4 Langkah Urgent Menyambut Ramadhan

Persiapan Menyambut Ramadhan

TRAINING DESAIN GRAFIS MUDAH, SABTU 26/8/17 KLIK DI SINI!

Sudah siapkah anda menyambut Ramadhan…? Ups, jangan jawab dulu sebelum anda membaca tuntas artikel ini…! 🙂

Jika dalam wisuda ada gladiresik, dalam haji ada manasik, maka dalam shalat fardhu ada shalat sunnah qabliyah. Anda tahu maksudnya, bukan? Ya, ketiganya merupakan “pemanasan” agar prosesi yang sesungguhnya dapat berlangsung lebih baik.

Begitupun dalam menghadapi bulan Ramadhan. Sudahkah kita melakukan pemanasan dengan puasa sunnah di bulan Syaban ini? Seperti halnya Rasulullah, puasa sunnah yang dilakukan beliau SAW di bulan Syaban melebihi puasa sunnah di bulan lainnya (HR Bukhari Muslim).

Orang yang berpuasa di bulan Syaban melebihi puasanya di bulan lain inilah orang yang sebetulnya lebih pantas disebut “mempersiapkan diri” menyambut Ramadhan, ketimbang yang hanya mengadakah pesta cucurak, unggah-unggahan dan kegiatan sejenisnya.

Jika di bulan lain kita terbiasa puasa Senin-Kamis, maka di bulan Syaban ini seyogyanya ditambah lagi. Apalagi bagi yang sama sekali tidak pernah puasa sunnah…

Mempersiapkan apa lagi?
Selain puasa sunnah di bulan Syaban, jangan lupa kaji ulang tentang keistimewaan bulan Ramadhan. Ini penting untuk membangkitkan motivasi kita. Kemudian satu hal yang tak kalah pentingnya adalah membuat rencana. Rencana adalah sebuah peta yang akan memberi arah untuk mencapai tujuan. Tanpa rencana, pencapaian tujuan menjadi jauh lebih sulit.

Bagaimana cara membuat rencana?
Apa saja rencana anda selama bulan suci Ramadhan? Jika anda tidak berhasil menunjukkan secarik kertas yang berupa daftar rencana, anda dapat dianggap belum memiliki rencana yang baik. Karena rencana yang baik haruslah tertulis, dan memenuhi 5 kriteria sebagai berikut:

  • Spesifik
  • Terukur
  • Terjangkau
  • Realistis
  • Tepat waktu

Spesifik
Rencana harus dituangkan dalam bentuk yang spesifik. “Melakukan kegiatan yang bermanfaat”, ini adalah rencana yang kabur, tidak spesifik. Anda dapat menggantinya menjadi: “Membaca tafsir Al Quran” agar spesifik.

Terukur
Kalau kita bisa mengukur, maka kita bisa mengatur. Kalau kita bisa mengatur, maka kita bisa meraih. Merencanakan 1 juz per hari, tentu lebih baik karena dapat terukur dengan jelas daripada mengatakan: “sebanyak mungkin”.

Terjangkau
Pastikan anda memiliki modal, cara, alat, bantuan dll yang dapat digunakan untuk menjangkau tujuan anda. Jika anda tidak bisa berbahasa Arab, jangan coba-coba membuat rencana untuk mempelajari kitab Riyadushalihin dari bahasa aslinya. 🙂

Realistis
Realistis bukan berarti MUDAH! Realistis adalah sesuai dengan kenyataan (realita) kita saat ini. Menetapkan rencana membaca Al Quran 10 ayat per hari di bulan Ramadhan adalah rencana yang tidak realistis, jika dalam kenyataannya sudah terbiasa dengan 30 ayat per hari…!  Itu terlalu mudah, tidak sesuai realita kemampuan anda. Sebaliknya, rencana yang terlalu sulit juga harus dihindari. Rencanakanlah sesuai dengan realita kemampuan anda saat ini.

Tepat waktu

Rencana, haruslah disertai dengan target waktu. Misal: setiap hari, setiap Kamis, minggu ke-3 … dsb.

Jangan lupa, saat pelaksanaan setiap rencana yang telah disusun harus dievaluasi tingkat keberhasilannya setiap hari.

Ringkasnya, 4 langkah urgent dalam menyambut Ramadhan adalah:

  • Berpuasa sunnah di bulan Syaban sebagai “pemanasan”
  • Mengkaji ulang keistimewaan Ramadhan untuk memotivasi diri
  • Menyusun rencana kegiatan
  • Mengevaluasi pelaksanaan rencana setiap hari

Agar lebih jelas, silakan download contoh daftar rencana. Semoga dapat memberi inspirasi bagi anda untuk membuat rencana yang lebih baik. Jangan lupa untuk mencantumkan rencana shalat berjamaah di masjid.

