17 Pengetahuan Wajib Tentang Ramadhan

artikel puasaSaudaraku, inilah 17 hal tentang Ramadhan yang sangat penting diketahui:

1. Puasa, Tangga Menuju Surga
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibakan kepada umat-umat sebelum kamu agar kamu menjadi orang yang bertaqwa” (QS Al Baqarah:183).

“Sesungguhnya orang yang bertaqwa ditempatkan dalam surga yang mengalir sungai-sungai” (QS Al Hijr:45)

2. Ibadah yang Tidak Dapat Ditinggalkan

“Barangsiapa berbuka (dengan sengaja) satu hari pada siang hari bulan Ramadhan tanpa rukhsah atau sakit, maka tidak akan dapat menggantinya walaupun berpuasa sampai akhir hayatnya” (HR Bukhari, Ahmad, Turmudzi dll).

3. Sesuatu yang Baik Bagi Manusia
“Dan berpuasa baik untukmu, jika kamu mengetahuinya” (QS Al Baqarah:184).

4. Ibadah Agung, Sebagai Benteng
Rasul bersabda, Allah berfirman “Seluruh amal anak adam untuknya, kecuali puasa, sebab puasa adalah untuk-Ku, dan Aku pasti menjaminnya. Puasa adalah merupakan benteng, maka ketika seorang tengah melakukan puasa janganlah berbuat keji dan kerusuhan; apabila ada yang mencaci maki kepadanya atau mengajak bertengkar, katakanlah “Aku tengah berpuasa”. Demi Allah yang Muhammad ditangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum dari kesturi di sisi Allah; dan baginya dua kegembiraan, yaitu ketika berbuka dan ketika berjumpa dengan Tuhannya, memperoleh balasannya” (HR Bukhari, Muslim).

5. Pintu Surga Terbuka, Pintu Neraka Tertutup, Setan Dibelenggu
“Ketika bulan Ramadhan tiba, maka dibukalah pintu-pintu surga, pintu-pintu neraka ditutup, dan syetan di belenggu “(HR Bukhari, Muslim).

6. Ampunan
“Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan berharap kepada Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR Bukhari, Muslim).

7. Dijauhkan dari Neraka
“Tiada orang berpuasa sehari pada jalan Allah, kecuali Allah menjauhkan wajahnya dari sengatan api neraka sejauh 70 tahun” (HR Bukhari, Muslim).

8. Doa Mustajabah
“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan dimana Allah melimpahkan keberkahan menurunkan rahmat dan mengampuni dosa dosamu, menerima doa doamu…” (HR Thabrani).

“Tiga jenis orang yang doa mereka tiada ditolak adalah, doa orang berpuasa sampai ia berbuka, doa pemimpin yang adil, dan doa orang yang didzalimi… “ (HR Ahmad).

9. Pelipatgandaan Pahala
“Barangsiapa yang ingin mendekatkan diri di bulan ini kepada Allah dengan suatu amalan sunnah, maka pahalanya bagaikan melakukan amalan fardhu di bulan lainnya; dan barangsiapa melakukan amalan fardhu di bulan ini, maka pahalanya adalah 70 amalan fardhu di bulan lainnya” (HR Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya).

10. Jangan Tinggalkan Shalat Tarawih dan Ibadah Malam Lainnya
“Barangsiapa yang menegakkan (ibadah) malam di bulan Ramadhan karena iman dan berharap kepada Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR Bukhari, Muslim).

11. Perbanyak Shadaqah & Tadarus
Dari Ibnu Abbas, “Rasul adalah manusia yang paling bermurah hati, terutama dalam bulan Ramadhan, … dan beliau tadarus Al Quran” (HR Bukhari, Muslim).

12. Perbanyak Memberi
“Barangsiapa memberi makan kepada orang yang berpuasa, maka pahalanya baginya seperti yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala yang berpuasa sedikitpun” (HR Turmudzi).

