Kajian Penting untuk Menuju Ramadhan Lebih Baik

Ramadhan hampir tiba… Langkah-langkah vital apa saja yang mesti disiapkan? Perlu setting apa saja? Bagaimana cara menumbuhkan motivasi? Simak video ini untuk menemukan rute mudah menuju Ramadhan yang lebih baik. Insya Allah.

Video kajian Islam ini menampilkan slide-slide PowerPoint full screen sehingga lebih efektif, menarik dan mudah dipahami. Merupakan rekaman Kuliah Subuh di Masjid Nurul Falah, Menteng Asri Bogor 3 Rajab 1440 (10 Maret 2019). Pemateri: H. Akhmad Tefur.

Ringkasan Ceramah Islami Persiapan Ramadhan

Ramadhan vs Puasa
Terlebih dahulu perlu dipahami bahwa Ramadhan adalah bulannya (waktu), sedangkan puasa atau shiyam adalah aktivitasnya (amal).

Ada 4 hal yang perlu dilakukan sebagai ikhtiar untuk menuju Ramadhan lebih baik.

1. MOTIVASI

Hal-hal yang perlu pendalaman untuk membangkitkan motivasi menjelang datangnya bulan Ramadhan :

Puasa itu dahsyat
“Dan berpuasa baik untukmu, jika kamu mengetahui” (Al Baqarah 184).

Contoh kedahsyatan puasa yang dapat mengeluarkan hormon HGH (Human Grouth Hormon) yang luar biasa itu dapat Anda simak pada video di atas.

Ramadhan, waktu mustajabah untuk berdoa
“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan dimana Allah melimpahkan keberkahan menurunkan rahmat dan mengampuni dosa dosamu, menerima doa doamu…” (HR Thabrani).

Puasa, amal mustajab untuk berdoa
Tiga jenis orang yang doa mereka tiada ditolak adalah, doa orang berpuasa sampai ia berbuka, doa pemimpin yang adil, dan doa orang yang didzalimi… “ (HR Ahmad).

Kombinasi: Rumadhan itu waktu mustajab untuk berdoa, puasa juga (meski di bulan lain) adalah amal mustajab untuk berdoa. Jadi, puasa di bulan Ramadhan itu “Mustajab Kuadrat.”

Pahala dilipatgandakan
“Barangsiapa yang ingin mendekatkan diri di bulan ini kepada Allah dengan suatu amalan sunnah, maka pahalanya bagaikan melakukan amalan fardhu di bulan lainnya; dan barangsiapa melakukan amalan fardhu di bulan ini, maka pahalanya adalah 70 amalan fardhu di bulan lainnya” (HR Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya).

“Malam qadr lebih baik dari 1000 bulan”
(Al Qadr)

Untuk melihat ilustrasi pelipatgandaan yang lebih mengena, silakan simak video di atas.

Dengan Puasa Ramadhan bisa Masuk Surga
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibakan kepada umat-umat sebelum kamu agar kamu menjadi orang yang bertaqwa” (QS Al Baqarah:183).

“Sesungguhnya orang yang bertaqwa ditempatkan dalam surga yang mengalir sungai-sungai” (QS Al Hijr:45)

Kombinasi: Gabungan kedua ayat di atas, maka didapatkan kesimpulan: “Dengan puasa bisa menjadi orang yang taqwa, dengan bertaqwa akan masuk surga.”

2. MEMBUAT RENCANA

Buatlah rencana dengan SMART, singkatan dari:
Spesifik Measurable Achievable Realistic Timely.

kajian menyambut ramadhan

Salah satu rencana penting yang perlu dicantumkan adalah itikaf 10 malam terakhir – atau separuhnya, atau semampunya dulu.

Download formulir rencana kegiatan Ramadhan dalam bentuk file Excel : Klik di sini!

Untuk mendapat penjelasan lebih rinci dan contoh-contoh rencana yang penting, silakan simak video di atas.

3. LATIHAN

Setelah membuat rencana, mulai sekarang lakukanlah latihan (pemanasan) agar “siap tempur” saat memasuki arena. Lakukan latihan-latihan untuk memperbanyak amal shalih. Coba simak hadits ini:

Puasa Nabi di bulan Sya’ban melebihi puasa di bulan lain (HR Bukhari Muslim)

Itu adalah salah satu bentuk pemanasan atau latihan menjelang datangnya Ramadhan. Tidak hanya latihan puasa saja, tapi perlu latihan-latihan lain seperti bangun malam, shalat berjamaah bermasjid lebih komplit, baca Al Quran lebih banyak, sedekah lebih istiqamah, dll.

4. EVALUASI

Saat memasuki bulan Ramadhan, setiap hari adakan evaluasi apakah rencana2 yang sudah dibuat bisa dilaksanakan 100% atau tidak.

“Jika kita bisa MENGUKUR,  maka kita bisa MENGATUR. Jika kita bisa mengatur, maka kita bisa MERAIH”

Silakan share artikel dan video ini ke sahabat muslim Anda.