Insya_allah Ramadhan ini lebih baik… ***

Catatan
Dalam kitab Riyadushalihin dijelaskan bahwa puasa sunnah setelah nishfu Syaban tidak diperbolehkan, kecuali bagi yang biasa menjalankan puasa sunnah secara rutin (puasa Senin Kamis, dsb). Namun, ada juga pendapat ulama yang membolehkannya. Wallahu a’lam bi shawab.

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
TRAINING DESAIN GRAFIS - MUDAH, SABTU 26/8/17 KLIK DI SINI!

public speaking

54 Replies to “4 Langkah Urgent Menyambut Ramadhan”

  1. Alhamdulillah sebentar lagi memasuki bulan suci ramadhan, semoga dengan Artikel ini saya dapat termotivasi.. Trims ya Pak Ustad sudah mengingatkan…

  2. Tapi ga harus pemanasan puasa dibulan sya’bankan Ustad, soalnya terlalu berat godaannya…

  3. Memang bulan Ramadhan yang penuh berkah, kita harus banyak2 melakukan kegiatan yang positif, seperti jadwal yang Ustad bikin..

  4. Rosulullah SAW memang mencontohkan untuk puasa di bulan sya’ban, agar puasa di bulan ramadhan tetap semangat..Yuk! kita berpuasa di bulan sya’ban ini, mumpung masih ada beberapa hari lagi.

  5. Barusan saya membaca artikel ustad, ustad menuliskankan 5 kriteria. Nah yang pertama itukan spesifik, saya rada bingung nih ustad, kata ustadkan melakukan kegiatan yang bermanfaat, ini adalah rencana yang kabur, tidak spesifik, trus pak Ustad menyuruh ganti menjadi membaca tafsir Al-Quran, maksudnya gimana sih Ustad?

  6. Wow, aku baru sadar… ternyata perlu pemanasan juga 🙂
    Dan Rosulpun mencontohkannya!
    Ikutan ah……….

    Terima kasih, ijin share yah.

  7. Alhamdulillah, terima kasih atas artikel menariknya pak ustadz.

    salam,
    ramdhan

    NB. Kemarin saya di lombok menemukan artikel pak Tefur mengenai shalat sempurna, di kantor BPS-nya.

  8. Sahabat, jika ada yang mau memberi jawaban/komentar atas pertanyaan Sdr Abu di atas, silakan kemukakan saja. Trim

  9. insyaallah klo bisa puasa di bulan syaban.

  10. Alhamdulillah, artikel ini cukup memberikan masukan bagi saya pribadi dalam rangka harapan meraih pahala sebanyak-banyaknya di bulan suci Ramadhan ini. Syukron ustadz..

  11. Alhmdllah..trmksh pak ustadz atas bimbingannya…tp sy pengen tanya..apa blh kt puasa bulan sya’ban hr apa saja trs sxan niat buat byr hutang puasa ramadhan kmrn blh g..?apa hukumnya..trmksh,wassalam

  12. Sungguh menarik. Suatu good religious planning.
    Wassalam.

  13. Boleh berpuasa sunnah kapan saja. Tapi jika anda memilih puasa hari Jumat sebaiknya hari Sabtu/Kamis-nya juga berpuasa. Puasa Sunnah dapat dilakukan setelah anda bayar puasa wajib. Jika belum bayar hutang puasa, maka niatkanlah hanya untuk bayar hutang saja.

  14. alhamdullh,, maksh infonya…. ^_^

    gak sabar menanti bulan ramadhan yg sebentar lag.. ^_^
    tp puasa x nich enknya kalo smbl ngenet pake SPEEDY n’ searching2 tetang bulan ramadhan n’ konten2 seru tentang ramadhan+ juga melaksankn perbuatan/amalan2 yg baik di bualn ramadhan…..

    semoga ibdah puasa kita nanti diterima oleh Allah SWT.. ^_^
    amin……….

  15. Jika anda diminta untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat, anda akan melakukan apa? Tentu anda harus mikir-mikir dulu, bukan?

    Tapi kalau anda diminta untuk membaca tafsir Al Quran, anda sudah langsung mengerti maksudnya. Inilah yang dimaksud dengan rencanya yang SPESIFIK.

  16. Alhamdulillah sebentar lagi sampai pada bulan Ramadhan, smg umur kita sampai pada bulan yang penuh berkah, rahmat,dan ampunan tersebut.
    Saya penginnya start Ramadhan, start baca Qur’an dr juz 1, tapi sekarang lagi sampai juz 12, sebaiknya gimana ya , Pak Ustadz..?
    Mohon solusi untuk schedule waktu, soalnya saya kondisinya kerja jam 08.00-18.00 (kalo tidak lembur)dan insyaAllah saya sedang hamil jalan 3 bln.)

