Slide Presentasi Efektif, Hemat 66 Menit!

Sadarkah anda dengan waktu yang terbuang dari cara presentasi anda sekarang? Lihat contoh presentasi powerpoint di bawah ini..

cara presentasi salah

Inikah gaya slide presentasi anda? Contoh slide presentasi inilah yang membuat anda kehilangan banyak waktu saat memberikan presentasi.

Salah satu kunci sukses presentasi adalah mampu membuat slide yang dapat dicerna oleh peserta dalam waktu sesingkat mungkin. Sifat manusia selalu ingin tahu. Jadi, setiap kali anda klik untuk mengganti slide presentasi, peserta seminar akan selalu mencerna (membaca) slide presentasi anda. Ini bisa memakan waktu hingga 40 detik jika slide presentasi anda rumit. Setelah mencerna slide anda, barulah perhatian peserta baralih pada omongan anda.

Ini berarti, anda kehilangan perhatian peserta selama 40 detik per slide. Jika bahan presentasi anda memiliki 100 slide presentasi yang tidak efektif seperti contoh di atas, anda kehilangan perhatian selama 4000 detik, atau 66 menit … Waktu yang tidak sedikit, bukan?

Cara presentasi seperti ini tentu membuang banyak waktu. Efek fatal lainnya adalah audiens akan cepat merasa bosan dan lelah. Itulah mengapa anda harus ubah cara membuat slide presentasi ke model yang lebih simple dan menarik.

Semakin rumit slide presentasi anda, makin banyak waktu yang dibutuhkan audiens untuk mencerna, dan itulah jumalah waktu kehilangan anda. Sebaliknya, semakin simple slide presentasi anda, semakin sedikit waktu yang diperlukan audiens untuk mencerna, semakin cepat mereka akan kembali kepada anda dan mendengarkan apa yang anda benar-benar ingin mengatakan pada slide presentasi anda itu. Inilah solusi cara presentasi yang dapat mereduksi “kehilangan perhatian” dari audiens anda.

Slide Presentasi Efektif

Lantas, berapa detik idealnya sebuah slide presentasi dapat dicerna? Maksimal 5 detik!  Salah satu kunci keberhasilan presentasi adalah dengan membuat slide sesederhana mungkin. Rahasianya adalah dengan menterjemahkan informasi ke dalam:

  • Ringkasan kata
  • Grafik, atau
  • Gambar

Itulah tiga cara presentasi powerpoint yang perlu anda kembangkan.

Slide Presentasi Efektif #1: Ringkasan Kata
Jika anda memiliki informasi yang panjang, seperti Standard Operating Procedure (SOP), ketentuan-ketentuan, hukum, ayat Al Quran, hadits, fatwa, pernyataan dll maka pastikan anda tidak menulis semuanya dalam slide presentasi anda. Jika anda menulis itu semua, maka audien anda butuh waktu yang cukup lama untuk mencernanya. Tulis poin utamanya saja! Coba bandingkan kedua slide berikut:

cara presentasi
Slide 1A

contoh presentasi powerpoint
Slide 1B

Manakah slide presentasi yang lebih enak dibaca? Pasti yang kedua (slide 1B)!
Tips untuk meringkas kata, bertanyalah: “Adakah kata-kata yang dapat saya buang?” Kalau ada, buanglah! Tanya lagi dan lagi sampai anda yakin bahwa tidak ada lagi kata yang bisa anda buang dari slide presentasi anda.

Slide Presentasi Efektif #2: Gunakan Grafik
Menyajikan perkembangan data dari waktu ke waktu menggunakan grafik lebih efektif dan mudah dicerna ketimbang menggunakan kata-kata. Dengan menggunakan grafik, audien anda hanya perlu beberapa detik untuk menyimpulkan beberapa hal yang penting, antara lain:
– Trend data, naik turunnya data
– Perbadingan antara data awal dan data akhir
– Hasil terkecil dan hasil terbesar
– Anomali
– Keberhasilan secara umum
Coba bandingkan kedua slide berikut:

slide presentasi tidak efektif
Slide 2A

contoh slide presentasi efektif
Slide 2B

Nah, dengan sajian grafik lebih simple bukan? Agar audien lebih puas, anda harus menerangkan makna di balik grafik yang anda sajikan itu. Ingat, slide hanya sebagai alat bantu saja. Tentu saja fungsinya untuk membantu, bukan malah bikin pusing audien. Sajian data dalam bentuk informasi seperti contoh slide 2A akan membuat audien anda butuh waktu lama untuk mencernanya. Jika slide itu yang anda gunakan, maka anda akan kehilangan perhatian audien kurang lebih 40 detik.

Slide Presentasi Efektif #3: Gunakan Gambar
Bandingkan kedua contoh slide di bawah ini:

bahan presentasi
Slide 3A

presentasi efektif
Slide 3B

Jika anda menyajikan slide seperti contoh 3A, maka audiens perlu waktu lama untuk mencerna kalimat-kalimat anda. Selama audien mencerna slide anda, maka apa yang anda omongkan tidak dapat diserap dengan baik oleh audien. Jika ada 100 slide presentasi anda yang model gitu, maka anda akan kehilangan perhatian audiens selama 66 menit!

Jauh lebih baik jika anda menyajikannya seperti contoh slide 3B! Informasi yang tertera dalam slide presentasi 3A cukup anda sampaikan secara lisan.

Itulah 3 cara membuat slide presentasi efektif. Ubah cara presentasi anda…  Pastikan hanya menggunakan:
– Kata ringkas
– Grafik, atau
– Gambar
untuk menghasilkan slide presentasi yang efektif.

***

Free download Bumbu Presentasi Menarik: klik di sini!

Search term: contoh slide presentasi bahan presentasi efektf cara presentasi buat power point contoh presentasi powerpoint dan teknik presentasi

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking

2 Replies to “Slide Presentasi Efektif, Hemat 66 Menit!”

  1. Assalamu’alaikum wr w b.
    Terima kasih ustadz artikelnya ,sangat mudah dipelajari dan dipraktekkan.Semo0ga bermanfaat bagi semua.
    Wassalam

    H.M.Anshary Ibrahim.

  2. Alhamdulillah, Subhaanallah, artikel yang sangat menarik dan dapat menambah wawasan. Syukran, jazakallah, semoga menjadi “ilmun yuntafa’u bih”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.