Mutiara Quran

Mutiara Quran yang saya sajikan di hari Jumat ini sengaja kami hadirkan terutama ayat-ayat Quran tentang kebesaran Allah, kekuasaan Allah, beberapa perintah danĀ  laranganNya. Semoga mutiara hikmah Islam ini dapat meningkatkan iman kita kepadaNya.

Allah Maha Besar, Maha Kuasa dan Maha Mengetahui
Mutiara Quran Tentang Kebesaran AllahTidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Lukman 29)

Semua bertasbih kepada Allah, yang memiliki asmaul husna
Dialah Allah yang Menciptakan, yang mengadakan, yang Membentuk rupa, yang mempunyai Asmaul Husna. Bertasbih kepadaNya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS Al Hasyr 24)

Perintah mendirikan shalat berjamaah dan menunaikan zakatMutiara Jumat, Hari Jumat
Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’ (QS Al Baqarah 43)

Larangan Allah untuk kebaikan manusia
Katakanlah: “Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.” (QS Al A’raaf 33)

Bahaya kufur terhadap Allah
Mereka itu orang-orang yang telah kufur terhadap ayat-ayat Tuhan mereka dan (kufur terhadap) perjumpaan dengan Dia, maka hapuslah amalan-amalan mereka, dan Kami tidak mengadakan suatu penilaian bagi (amalan) mereka pada hari kiamat. Demikianlah balasan mereka itu neraka Jahannam, disebabkan kekafiran mereka dan disebabkan mereka menjadikan ayat-ayatKu dan rasul-rasulKu sebagai olok-olok. (QS Al Kahfi 105-106)

Perintah untuk mencontoh Muhammad Rasulullah SAW
Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak mengingat Allah. (QS Al Ahzab 21)

Al Quran adalah bacaan yang mulia
Mutiara Hikmah Quran IslamSesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan. Diturunkan dari Rabbil ‘alamiin. (QS Al Waaqiah 77-80)

Jangan melampaui batas, karena setiap manusia akan menghadap Allah
Ketahuilah! Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas, karena dia melihat dirinya serba cukup. Sesungguhnya hanya kepada Tuhanmulah kembali(mu). (QS AL ‘Alaq 6-8)

Allah akan mengganti rizki yang kita nafkahkan di jalan Allah
Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezki yang sebaik-baiknya. (QS Saba’ 39)

Perintah berdakwah kepada setiap manusia yang beriman
Demi waktu. Sesungguhnya manusia dalam keadaan rugi. Kecuali yang beriman dan beramal shaleh. Dan saling menasihati / berdakwah tentang kebenaran dan kesabaran (QS Al Ashr:1-3)

***
Key: Mutiara quran hari jumat, mutiara hikmah Islam. Tentang kebesaran Allah, kekuasaan Allah dan asmaul husna

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

12 thoughts on “Mutiara Quran

  1. Mulyadi

    Assalamu’alaikum & Terimakasih Pak Ustadz yang selalu memberikan siraman n selalu membangkitkan kadar keimanan & keislaman
    Wassalamu’alaikum Wr Wb

    Reply
  2. Syafril Yazid Bustami

    Assalamu alaikum ww,terima kasih banyak ya Pak Ustadz atas tulisannya yang selalu mengingatkan untuk meningkatkan keimanan serta keislaman, mudah2an Allah SWT melimpah kan nikmat sehat kepada Pak Ustadz, Aamiin

    Reply
  3. Oom Aulia Amrullah

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Terimakasih Ustadz Ahmad Tefur atas tausiah-tausiahnya.
    Kami doakan senantaiasa sehat wal’afiat dan selalu dalam lindungan-Nya..

    Doakan, agar kami juga menjadi pribadi yang baik, beriman dan beramal sholeh..Aamiieen.

