saya balik bertanya:
“Kalau semua setuju, mengapa shalat Tarawih bisa sampai 20 shaf tapi shalat Shubuhnya cuman 2 shaf?” 🙂

Inilah kenyataan kesalahan fatal yang terjadi di masjid-masjid kita, bukan?

Salah satu rahasia sholat Shubuh berjamaah di masjid adalah bagaikan shalat semalam suntuk (HR Muslim). Bahkan dalam hadits lain disebutkan jika kita tahu akan keagungannya, niscaya kita akan mendatanginya walaupun harus berjalan merangkak.

Bagi kita yang selama bulan Ramadhan telah berlatih keras untuk melaksankan shalat malam, shalat Dhuha dan shalat sunah lainnya… lanjutkan! Tapi jangan lupa tegakkan shalat jamaah lima waktu di masjid. Sangat ironis, jika kita getol shalat Tarawih atau Tahajud tapi shalat jamaah Shubuhnya ditinggalkan. Amat lucu jika shalat Dhuha tiap hari, tapi shalat jamaah Dhuhurnya seminggu sekali. Jangan prioritaskan yang tidak seharusnya menjadi prioritas… Jangan korbankan mobil anda untuk menyelamatkan sepeda motor anda!

Pasang jadwal shalat di rumah dan di tempat kerja anda. Utamakan waktu shalat. Jangan lakukan shalat di sisa waktu anda…. Shalat jamaah di masjid, awal waktu, adalah cara shalat yang harus menjadi prioritas.

* * *

Tag: cara sholat, fadilah shalat berjamaah, shalat jamaah, tata cara shalat, waktu shalat, waktu sholat, jadwal shalat, rahasia sholat shubuh, salat, shalat dhuha, shalat duha, shalat malam, shalat rawatib, shalat sunah, shalat tahajud, shalat tarawih

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  • 217
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    217
    Shares
  • 217
    Shares


public speaking

35 Replies to “Kesalahan Fatal Jamaah Shalat Tarawih”

  1. Insya Allah Pak Ustadz saya akan pasang jadwal shalat, agar saya tidak tertinggal shalat jamaah di masjid. Terima kasih sudah mengingatkan saya Pak Ustadz.

  2. Memang benar Pak Ustadz, bahwa shalat sunah seperti shalat tahajud, shalat duha maupun shalat tarawih itu banyak yang mengerjakannya dengan penuh semangat, sedangkan shalat wajib teurtama sholat shubuh jarang sekali yang mengerjakannya secara berjamaah di masjid. Lantas harus bagaimana Pak Ustadz, supaya kita lebih memprioritaskan shalat jamaah lima waktu di masjid??

  3. Betul sekali Pak Ustadz, bahwa kita harus menyeimbangkan antara shalat sunah dengan shalat jamaah lima waktu di masjid. Terima kasih sudah mengingatkan. Salam kenal dan sukses selalu buat Pak Ustadz…

  4. Terima kasih sudah mengingatkan tentang pentingnya shalat jamaah lima waktu di masjid.

  5. Memang sudah menjadi kebiasaan umat jaman sekarang Pak Ustadz, shalat sunah lebih di prioritaskan dari pada shalat jamaah lima waktu di masjid, contohnya ya seperti shalat tarawih di bulan ramadhan. Sungguh terlalu…

  6. sungguh suatu ironi di masyarakat kita bahwa sholat musiman lebih di sukai di bandingkan dengan sholat wajib yang harus di laksanakan setiap hari dengan berjamaah…………..

  7. memang betul… kondisi umumnya dimasjid2 saat ini seperti itu. hanya sedikit DKM yang menyadari dan berusaha agar jamaahnya insyaf thd pentingnya solat berjamaah di masjid…….. semoga ummat islam segera menyadari ini. Dan kita masinh2 harus memulainya….

  8. astaghfirullah, saya yakin masih banyak diantara kita yang belum sepenuhnya melakukan shalat shubuh berjamaah, semoga hal ini menggugah hati kita

  9. Betul,betul, betul. Hal yg wajib lebih diutamakan dr yg sunnah

  10. Semoga banyak orang-orang seperti Bpk. Akhmad Tefur, yang selalu peduli dalam memahami cara ibadah kepada Allah yang benar, amiin,

  11. Assalamu’alaikum wr.wb
    Terima kasih Ustad ..Insyaa Allah saya akan istiqomah untuk sholat berjamaah di masjid. Tentang sholat tarawih yg ramai tapi sholat wajib sepi di masjid itu tugas kita semua utk mengingatkan umat Islam. Mungkin jg salah kita/ustad kita krn sering terlalu memuja bln ramadhan bln yg banyak berkah yg bila beribadah akan diberikan pahala yg sangat banyak dibandingkan bln lainnya shg umat kita terbuai dgn itu. Maka jalan yg terbaik adalah kita selalu mengingatkan diri kita, keluarga dan seluruh umat Islam tentang kewajiban untuk sholat berjamaah di masjid terutama untuk seluruh sholat wajib. Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  12. Assalamu’alaikum WR.Wb,

    Syukron Pak Ustadz, Mohon Maaf Lahir Bathin, pa ustadz. Semoga Allah menjjadikan kita sebagai orang beruntung dan memperoleh Ridha Allah.Alhamdulillah, ustadz di rumah, dikantor sy pasang jadwal sholat dan klo di rumah saya pasang alarm jam 3.00 utk persiapan waktu subuh. Atas perhatian, kiriman artikel dan doa pak ustadz sekali lg saya ucapkan terima kasih

  13. trims ustadz artikel nya, terkadang kita lupa yang primer dari hal sekunder..

