8 Ayat Pengingat, Petunjuk dan Penyejuk Jiwa

mutiara hikmah al quranPembaca, posting kali ini menyuguhkan 8 ayat Al Quran yang mudah-mudahan dapat mengingatkan kita, memberi petunjuk dan membuat hati kita sejuk. Yuk, kita simak

1. Awas, harta dan anak dapat melalaikanmu!
Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi. (QS. Al-Munafiqun 9)

 

2. Bersegeralah menghadiri shalat Jumat
Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al Jumuah 9)

3. Al Quran memberi petunjuk dan kabar gembira
Sesungguhnya Al Qu’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar, dan sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, Kami sediakan bagi mereka azab yang pedih (QS. Al Isra 9-10)

4. Renungan tentang eksistensi manusia
Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggungjawaban)? Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim), kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakannya, lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang laki-laki dan perempuan. Bukankah (Allah yang berbuat) demikian berkuasa (pula) menghidupkan orang mati? (QS. Al Qiyaamah 36-40)

5. Istighfar, adalah pintu rizki
Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. Mengapa kamu tidak percaya akan kebesaran Allah? (QS. Nuh 10-13)

6. Lagi, kunci pintu rizki…
Katakanlah: “Hai manusia, sesungguhnya aku adalah seorang pemberi peringatan yang nyata kepada kamu”. Maka orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia. (QS. Al Hajj 49-50)

7. Ayat yang menginspirasi sistem multilevel
?Barangsiapa memberi syafaat kebaikan, maka ia akan memperoleh bagian darinya (An Nisa 85)

8. Hanya bagi-Nya Sang Maha Hebat
Katakanlah: “Sesungguhnya aku hnya menyembah Tuhanku dan aku tidak mempersekutukan sesuatupun dengan-Nya. Katakanlah: “Sesungguhnya aku tidak kuasa mendatangkan sesuatu kemudharatanpun kepadamu dan tidak (pula) suatu kemanfaatan. Katakanlah: “Sesungguhnya aku sekali-kali tiada seorangpun dapat melindungiku dari (azab) Allah dan sekali-kali aku tiada akan memperoleh tempat berlindung selain dripada-Nya. (QS. Al Jin 20-22)

Kategori: mutiara hikmah

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  • 62
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    62
    Shares
  • 62
    Shares


public speaking

5 Replies to “8 Ayat Pengingat, Petunjuk dan Penyejuk Jiwa”

  1. 1 Ayat Yang Paling Penting:
    Terdapat dalam surat Yunus nomor 100: ayat tsb Indonesianya berbunyi sbb: “Dan Tidak Seorangpun akan beriman kecuali dengan se-izin Allah; dan Allah menimpakan “kemurkaan” kepada orang orang yang tidak mempergunakan akalnya”.(dalam beragama.)

    Dalam pandangan saya, justru ayat inilah satu diantara ayat ayat yang terpenting Ummat mengetahuinya. Betapa banyaknya ummat manusia masa kini yang tidak menyembah Allah, semata mata karena tidak mempergunakan akalnya yang sehat. Taurat dan Injil berubah menjadi buku “sakibul hikayat” alias dongeng dongeng belaka. Inilah akibat nyata dari tidak terpakainya akal dalam cepat tanggap ayat ayat Allah dalam Al Qur’an. Akibatnya sebagian terbesar manusia mengikuti perasaannya,seleranya dan pendapat/fikiran yang dianggap sebagai petunjuk dalam hidupnya. Oleh karena itu berpikir menggunakan akal dalam segala hal ihwal syariat/agama Allah adalah mutlak diperlukan.”

