Langkah Langkah Membuat Website Powerfull, Aman dan Simpel

Langkah Langkah Membuat Website
Langkah-langkah membuat website ini harus Anda ketahui jika ingin membuat website berbasis WordPress yang powerfull, aman dan simpel. Ciri website powerfull adalah wesite yang bisa dioptimasi untuk menghasilkan kemampuan besar. Ciri website yang aman adalah yang softwarenya konsisten memperbarui fitur keamanan. Kedua ciri ini (powerfull dan aman) ternyata ada di WordPress! Kabar gembiranya adalah…. WordPress programnya sangat simpel, tidak perlu rumus-rumus yang njelimet sehingga mudah dipahami oleh orang awam.

Itulah mengapa website WordPress menduduki ranking pertama untuk platform website terbaik. Ranking keduanya Joomla, dan Drupal di peringkat tiga (hasil search Google dengan kata kunci: platform website terbaik).

Inilah langkah-langkah membuat website berbasis WordPress:

1. Tentukan nama domain
Domain adalah alamat website Anda, misalnya:

  • akhmadtefur.com
  • promutu.com
  • shalatsempurna.com
  • pinusebelas.net
  • imtrabogor.org

Note: akhiran domain yang paling populer adalah .com
Penggunaan akhiran .com sudah meluas, termasuk untuk domain masjid dan organisasi, dll. Hal ini karena com juga merupakan singkatan dari community yang artinya jamaah atau komunitas.

2. Cek domain
Selanjutnya harus Anda cek, nama domain tersebut masih bisa Anda gunakan atau sudah keduluan dipakai orang. Cara yang paling mudah adalah dengan memasukkan nama domain Anda di browser internet, kemudian tekan Enter. Jika muncul tulisan “This site can’t be reached” artinya domain tersebut belum dipakai orang lain, sehingga dapat Anda pakai.

3. Membeli domain dan hosting
Domain adalah nama website dan hosting adalah tempat penyimpanan data. Jika diibaratkan sebuah sekolah, maka domain adalah nama sekolahnya (sekaligus alamatnya) dan hosting adalah ruangan kelasnya tempat untuk menampung siswa.

Saat ini saya lebih suka membeli domain dan hosting di Niagahoster karena faktor keamanan dan pelayanan yang baik. Dari sini Anda akan mendapatkan username FTP dan password FTP yang dikirim ke email Anda. Fungsinya untuk login ke Control Panel (CPanel).

Tips penting:

  • Pilih domain berakhiran .com
  • Space (daya tampung file): 500 MB, dan
  • Bandwidth (daya tampung pengunjung): Unlimited

4a. Login ke CPanel
Login ke CPanel fungsinya untuk instalasi website, cek data dan banyak fungsi lainnya.
Jika domain Anda bernama www.misalsaja.com, maka cara login ke CPanel adalah dengan masuk ke www.misalsaja.com/cpanel kemudian masukkan username dan password FTP (lihat poin ke-3 di atas)

4b. Install website wordpress
Setelah berhasil login ke control panel, lakukan install website wordpress.

WARNING: Untuk install wordpress, gunakan cara install yang original!

Jangan install dengan auto installer seperti Softacolous, Fantastico dll karena keamanannya lebih rendah dibanding cara original. Menggunakan auto installer memang lebih cepat, tapi kurang aman.

Selanjutnya Anda perlu setting wordpress seperti akan saya uraikan pada langkah-langkah selanjutnya di bawah ini

5. Setting general wordpress, meliputi pemberian judul web, tagline, setting bahasa, zona waktu dan penanggalan. Setting general wordpress ini perlu Anda lakukan dengan benar sesuai kebutuhan Anda.

6. Setting reading WordPress, meliputi pengaturan tampilan home, jumlah posting terbaca dan pengaturan yang terkait dengan kenyamanan pengunjung untuk membaca website Anda.

7. Setting discussion wordpress, secara global ada 2 pilihan. Apakah Anda mau membuka kotak diskusi dengan pembaca atau tidak. Jika ya, Anda bisa atur bagaimana rule-nya.

8. Setting permalink wordpress, adalah pengaturan alamat URL posting Anda. Uniform Resource Locator (URL), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

Setelah Anda ikuti langkah langkah membuat website sampai di sini, pekerjaan install dan setting website berbasis WordPress telah selesai. Selanjutnya, Anda perlu menambahkan kesaktian WordPress dengan menginstall beberapa Plugin WordPress. Plugin WordPress adalah semacam software atau tool yang dipasang ke dalam WordPress agar website yang kita miliki menjadi lebih powerfull. Karena itu, langkah selanjutnya adalah menginstall beberapa plugin yang primer. Berikut ini adalah nama-nama pluginnya.

9. Install plugin SEO Yoast (Search Engine Optimization) untuk membantu proses persaingan pencarian di Google

10. Install plugin Wordfence Security untuk keamanan website Anda dari serangan spam, malware dan semacamnya

11. Install plugin WP Statistic website untuk mengetahui jumlah kunjungan. Judul artikel yang banyak dikunjungi, kata kunci yang mendatangkan kunjungan ke website Anda, dan data-data lainnya

12. Install plugin Sassy Social Share agar pengunjung website Anda bisa share ke sosmed seperti facebook, twitter, whatsapp, telegram, linkedin, dll.

Keempat plugin di atas (SEO, security, statistic dan medsos) adalah plugin-plugin WordPress penting yang dapat meningkatkan kekuatan, fungsi dan keamanan website Anda. Langkah berikut di bawah ini adalah mendesain tampilan website Anda. Desain ini meliputi pemilihan jumlah kolom, letak kolom, header dan menu.

Langkah Langkah Membuat Website Selanjutnya…

13. Setting theme atau tema, untuk memilih tampilan website

14. Membuat header, hiasan gambar yang berada di bagian atas
Nah, sampai di sini website Anda sudah powerfull karena sudah ditambah plugin dan desainnya sudah sesuai keinginan. Selanjutnya, website Anda tinggal diisi dengan tulisan, gambar dan video.

15. Membuat page atau halaman sesuai kebutuhan. Biasanya berisi about us, profile, contact, jasa, product, price list, download, order, konfirmasi, dll.

16. Posting artikel menarik untuk memberikan edukasi atau informasi kepada para pembaca Anda

17. Backup database untuk arsip content website yang telah dibuat di atas

Dengan mengikuti step by step membuat website seperti di atas, insya Allah website Anda powerfull, aman dan simpel.

Powerfull karena website Anda telah dilengkapi dengan beberapa plugin yang akan menambah kekuatan dan kemampuan webiste.

Aman, karena ada Wordfence Security yang berfungsi untuk menjaga keamanan website Anda dari serangan hacker.

Simpel karena mudah sekali cara membuatnya. Tidak perlu memiliki keterampilan khusus.

Demikianlah gambaran umum langkah langkah membuat website yang powerfull, aman dan simpel. Jika ingin mengetahui lebih detail, Anda dapat mengikuti online training membuat website atau in class training website.