5 Keunggulan dan Cara Memilih Cat Tahan Panas, Pahami Sebelum Membeli!

Dari berbagai jenis cat yang beredar di pasaran, salah satu yang punya kemampuan khusus untuk dunia industri adalah cat tahan panas. Cat jenis ini dapat dipakai untuk banyak kebutuhan, dengan keunggulan yang maksimal. Apalagi jika Anda bisa memilih cat terbaik untuk dipakai, pastinya akan menambah keawetan media yang diberi cat dan meminimalisir pengeluaran untuk perawatannya.

5 Keunggulan Cat Tahan Panas
Sebelum memilih cat yang tahan panas Anda perlu tahu dulu apa sih keunggulan dari cat, yang dibuat untuk bisa melindungi sebuah permukaan dari perubahan suhu panas yang sangat tinggi tersebut. Paling tidak ada lima keunggulan utamanya berdasarkan lokasi penggunaannya, coba pahami dan pastikan Anda akan mendapat keunggulan tersebut.

Pertama adalah bisa melindungi cerobong asap, pada pabrik yang memproduksi produk komersial. Biasanya cat ini dipakai agar panas bisa diminimalisir dan korosi bisa dihilangkan, sehingga proses produksi bisa berjalan lebih lancar. Kedua yaitu sebagai pelindung untuk bagian boiler bersuhu sangat tinggi, juga untuk pipa uap panas yang ada di kapal laut dan kilang minyak lepas pantai.

Ketiga adalah untuk meminimalisir dampak kebakaran pada bangunan, apalagi yang terletak di lokasi bersuhu tinggi. Misalnya bagian dinding bangunan yang dekat dengan pipa limbah zat bersuhu panas. Keempat yaitu melindungi alat-alat pembangkit listrik yang dipakai pada berbagai bangunan, seperti tiang listrik dan komponen lainnya. Sama halnya dengan perlindungan alat yang berpotensi menimbulkan api di restoran, sekolah rumah sakit, hingga rumah hunian.

Kelima yaitu di bidang otomotif terutama sebagai pelindung komponen pada kendaraan, agar tidak mudah rusak akibat panas. Contohnya kipas, mesin, terutama saluran buangan yang rentan dialiri udara panas hasil pembakaran pada mesin seperti knalpot.

Trik Memilih Cat Tahan Panas Yang Tepat
Setelah tahu kegunaannya, Anda bisa mulai menentukan pilihan cat tahan panas mana yang paling cocok dipakai. Jangan lupa untuk menggunakan trik memilih yang tepat, yaitu mulailah dengan alasan Anda membeli cat tersebut. Apakah untuk melindungi dari kemungkinan kebakaran pada permukaan bangunan, alat tertentu, atau untuk proteksi terhadap dampak korosi yang mungkin terjadi akibat proses kimia tertentu.

Anda juga harus memastikan toleransi suhu panas yang dimiliki cat tersebut, apakah memenuhi kebutuhan Anda. Sebab beda cat tentu akan berbeda pula perlindungan yang dilhasilkan, ada yang bisa mentolerir panas hingga maksimal 600 der. celcius tapi ada pula cat dengan kemampuan melindungi pada batas maksimal 250 der. celcius. Selanjutnya adalah memastikan karakteristik cat saat digunakan. Apakah bisa menghasilkan lapisan tebal pada permukaan, yang akan melindungi lebih maksimal atau hanya lapisan tipis yang rentan rusak.

Terakhir adalah memastikan dulu dimana cat tersebut akan diaplikasikan, apakah di dalam ruangan, di luar ruangan kategori sedang, atau luar ruangan dengan kategori maksimal. Untuk penggunaan dalam ruangan biasanya dipilih yang memiliki tingkat ketebalan minimal. karena penggunaannya hanya melapisi bagian produk tertentu seperti kompor, cerobong asap, dan dinding di sekitar dapur.

Sedangkan untuk luar ruangan akan berbeda cat tahan panas yang dibutuhkan, apalagi untuk luar ruangan maksimal yang sangat rentan terkontaminasi perubahan cuaca dari panas hingga hujan deras. Biasanya cat kualitas khusus akan dipilih untuk penggunaan pabrik yang berhubungan dengan bahan kimia atau penyaringan zat berpotensi penghasil suhu panas.

Jadi pastikan Anda mengetahui kegunaan dan cara memilih cat tahan panas, sebelum membelinya. Sebab tak sedikit orang yang salah membeli cat ini, alhasil cat tidak berfungsi dengan baik dan mengharuskannya mengeluarkan biaya tambahan untuk cat yang lain.