  14. Wa alaikum salam wr wb.
    Sama-sama Pak Idris. Alhamdulillah… amin.

  15. Wa alaikum salam wr wb. Terima kasih masukannya.

  16. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Salam kenal Pak Ustadz, Taqobbalalluhu minna waminkum, Minal A’idin walfaizin walmaqbuuliin, kullu ‘Aamin waantum fii khoir.

    Terima kasih Pak Ustadz telah mengingatkan untuk istiqomah sholat berjamaah dalam mendirikan sholat wajib di Mesjid. Mudah-mudahan kita, khususnya saya dan keluarga mampu untuk melaksanakannya, Aamiin.

    Atas artikel-artikelnya yang sangat berbobot, saya ucapkan jazakallah khoiron katsiir.

  17. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Walaupun terlambat,namun lebih baik daripada tidak. Selamat Idul Fitri 1432 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin Pak Ustadz.
    Jazakumulloh kairan katsiran atas artikel nasehat ini.
    Pak ustadz telah memberikan pencerahan buat kami dan Insya Allah kami dapat mengamalkannya terus menerus.
    Wassalamu’alaikum wr wb.

  18. Wa ‘alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh. Sama-sama, terima kasih. Amin.

  19. Wa alaikum salam wr wb.
    Salam kenal kembali. Amin. Terima kasih doanya.

  20. Realita zaman….Masjid hanya koleksi keindahan sebuang bangunan saja isinya …. hanya penuh waktu ju’mat saja…

  21. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Sesuatu yg menjadi realita dalam masyarakat kita Ustadz.
    Masih dalam bulan Syawal, kami mengahturkan Selamat Idul Fitri 1432 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin untuk pak Ustadz beserta jamaah sekalian.
    Insya Allah kami dapat mengamalkannya dengan istiqomah.
    Wassalamu’alaikum wr wb.

  22. Kalau seimbang menurut saya keliru. Tetap saja shalat fardhu secara berjamaah lebih utama daripada shalat sunah.Jadi harus lebih utama shalat fardhu berjamaah. Shalat sunah itu ibaratnya sebagai penambah amalan saja.

  23. Taqobbalallohu minna wa minkum siyamana wa siyamakum taqobbal yaa kariim, smoga kita bisa memetik pesan-pesan yang ada dalam bulan suci ramadhan, amiin

  24. Betul Ustad, sangat memprihatinkan dillingkungan kami juga masih ada mushola yang seperti itu, apalagi jika siang kadang suka terjadi tidak ada yang adzan untuk dzuhur dan ashar,,….

  25. Assamulaikum Bp. Ustadz Insya Allah kami dirumah Sudah pasan Jadwal, di kantor akan saya lakukan; Saat ini alkhamdulillah Magrib, Isya dan suduh saya jamaah di Masjid depan rumah, tapi jika di kantor hanya ada mushalla dan kadang tidak bisa jamaah karena rata-rata masih kurang pemahamannya tentang manfaat dan fadiillahnya sholat lima waktu berjmaah.

  26. Assalamualikum Warohmatuh lohi wabarakatuh
    Bp Ustad Alhamdulillah setiap ada kesempatan saya selalu membicarakan pentingnya solat berjamaah disamping membicarakan kepada orang lain ,mengingatkan diri kikta sendiri untuk melakukan.
    Alhamdulillah dalam i”tikaf kita bahas masalah ini dan alhamdulillah sebagian sudah bisa berjamaah selain shubuh,magrib dan isya.
    harapan saya hasil 1 bulan penuh kita menjalankan Ibadah shaum solat berjamaahnya semakin meningkat.

  27. Wa alaikum salam warohmatullahi wabarakatuh

  28. Ass.Wr.Wb.
    Terkadang uztad-ustad kita selalu menekankan faedah dan fadilah sholat sunnah, sedang forsi pembahasan sholat wajib dianggap sdh tahu semua.akibatnya jamaah berlomba-lomba mendahulukan sholat sunnat.sekalian tanya pak uztad mengenai hubungan antara iman dan makmun. apa hanya sebatas pelaksanan sholat atau sampai doanya. Sebab ada imam yang memborong doa setelah sholat wajib sehingga tidak memberikan kesempatan bagi si makmun berdoa untuk dirinya.tiap orang kan beda permohonannya pak uztad.terima kasih.

  29. Wsww. Doa sendiri-sendiri atau berjamaah keduanya boleh. Yang tidak boleh adalah shalat sendiri-sendiri. Untuk masjid yang menerapkan doa bersama, kita dapat berdoa sendiri setelahnya.

  30. kita berburu…..jangan melepaskan rusa untuk mengejar kelinci,

Leave a Reply

Your email address will not be published.