  17. Assalamu’alaikum wr.wb.,
    .
    Pak Ustadz Akhmad yang kami hormati, terima kasih banyak atas petunjuknya dalam
    menghadapi Bulan Suci Ramadhan yang sebentar lagi kita jalankan. Petunjuk nya
    sangat bermanfataan untuk keluarga kami, dimana arahan nya sangat jelas sekali
    untuk kami amalkan sehari-hari.
    .
    Sekali lagi, terima kasih banyak ya Pak Ustadz.
    .
    Wassalamu’alaikum wr.wb.,
    Bambang Budi Santoso.

  18. sebuah pencerahan yang baik pak, untuk mengingatkan kita akan segala sesuatu harus terencana dengan baik

  19. Terima kasih untuk setiap artikel yg selalu saya terima, semoga Allah SWT senantiasa memberi hidayah dan inayahnya kepada kita sekalian. Semoga saya dapat menjalankan ibadah puasa dengan sebaik2nya dan puasaku diterima Allah SWT.

  20. Alhamdzulillah sekali Pak Ustadz, yaa memang segalax kalau terencana arahx jadi jelas n terukur, pemanasan memang perlu kalau mendadak langsung 29 atau 30 hr mgkn akan lain kalau pakai pemanasan, yang jelas contoh Rasulullah itu pasti manfaatx selalu ada n baik, smg umur kita sampai di bulan Ramadhan ini, Bagaimana agar Ramadhan ini n seterusx bisa meraih derajat mutaqin Pak Ustadz, bukan hanya mendapat lapar n haus semata (Naudzubikamindholiq) & saya pernah baca Do’a Jibril: Ya Allah abaikan puasa umat Muhammad jika belum melakukan 3 hal sebelum Ramadhan : 1. Mohon maaf terhadap orang tua 2. Mohon maaf terhadap suami/istri 3. Mohon maaf dengan orang sekitar” dan Rasulullah SAW berucap Amiin 3x tanda setuju. Mhn koreksi Pak Ustadz, Smg Allah SWT berkenan memberi kekuatan & Hidayah kepada kita semua, Amiin

  21. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Alhamdulillah pak ustad telah mengingatkan,terus terang di bulan sya’ban ini saya belum seharipun puasa sunnah, mumpung masih ada waktu 4 atau 5 hari boleh tidak puasa bukan di hari senin, umpama sabtu atau minggu gitu.

    Wassalam

  22. Jika punya target selama Ramadhan khatam 30 juz, sebaiknya mulai dari awal agar utuh. Jika tidak, lebih baik dilanjutkan saja.

    Scheedule: Setelah tarawih dan setelah/sebelum shalat Subuh.

  23. Alhamdulillah, terimakasih dengan ditambahnya ilmu yang bermanfaat terutama saat menyambut n menjalani bulan Ramadhan ini.
    Semoga saya bisa memanfaatkan semaksimal mungkin kesempatan merebut amalan-amalan di bulan yang istimewa ini bulan Ramadhan. Amin…

  24. Agar tidak hanya mendapat lapar dan haus, panca indera kita juga perlu berpuasa. Tentang doa Jibril tersebut, terlepas dari itu hadits shahih atau bukan, memohon maaf itu penting. Jadi sebaiknya lakukan saja.

  25. tapi ustadz katanya hadist ini lemah dan malah ada yang bilang palsu? gimana ustadz?

  26. Silakan Mas, jangan lupa sertakan sumbernya 🙂

  27. Kalau hadits di atas diriwayatkan oleh Bukhari & Muslim, insya_allah shahih.

  28. alhamdulillah atas ilmu dan sarannya ustadz.., insya ALLAH amin,.

  29. Alhamdulillah Pak Ustadz terimakasih atas ebok terbarunya,sehingga ilmu selalu bertambah dan tentu sangat bermanfaat untuk semuanya amin
    untuk mempersiapkan menyambut bulan rhamadhan yang sangat mulia.tentu kita harus membersihkan dirikita,juga membersihkan harta kita dan yang paling penting adalah membersihkan amalankita sudah bersih betul selama ini,dan juga tidak kalah pentingnya adalah membetulkan niatkita
    untuk beribadah dibulan rhamadhan ini dengan benar sebagaimana dicontohkan oleh Nabi kita Muhhamad Saw amin.

  30. …Subhanallah…Syukron Katsiron ya ustadz Akhmad…semoga ramadhan kali ini mjd lebih baik dari sebelumnya…insyaAllah…Allahuakbar…^^…

  31. Terimakasih Bapak atas tausiahnya, semoga saya dapat menjalankan dan puasa saya lebih baik dari sebelumnya dan Berkah Allah selalu terlimpahkan kepada Bapak Ustadz dan kita semua. aaamiiiin

  32. Assalammualaikum Pak Ustadz bolehkan pak saya ingin bertanya,tentang shalat dan puasa?perintah shalat dan perintah puasa itu kan sudah diperintahkan sejak jaman para Nabi atau umat terdahulu kala tentunya sebelum umat Nabi kita Muhhamad Saw,agar kita menjadi orang2 yang bertagwa. pertanyaannya adalah bagaimana shalatnya para Nabi dan Puasanya para Nabi terdahulu tentu beda dengan Nabi kita Muhhamad Saw mohon penjelasannya. terima kasih semoga bermanfaat nantinya penjelasan dari Pak Ustadz wassalam wr wb budiraharjo.batam.

