Boiler Pabrik Kelapa Sawit : Masalah Scale dan Solusinya

boiler pabrik kelapa sawit

Setelah sharing tentang kimia dust suppressant, kali ini saya tulis tentang boiler pabrik kelapa sawit. Boiler ini digunakan di industri minyak kelapa sawit (palm oil mill) atau sering disebut juga dengan pabrik kelapa sawit. Uap air panas (steam) yang dihasilkan oleh boiler digunakan untuk memanaskan tandan buah segar kelapa sawit agar buah kelapa sawit mudah terpisah dari tandannya dan mudah dipress (diperas) untuk diambil minyaknya.

Steam yang dihasilkan oleh boiler pabrik kelapa sawit juga digunakan untuk menggerakkan turbin generator pembangkit listrik yang bermanfaat untuk menggerakkan mesin-mesin industri dan penerangan. Inilah sumber listrik utama di sebuah pabrik kelapa sawit.

Sumber listrik lainnya adalah genarator yang digerakkan dengan bahan bakar solar. Generator jenis kedua ini berfungsi sebagai sumber listrik cadangan, yang diperlukan jika sumber listrik utama tidak mencukupi kebutuhan operasional. Jika sebuah pabrik kelapa sawit mampu beroperasi dengan efektif dan efisien, maka seluruh kebutuhan listriknya dapat dipenuhi oleh generator utama.

Masalah Boiler Pabrik Kelapa Sawit
Masalah yang sering ditemukan di boiler yang terdapat pada industri kelapa sawit adalah:

  • Masalah scale (kerak)
  • Masalah korosi (karat)
  • Masalah inefisiensi

Dalam artikel kali ini saya akan bahas dulu masalah scale boiler dan solusinya.

Masalah Scale dan Solusinya
Tumbuhnya scale atau kerak yang ada dalam sistem boiler, menyebabkan beberapa kerugian antara lain:

1. Diameter pipa menyempit
Kerak yang menempel pada pipa, jika tidak dibersihkan semakin lama makin menumpuk. Tentu saja ini akan mengurangi diamter pipa. Semakin banyak kerak yang menempel, semakin kecil diameter pipanya

2. Kapasitas produksi steam menurun
Hal ini merupakan akibat lebih lanjut dari menyempitnya diameter pipa. Pipa yang lebih sempit tentu saja memiliki kapasitas (volume) yang lebih rendah.

3. Overheating
Adanya scale menyebabkan aliran panas ke air terhalangi. Hal ini menyebabkan perlunya penambahan panas. Penambahan panas yang berlebih akan terjadi over heating

4. Pemborosan bahan bakar
Sebagai akibat dari terhalangnya aliran panas ke air karena adanya scale, maka diperlukan penambahan bahan bakar untuk memanaskan air dalam pipa yang mengandung scale.

Masalah scale / kerak ini dapat diatasi dengan cara:

  • Memastikan feed water (air umpan) boiler telah memenuhi standard kelayakan
  • Kualitas feed water dapat ditingkatkan dengan pre water treatment
  • Menggunakan boiler chemical scale inhibitor untuk menghambat pertumbuhan kerak

Demikianlah ulasan singkat tentang masalah scale pada boiler pabrik kelapa sawit dan solusinya. Salam Kimia…