Pembersih Radiator dan Cara Penggunaannya

cairan pembersih radiator

Inilah cara penggunaan pembersih radiator yang perlu Anda tahu! Radiator merupakan salah satu perangkat yang sangat penting. Fungsi utamanya adalah untuk menurunkan atau menstabilkan temperatur atau suhu mesin agar tidak terjadi overheat. Bukan hanya itu, radiator juga mempunyai pengaruh bagi kinerja mesin baik pada kendaraan maupun di generator pembangkit listrik. Apabila suhu atau temperatur mesin semakin tinggi, maka kinerja mesin pun pasti akan menurun.

Masalah yang Sering Terjadi pada Radiator

Salah satu faktor yang menyebabkan mesin menjadi overheat adalah kinerja radiator yang terhambat. Masalah yang sering terjadi pada radiator biasanya adalah  saluran yang tersumbat yang berujung tidak bisa mendingingkan cairan radiator. Selain itu, suhu mesin juga akan mengalami peningkatan dari biasanya. Maka dari itu, diperlukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya dengan menggunakan radiator flush atau pembersih radiator.

Umumnya, penyebab sirkulasi radiator tidak berjalan optimal adalah karena adanya kotoran yang mengendap pada saluran radiator. Hal ini bisa disebabkan karena karat ataupun kotoran yang lainnya. Endapan kotoran inilah yang menyumbat cairan radiator hingga menjadi tidak bisa mengalir.

Padahal, cairan radiator berfungsi untuk memindahkan panas dari waterjacket menuju setiap sudut mesin radiator. Akibat aliran cairan yang terhambat, maka proses pendinginan pun jadi lambat serta temperatur mesin mudah naik karena panas yang tidak berpindah tempat.

Sebetulnya, masalah radiator ini tidakĀ  akan terjadi jika radiator selalu dibersihkan secara teratur, minimal satu tahun sekali. Diperlukan upaya pembersihan radiator supaya kotoran-kotoran yang terdapat di dalam radiator dapat dikeluarkan. Namun, apabila radiator sudah lama tidak dikuras dan endapan kotoran menumpuk dan sulit dibersihkan, maka Anda perlu menggunakan pembersih radiator. Selain itu, sebaiknya Anda menggunakan cairan radiator coolant yang bagus untuk mengurangi masalah-masalah tersebut di atas.

Cara Menggunakan Pembersih Radiator

Pembersih radiator adalah cairan abrasif yang dapat mengikis endapan kotoran yang menempel di radiator. Perlu diketahui bahwa kotoran atau kerak karat dapat mempersempit aliran atau sirkulasi coolant. Sehingga, coolant tidak bisa memindahkan panas dengan cepat dan radiator pun bisa menjadi over heat.

Radiator flush memang sebaiknya digunakan agar cairan yang mengendap di permukan saluran dapat rontok dan terbuang. Selain itu, penggunaan radiator flush juga dapat mencegah adanya pengendapan. Sebaiknya, radiator flush digunakan saat anda membersihkan cairan radiator. Penggunaan yang baik adalah dalam rentang waktu 3 minggu sekali. Sehingga, kerak karat tidak akan terlalu sulit ketika dibersihkan.

Langkah pertama, buanglah cairan radiator lama melalui lubang pembuangan yang terdapat di bawah radiator. Begitu pula dengan cairan lama yang terdapat di tabung cadangan juga harus ikut dibuang. Jika saluran pembuangan sudah ditutup, berikutnya campurkan pembersih radiator dan air untuk dimasukkan ke radiator.

Selanjutnya, nyalakan mesin selama 10 hingga 15 menit supaya cairan dapat melakukan sirkulasi beberapa kali. Kemudian, buanglah cairan radiator yang baru dimasukkan tersebut.

Jangan lupa untuk aktif memeriksa cairan radiator sebelum anda berkendara. Jika volume cairan radiator sudah berkurang, maka hal tersebut menandakan terjadinya kebocoran. Kebocoran cairan radiator biasanya disebabkan karena sambungan slang yang kurang rapat, slang yang sudah getas atau pegas untuk menutup radiator sudah tidak bekerja secara optimal. Maka dari itu, anda perlu lebih teliti dan perhatian dalam merawat radiator kendaraan.

Selain tentang radiator, di situs ini Anda juga dapa membaca artikel tentang cat tahan panas atau tentang boiler, tentang kimia peredam debu dan sejenisnya.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat pembersih radiator atau radiator flush yang perlu diketahui. Pastinya, radiator adalah salah satu unsur penting dalam kendaraan yang tidak boleh diabaikan. Maka dari itu, selalu siapkan radiator flush untuk menangani masalah kotoran radiator yang mengendap dalam waktu yang tidak menentu.