  33. Assalammualaikum Wr Wb
    Terimakasih Pak Ustadz, artikelnya sangat bagus dan InsyaAllah skr saya sedang coba menjalankannya rencana – rencana seperti yang bapak contohkan , semoga Allah Ridho dan bisa terealisasi semua, amin 3x
    Pak Ustadz, bagaimana pelaksanaan puasa mutih? waktu pengajian beberapa hari yang lalu Ustadz kami pernah menyinggungnya, yang bisa dijalankan pada bulan bulan selain bulan puasa.
    Mohon penjelasan bapak Ustadz akan hal ini, karena saya sangat ingin menjalankannya.
    Terimakasih.
    Wassalam Enny

  34. Alaikum salam wr wb
    Puasa mutih : puasa pada saat-saat bulan purnama terang (putih), yaitu tiap tanggal 14,15,16 bulan hijriah. Pelaksanaannya seperti puasa biasa.

  35. Alhamdulillah dapat motivasi lagi sebelum bulan Ramadhan, semoga bisa lebih baik dan lebih baik lagi kedepannya. aamiin. Terima kasih pak ustad.

  36. Alhamdulillah, terima kasih Pak Ustad,membantu persiapan ibadah puasakami,Insya Allah dapat melakukan dengan baik,Amiin.

  37. Terima kasih pak Ustad sudah mengingatkan untuk puasa di bulan Sya’ban,Insyaallah saya akan melakukannya mumpung masih ada waktu beberapa hari lagi.
    Wassalam

  38. Kami berdoa kehadirat Illahi semoga puasa bulan ini bagi diri pribadi lebih baik dari tahun-tahun yang lalu dan tulisan ini menjadi motivatornya. Amin.

  39. Insya Alloh kita semua dapat menunaikan ibadah Ramadhan dengan baik, semoga apa yang disampaikan Ustadz dapat bermanfaat buat saya sekeluarga,amien

  40. Pak Uztad, berpuasa sebaiknya harus dilatih sejak masih berusia dini, secara bertahap. Jika sudah dewasa baru mau puasa, memang agak berat,karena itu diperlukan pemanasannya.Kalo sdh pemanasan, mantapkan niatnya,ikuti aturan mainnya, sholat tepat waktu,bayarkan zakat/fitrahnya,berbuka dan bersahur dg rezeki yang halal, jaga lidah dan kendalikan hawa nafsu.Insya Allah, puasanya berbuah Taqwa.Amin

  41. Tauziah yang dapat memanage diri sendir, dalam meraih kemenangan di bulan Ramadlan. Memang sudah seharusnya kita mempunyai planning menyambut bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh maghfiroh dari Allah SWT. Semoga Allah menuntun kehidupan kita dalam merealisasikan Teknis penyambutan dan pelaksanaannya di bulan Ramadlan nanti.

  42. Al-hamdulillah Allah telah menurunkan mahluknya untuk memberikan Teknis dalam menyambut bulan Ramadlan. Teknis tersebut sangat luar biasa, tidak semua orang terpikir dengan Teknis ini. Teknis yang bisa dilakukan dan dapat dirasakan efektivitasnya. Semoga Allah selalu memberi hidayah kepada kita semua (sipembaca). Di bulan Ramadlan nanti kita bisa beramal lebih baik dari Ramadlan sebelumnya. Amin.

  43. Alhamdulillah. Semoga demikian Pak.

  44. saya sdh pesan buku Pesona…, tgl 10 / 7/ 12 sdh saya tranfer via mandiri sejumlah Rp 85.000,- untuk pesan 1 buah buku + ongkos kirimnya, terima kasih, saya tunggu bukunya. kentut sp

  45. Baik, Pak. Kami sudah cek dan terima transfer dari atas nama Kentut Santoso Pambudi. Sebagaimana dijelaskan di http://www.yesbisnis.com/buku-pesona , saat ini cetakan pertama telah habis. Alhamdulillah cetakan kedua dalam beberapa hari lagi selesai, dan nanti langsung kami kirim ke alamat Bapak di Bontang – Kaltim. Terima kasih.

  46. SUKRON USTAD.SEMOGA ARTIKEL YG DIBLOKPG INI BISA BERMANFAAT,BG SEMUA UMAT ISLAM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.