    Wassalam

    Reply
  4. Dalhar Asnawi

    Dan untuk menundukkan hawa nafsu yang ada pada diri kita harus dengan bimbingan al Quran termasuk mendengarkan, membaca tausiayah seperti diatas semoga kita tetap mendapat hidayah dari Ahhah subhanahu wata’ala

    Reply
  5. Zulkarnain Al Idrus

    Bagus sekali topic kali ini, mengenai gugusan bintang gumintang yang Allah telah ciptakan. Yang hampir setiap malam dapat kita saksikan sambil mengagumi ciptaanNya, dengan perolehan pahala yang luar biasa.
    Saudara Ahmad, mohon mempertimbangkan saran saya, agar berlaku seimbang dalam berdakwah, karena itulah perintah Allah. Allah melarang ketimpangan disebabkan karena ketidakseimbangan. Keseimbangan itu seperti 24 jam siang dan malam, Allah membaginya adil masing siang 12 jam dan malampun 12 jam, tampa berlalu dan berlewat sedetikpun dari apa yang telah ditetapkan. Kalau siang 13 jam, tentu malam menjadi 11 jam saja, demikian seterusnya perihal keseimbangan segala ciptaan Allah itu. Begitu juga dalam hal berdakwah, hendaknya Pak Ahmad Tefur mengimbanginya dengan keseimbangan yang sempurna. Misalnya, dakwah Islamiah kita selama ini timpang tidak berimbang, karena hampir seluruhnya didominasi oleh hal-hal INTERNAL ISLAM, tidak dimbangi dengan hal-hal EXTERNAL. Melulu hanya DALAM NEGERInya Islam, sehingga lupa LUAR NEGERINYA.
    Seperti berita: ada Berita dalam Negeri dan ada berita luar negeri.
    Demikian secara singkat dapat saya sampaikan kepada Saudaraku yang bagus sekali Karya Dakwah Via WEBnya.

    Sebenarnya Internal Keislaman adalah hal besar dan mendasar bagi ummat, namun hendaknya tidak terus menerus masalah keinternalan Islam yang diperkenalkan, karena akibatnya pahit sekali seperti yang Indonesia rasakan sekarang ini, semua pada berpaling dari kebenaran yang haq. Selain Pemerintah, MUI, ICMI dll dll, Pak Ahmad Tefur juga akan dipikulkan tanggung jawab atas bencana dan malapetaka negeri.
    Bersiap siaplah Pak Ahmad, seimbangkanlah Dakwah kita ini, agar Ummat mengerti duduk perkara sebenarnya dari rencana-rencana (makar-makar) kaum Iblis dan Salibis yang bengis dan sadis itu.

    Orang-orang Islam zaman dahulu benar-benar perintis Ilmu Kemajuan Ummat yang ditiru bulat-bulat dan diteruskan penyempurnaannya oleh mereka. Sebab, mereka tidak hanya melulu berdakwah tentang Shalat, Zakat, Puasa, dll dll dll dll , namun juga diimbangi dengan perintah-perintah Allah lainnya dalam Al Qur’an. Pengetahuan tentang hal inilah yang tidak kita miliki sekarang ini, sehingga ummat seumpama buih-buih yang sangat mudah diarahkan oleh kaum kapitalis Iblis salibis itu. Hanya dengan desahan nafas saja mereka mampu mengolah kita menurut apa yang mereka inginkan. Ingat Akhirat, tugas kita bersama adalah menyelamatkan ummat dari segala serbuan-serbuan subul-subul cabul dan gaul serta tachyul – yang teramat sangat mencengkeram ummat Islam Indonesia. Bersegeralah ubah taktik dakwah ya Pak Ahmad Tefur.
    Allah pasti akan membantu amal mulia Pak Ahmad Tefur.
    Kini ingin bersiap-siap shalat Jum’at, mudah-mudahan Allah membukakan pintu rahmat dan hidayahnya seluas-luasnya kepada Pak Ahmad Tefur berserta keluarga dan seluruh kerabat di Web ini.

    Ya Allah bantulah beliau dengan ilham-ilham cahaya gemerlapan.
    Salam
    Zulkarnain Al Idrus

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Terima kasih atas masukan dan dukungannya, Pak Idrus. Saat ini saya in line di bidang yang saya kuasai dulu, agar hasilnya lebih optimal. Maybe next time.

      Reply
  6. The Utuh

    Subhanallah, Maha Suci Allah yang telah mengarahkan saya hingga tertuju ke artikel ini….saya sangat tersentuh hati….terimakasih Ustadz.

    Reply