Dust Suppressant : Formula Solusi untuk Masalah Debu Jalan dan Batubara

Kali ini saya akan sharing tentang sebuah formula kimia yang mungkin sedang Anda cari-cari. Namanya dust suppresant chemicals, yaitu kimia yang diformulasikan khusus untuk mengendalikan debu. Debu berbahaya untuk lalu lintas dan dapat mengganggu kesehatan. Dust suppressant adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Cara kerja dust suppressant adalah membuat partikel debu menjadi lebih berat, sehingga tidak mudah beterbangan.

GRAND LAUNCHING DISKON 20% SD 27 FEB 19
OL Training (Video Tutorial) Cara Membuat Video dgn PowerPoint KLIK DI SINI!
dust suppressant untuk jalan berdebu
Jalan berdebu

Adapun tempat-tempat yang biasa menggunakan dust suppresant adalah jalan-jalan yang berdebu dan untuk treatment batu bara agar tidak mengeluarkan debu.

Nah, saya kali ini akan share tentang formula yang untuk pengendalian debu jalan.

Road Dust Suppressant

Adalah formula kimia untuk mengendalikan debu di jalan yang belum diaspal (jalan tanah). Biasanya di area pertambangan atau di perkebunan. Selain untuk mengurangi debu, formula tersebut juga sekaligus berfungsi untuk mengurangi kelicinan jalan terutama saat musim hujan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda memilih Road Dust Suppressant…

  1. Komposisinya tidak mengandung minyak petroleum dan solvent sehingga aman untuk manusia, tumbuhan dan hewan
  2. Larut baik dalam air, sehingga aplikasinya lebih efektif dan mudah dibersihkan
  3. pH sekitar 7 (netral) sehingga tidak menyebabkan korosi
  4. Warna putih (tidak bening) sehingga lebih mudah dilihat saat aplikasi di lapangan
  5. Daya rekatnya mesti bagus, sehingga partikel-partikel debu yang sudah terikat tidak mudah terpisah dan menjadi debu kembali
  6. Penetrasinya harus bagus agar tidak bekerja di permukaan tanah saja, tapi dapat masuk ke lapisan tanah
  7. Biodegradable, agar mudah diurai secara mudah oleh alam

CARA PEMAKAIAN
Road Dust Suppressant (RDS) umumnya dipakai dalam dua tahap. Tahap pertama untuk stabilisasi atau pengerasan jalan. Tahap kedua untuk perawatan. Tahap ini diaplikasikan secara reguler. Pemakaian RDS tahap pertama biasanya lebih banyak dibanding pemakaian RDS tahap kedua.

Adapun peralatan yang digunakan untuk tahap pertama (stabilisasi tanah) adalah : Motor grader, water tanker, compactor dan tire roller. Motor grader digunakan untuk mengeruk dan mengaduk tanah yang akan diaplikasi. Water tanker digunakan untuk wadah larutan RDS, sekaligus untuk proses penyiraman larutan RDS saat aplikasi. Compactor untuk pengerasan jalan secara fisik, dan tire roller untuk menghaluskan permukaan jalan.

Sedangkan peralatan yang digunakan untuk tahap kedua (perawatan) biasanya cukup menggunakan water tanker saja untuk penyiraman larutan road dust suppressant sesuai jadwal.

Salah satu supplier dust suppressant di Indonesia adalah PT Eonchemicals (021) 830 8226 www.eonchemicals.com

GRAND LAUNCHING DISKON 20% SD 27 FEB 19
OL Training (Video Tutorial) Cara Membuat Video dgn PowerPoint KLIK DI SINI!