13. Perbanyak 4 Perkara
“Perbanyaklah di bulan ini 4 perkara. Dua perkara dapat mendatangkan keridhaan Tuhanmu, dua perkara lainnya pasti kamu memerlukannya. Dua perkara yang dapat mendatangkan keridhaan Allah adalah hendaknya kalian membaca kalimat Thayibah dan istighfar sebanyak banyaknya. Dan dua perkara yang kamu memerlukannya yaitu hendaknya kamu memohon kepada-Nya untuk masuk surga dan berlindung dari api neraka Jahannam” (HR Ibnu Khuzaimah).

14. Itikaf 10 Hari Terakhir
Adalah Rasulullah SAW itikaf pada 10 malam terakhir. Sabdanya “Carilah lailatul qadar pada 10 malam terakhir Ramadhan” (HR Bukhari, Muslim).

15. Fadilah Itikaf
“Barangsiapa beritikaf penuh keyakinan dan keikhlasan, pasti Allah ampuni dosa-dosanya terdahulu” (HR Bukhari, Muslim).

“Barangsiapa yang beritikaf satu hari karena mengharapkan ridha Allah, maka Allah swt akan menjauhkan antara dia dengan nereka sejauh tiga parit, yang jarak antara satu paritnya lebih jauh daripada langit dan bumi” (HR Thabrani, Baihaqi, Hakim).

16. Berusaha Menggapai Lailatul Qadar
“Malam kemuliaan itu (lailatul qadar) lebih baik dari 1000 bulan” (QS Alqadar:3).

17. Amalan Terbaik di Malam Laialtul Qadar
Dari Aisyah, “Ya Rasul apa yang harus dilakukan jika aku menepati malam lailatul qadar, dan apa yang harus kubaca?. Jawab Rasul: ”Ucapkanlah olehmu kalimat : Allaahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni (Ya Allah, Engkau Maha pengampun dan suka mengampuni, maka ampunilah aku)”  (HR Turmudzi).

Semoga pengetahun tentang Ramadhan ini dapat memotivasi untuk menjadikan puasa kita kali ini lebih baik. ***

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

47 thoughts on “17 Pengetahuan Wajib Tentang Ramadhan

  1. Abuy

    Saya sangat setuju sekali, atas 17 pengetahuan yang pak Ustad tulis semoga ini dapat menjadi pelajaran bagi saya dan yang lainnya…

    Reply
  2. MULYADI

    Alhamdzulillah Ilmu kita bertambah lagi, Sangat terimakasih Pak Ustadz, semoga amal perbuatan yang disertai ilmu lebih mudah dalam mengharap ridho Allah Ta’ala, Amiin

    Reply
  3. H. Ashari Alie Yinne, SH.

    Alangkah banyaknya tambahan ilmu yang bisa diperoleh liwat internet/komputer.
    Sayangnya saya masih kurang menguasai komputer/internet sehingga masih gagu dalam mencari tambhan ilmu melalui media ini. Siapakah yang bisa membantu saya meningkatkan kemahiran saya agar bisa menguasai internet? Ditunggu dan terima kasih. Semoga Alloh membuka hati anda untuk saya.
    Ashari Alie Yinne.

    Reply
  4. Saeful

    bagus, ust
    namun kalo bisa dimasukkan Zakat dan Zakat fitrah, karena ini moment yg tepat dalam ramadhan
    Syukron
    Saeful

    Reply
  5. Nana Mardio

    komentar tadi tertuju untuk pak Haji Ashari Alie Yinne, SH.

    maaf terlupa menyebut nama beliau.

    wass.

    na2mardio

    Reply
  6. ummi

    Ass..ww.. Mau tanya pak Ustadz. Untuk i’tikaf kan harus di masjid, trus bgm untuk perempuan yg banyak kesibukannya apakah bisa i’tikaf di rumah. Misalnya gak boleh di rumah, apakah perempuan tadi berhak mengharapkan lailatul qodar di rumahnya? Syukron

    Reply
  7. ALI MASYKUR

    Sukron Pak Ustadz, suatu tauziah yang dapat memotivasi umat muslim di bulan Ramadlan nanti, dalam beramal. Semoga bisa diaplikasikan dalam kehidupan si pembaca, selama bulan Ramadlan. amin

    Reply
  8. Djamal Gorantokan

    Jazakumullah kashiran Pak Ustaz, semoga Bulan Ramadhan 1433 H ini dapat membawa Rachmat dan Maghfirah untuk kita semua oleh Allah SAW, Amin.