    Dalam soal keduniaan, tampa perintah Allahpun manusia memakainya guna memenuhi segala keperluan hidupnya, untuk kesenangan hidupnya dll mempergunakan segala taktik dan strategy untuk pencapaian keuntungan yang berlipat ganda. Sedemikian “loba”nya manusia terhadap “laba” keduniaan. Sibuk urusan dunia sampai tak sempat “ikut memikir” kan ayat ayat Allah yang Allah perintahkan untuk di difikirkan.Perintah Allah diatas kurang mendapat perhatian manusia, akibatnya banyak manusia dalam beragama, hanyalah semata mata “ikut ikutan” belaka, secara kebiasaan secara tradisi yang membudaya, yang dianggapnya “standar kebenaran” baginya, baik dalam bersifat maupun bersikap, baik amal keduniaan maupun amal amal peribadatan akhirat.
    Inilah situasi atau keadaan yang paling banyak menerpa ummat, sehingga banyak sekali terjadi perselisihan, pertengkaran dan lain lain. Penyebabnya ? semata mata karena segan dan enggan memakai akal sehat dalam menanggapi ayat ayat Allah yang berisi perintah dan laranganNya. Pengetahuan ummat, juga para ulamanya sangat minim perihal hukum hukum Allah dalam Al Qur’an. Bahkan belum terpikirkan oleh para ulama untuk “memetakan” hukum2 Allah dalam Al Qur’an. Bahkan tak seorangpun mengetahui berapa persisnya jumlah hukum Allah dalam Al Qur’an ? Apakah ada yang tahu ? siapakah orangnya ? Saya dapat memastikan tidak ada yang mengetahuinya, selain shalat, puasa, zakat dll dalam keseharian kita. Muhammad Rasul Allah telah menjalankan seluruh hukum Allah dalam Al Qur’an. Bagaimana dengan kita masing masing ? Puas menghadap Allah dengan bekal 10 hukum Allah? Itu hamba Allah yang sangat keterlaluan pengetahuannya.

    Oleh karena itu, saya menyarankan kepada Media islam agar bersegera memperkenalkan seluruh hukum Allah kepada ummat yang BUTA hukum Allah, disegala sisi hidup dan kehidupan manusia dan kemanusiaan.

    Perhatikan ayat diatas. Allah menimpakan “kemurkaan” kepada siapa yang tak pakai otak/akal dalam beragama. Banyak sekali penyimpangan, penyelewengan agama Allah hanya karena tak berakal dalam menanggapi ayat2 Allah. Sebagian manusia sungguh telah sengaja meng”error”kan akal sehatnya. Kata kata “kemurkaan” Allah gunakan untuk orang orang yahudi dan orang yang tak gunakan otak. Tak terbayangkan bagaimana kelak Allah mendera dan menyiksa orang orang yang tak pakai otak. Di dunia saja, betapa besar kemurkaan hamba Allah terhadap hamba lainnya yang dianggapnya telah berbuat tampa penggunaan akal sehatnya. Jangan tanya saya bagaimana kemurkaan disi Allah kelak.

    Disamping itu, “beriman” atau “berkafir” semata-mata karena juga tak menggunakan akal dalam hidupnya, dalam agamanya. Saya mohon kepada saudara Akhmad tefur agar memprimadonakan ayat diatas kepada seluruh khalayak Islam se Indonesia.

    Kelak akan saya susulkan ayat ayat lainnya yang akan membukakan khawasan dan wawasan berfikir kita tentang ayat ayat Allah dalam Al Qur’an. Afaabihazaal hadiisi antum mudhinun? Apakah kalian remehkan saja ayat ayat Al Qur’an? (karena tidak memakai akal.)

    Demikian penyampaian saya kali ini, kiranya berkenan menerima.
    Salam
    Alexander Idrus Zulkarnain
    Ciputat 15414

  2. Terima kasih atas tambahannya, Pak Ustadz

  3. Subhanallah,Pak Alex memang sangat menakjubkan ayat-ayat penting dalam Alquran itu, namun sangat disayangkan bila seorang mukmin tidak pernah membaca dan mencernah isi dari ayat-ayat tsb.Ketahuilah kita semua bahwa kesuksesan diraih dalam msa sempit.Karena dalam keadaan lapang nafsu itu ambil bagian darinya dgn adanya wujud bergembira,sedang dlm keadaan sempit bagi nafsu tidak ada bagian sama sekali di dalamnya.Semoga komen saya dapat di jadikan tambahan dlm sharing kita ini , Amin

  4. Terima kasih atas Info/tausiah yang pastinya menambah wawasan mengenai Syariat Islam lebih dalam lagi. Smoga dapat saya amalkan dan saya share kepada saudara-saudara seIman. Amin.

  5. Silakan share Mas Annas, tinggal klik icon yang tersedia di akhir artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published.