Adab Menuntut Ilmu yang Bikin Melek dan Cepat Paham

adab menuntut ilmu agar saat khutbah jumat tidak mengantukIni merupakan sambungan dari artikel menarik sebelunya, tentang definisi ilmu yang bermanfaat dan cara meraihnya. Tawajuh (konsentrasi) adalah adab ke-4 dari 8 adab menuntut ilmu yang sudah saya sampaikan sebelumnya. Adapun unsur-unsur dalam tawajuh adalah:
1. Mata melihat pemateri, penceramah atau khatib
2. Telinga mendengarkan dengan seksama
3. Pikiran bekerja keras untuk menirukan kata demi kata yang diucapkan penceramah sambil mencernanya
4. Hati dilapangkan untuk menerima kebenaran

adab menuntut ilmu tata cara dan dalilJika Rasulullah sudah berdiri tegak di atas mimbar, maka kami langsung menghadapkan wajah kami ke arah beliau (HR Tirmidzi). Teks hadits: muslim.or.id

Keempat unsur tawajuh (konsentrasi) dalam adab menuntut ilmu inilah yang perlu kita lakukan dalam proses menuntut ilmu. Termasuk dalam mendengarkan khutbah Jumat.

Tawajuh, Adab Menuntut Ilmu yang Bikin Melek

Anda sering mengantuk saat khutbah Jumat berlangsung? He he… ngaku saja! Mengapa Anda mengantuk ketika mengikuti khutbah Jumat? Jawabannya karena Anda tidak melakukan tawajuh dengan baik. Anda tidak melakukan 4 unsur tawajuh tersebut di atas. Iya, kan?

Anda mengantuk ketika khutbah Jumat berlangsung itu karena:

  1. Mata Anda menunduk ke bawah, tidak menatap khatib
  2. Telinga Anda tidak mendengarkan dengan seksama, hanya se kenanya saja
  3. Pikiran Anda pasif, tidak diaktifkan untuk menirukan kata demi kata yang diucapkan khatib, dan tidak mencernanya. Pikiran Anda melayang ke mana-mana, memikirkan hal-hal lain. Mikirin pekerjaan, rumah tangga, target bisnis dll
  4. Hati Anda kosong… Tidak bekerjasama dengan pikiran. Bahkan penuh keraguan dan kejenuhan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu penyebab mengapa Anda sering ngantuk ketika khutbah Jumat.

Mulai Jumat ini, coba Anda lakukan 4 unsur tawajuh dengan baik, insya Allah Anda sulit mengantuk.

Anda sulit mengantuk ketika matanya fokus, telinganya juga fokus, pikirannya fokus, hatinya juga fokus. Semua unsur punya kesibukan yang membuat Anda tidak terundang rasa kantuk. Cobalah…. Anda perlu bisa!

Mengapa saya bilang ini adalah tips jitu yang terbukti 100% berhasil? Ya, tentu saja pasti berhasil karena jika Anda ngantuk berarti Anda tidak bisa melihat, mendengar dan memperhatikan. Anda ngerti, kan?

Perhatikan unsur ke-3!
Unsur tawajuh yang ke-3 adalah “Pikiran menirukan kata demi kata yang diucapkan pemateri.” Maksudnya, jika pemateri bilang “para hadirin” maka pikiran Anda juga menirukannya dengan cara ikut mengucapkan “para hadirin” tanpa suara, tanpa gerak bibir.

Jika pemateri mengucapkan “mari laksanakan”, maka pikiran Anda juga menirukannya dengan cara ikut mengucapkan “mari laksankan” tanpa suara, tanpa gerak bibir. Begitu seterusnya hingga akhir.

Selain menirukan ucapan, pikiran juga bertugas mencerna isi yang disampaikan oleh pemateri.

Tawajuh, Adab Menuntut Ilmu yang Bikin Melek (Paham)

Tawajuh dengan mengaktifkan 4 unsur di atas (mata, telinga, pikiran & hati), selain membuat Anda melek juga membuat Anda “melek”.

Melek selain berarti tidak mengantuk, juga berarti “paham” dengan apa yang disampaikan oleh pemateri. Inilah tujuanĀ  kita menghadiri majelis ilmu, yaitu agar kita paham.

Selamat mencoba adab menuntut ilmu ini (tawajuh). Untuk membaca artikel menarik tentang adab sebelumnya, klik: Definisi ilmu yang bermantaat dan cara meraihnya.

DISKON 15% --- TERBATAS --- JANGAN LEWATKAN!

ONLINE TRAINING SUPER PUBLIC SPEAKING
KLIK DI SINI!