    Reply
  9. ahmad Muhari

    Assalamu’alaikum,,,,terima kasih banyak atas ingetannya kembali perihal pentingnya dalam menata puasa yang diridhoi Allah Swt. semoga ustaz selalu diberikan kesehatan. Amiiin

    Reply
  10. Badaruddin

    waalaikum salam
    ustad saya sekeluarga juga mengucapakan selamat menjalankan Ibadah Puasa dan mohon maaf Lahir dan Batin.
    terima kasih atas kiriman Emailnya semoga menambah motipasi saya dan keluarga dalam menjalankan Ibadah Puasa. maaf baru balas Emailnya baru sempat buka Internet. semoga Ustad dan Kelurga selalu sehat dan di lindungi Allah Swt.

    Reply
  11. Yogo

    Asw.ustadz yg dimuliakan Allah Swt. Terima kasih atas artikel-artikel dan kiriman-kirimannya di e-mail saya. Saya mendapat banyak ilmu dan wawasan sekaligus pencerahan dari tulisan-tulisan ustad buat. Saya mohon maaf lahir bathin atas kesalahan2 saya.
    Jazakallah khairon katsiron

    Reply
  12. Edy Parwoto

    Bagaimana ustadz kita bisa benar benar berpuasa dan tidak melakukan maksiad misalnya tidak sengaja/sengaja melihat gambar yang aduhai diiternet,terima kasih

    Reply
  13. Anonymous

    Materi untuk menambah atau mengingatkan kita dan memotivasi ibadah di bulan Ramadlan nanti. Semoga Allah SWT menuntun kita ke jalan yang lebih baik. Amin

    Reply
  14. Sahuri Muchtar

    Marhaban Ya Ramadhon,

    Pa’ Ustazd, terima kasih atas bimbingan rohani melalui artikel-2 yang sangat menyejukkan hati selama ini dan yang akan datang.

    Mohon maaf lahir bathin
    Wassalam

    Reply
  15. Rachmat Widodo

    asalamu’allaikum wr wb

    Terimakasih banyak untuk segala ilmunya, semoga Allah SWT mencatatnya menjadi amal keabaikan dan menjadi keberkahan bagi semua.
    terimakasih dan sukses untuk Bapak dan keluarga.

    salam hormat saya

    Rachmat widodo

    wasalamu’alaikum wr wb

    Reply
  16. wisnu

    Ya Alloh Perkayalah saudaraku ini dengan keilmuan sehingga bisa menularkan virus-virus kebaikan bagi semua muslim …..
    Hiasi hatinya dengan kesabaran …..
    Muliakan wajahnya dengan ketaqwaan….
    Perindah fisiknya dengan kesehatan yang selalu senantiasa memberikan nasehat-nasehat keilmuan…
    Serta terima amal ibadahnya dengan kelipat gandaan…
    Karena hanya engkau dzat penguasa sekalian alam
    Marhaban Ya ramadahan ustadz atas artikel penyejuk hati di email ke saya semoga bisa memberikan pencerahan kepada kami sekueluarga.
    Sukron wisnu solo sekeluarga

    Reply
  17. Ana

    Ass. Wr. Wb.
    Alhamdulillah, ada tambahan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami. Terima kasih ustadz, semoga keluarga ustadz selalu dalam lindungan Allah SWT.. Amin
    Wass. Wr. Wb

    Reply
  18. Syawal Putra

    Assalamu ‘alaikum…..
    terima kasih Ustadz…..
    Terus Berkarya,, Semoga Allah membalas setiap upaya yang dilakukan….

    Mohon nge-save yah ustadz.. :D

    Reply
  19. DYAH

    TERIMA KASIH DENGAN INFO INI USTAZ SEMOGA SENTIASA DALAM LIMPAHAN KASIH SAYANG ALLAH SENTIASA…JEMPUT SINGGAH DI BLOG SAYA YE USTAZ & TEMAN-TEMAN YANG LAIN…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>