Tausiyah Islam tentang Motivasi Shalat Berjamaah yang Menggugah

Tausiyah Islam ini mengajak hadirin untuk berfikir, yang pada akhirnya mereka akan menemukan kesimpulan yang menggugah. Dalam teori Super Public Speaking Skill, penyampaian tausiyah Islam seperti ini disebut dengan rekayasa interfensi. Saya sering menyampaikan tema ini. Silakan Anda sampaikan juga ke jamaah di mana pun berada.

Tausiyah Islam dengan Mengajak Berfikir

Hadirin, saya mohon kesediaan semuanya untuk berandai-andai bahwa gaji antum Rp 7,5 juta per bulan. Mohon maaf bagi yang gajinya sudah 50jt yah…. dan bagi yang belum nyampai semoga cepat-cepat naik gaji. Aamiin.

Coba bayangkan jika Antum tinggal di Bogor, kerjanya juga di Bogor, gajinya 7,5 juta per bulan. Kemudian suatu hari ada perusahaan lain yang menawarkan gaji Rp 10 juta dengan pekerjaan yang sama, tapi tempat kerjanya di Jakarta. Kira-kira antum mau tidak?

Hadirin ada yang menjawab mau, dan ada yang secara tegas bilang tidak mau!

Baik… kalau tawaran gaji 10 juta di Jakarta belum semuanya mau, bagaimana kalau dinaikkan lagi menjadi 15 juta?

“Mauu……….. !!” (demikian jawab hadirin) kompak). Inilah jawaban yang sangat wajar dan alami.

Baik, dengan demikian Antum akan mendapatkan gaji 2x lipat jika mau kerja ke luar kota, di Jakarta. Naik dari 7,5 juta menjadi 15 juta! Ongkos naik KRL Bogor Jakarta berapa sekarang? Cuma empat ribu, kan? Bolak-balik delapan ribu.  Sebulan nggak abis dua ratus ribu tuh… Gajinya naik 200 persen.

Eh, belum sempat tanda tangan kontrak, ada perusahaan lain yang nawarin gaji Rp 30 juta. Jenis pekerjaannya sama, lokasinya di Lampung – Sumatera, mau?

Hadirin banyak yang menjawab mau. Meski kerja ke luar pulau, tapi kenaikan gajinya luar biasa… dari Rp 7,5 juta menjadi Rp 30 juta. Sangat fantastik. Orang-orang Jawa yang kerja di Sumatera juga kebanyakan gajinya masih minim. Iya, kan?

Hadirin yang saya hormati…. Eh tawaran fantasik gaji 30 juta belum ditandatangi, ternyata ada lagi yang nawarin gaji Rp 200 juta. Kerjanya sama. Masuk tanpa test. Ambil tidak nih?

Mau………………..! Jawab hadirin kompak.

Lho, kan belum saya bilang kerjanya di mana!!! Coba tebak, kira-kira dengan gaji 200 juta, Antum harus kerja di mana? Tadi yang nawarin gaji Rp 15 juta kerjanya di luar kota, Jakarta. Yang nawarin gaji Rp 30 juta kerjanya di luar pulau, harus ke Sumatera. Kalau yang nawarin gaji Rp 200 juta kira-kira kerjanya di mana?

Hadirin ada yang menjawab di Arab Saudi, di Qatar, di ujung dunia…. Kalau menurut pembaca di mana kira-kira?

Hadirin yang berbahagia….
Pada mulanya gaji antum hanya Rp 7,5 juta. Ada yang nawarin gaji Rp 15 juta, kerjanya di luar kota (Jakarta.), Antum mau menerima.

Kemudian ada yang nawarin gaji Rp 30 juta kerjanya luar pulau (Sumatera), Antum juga mau.

Nah, ternyata….. yang nawarin gaji Rp 200 juta itu kerjanya bukan di ujung dunia, bukan di luar negeri, bukan di luar pulau, bukan di luar kota. Bahkan tidak keluar RT.

Jadi, gaji 200 juta, tempat kerjanya sangat dekat dengan rumah Antum mau apa tidak?

Mauuuuuuuu……………………..

Nah, itulah shalat berjamaah di masjid! Shalat berjamaah itu lebih baik 27 derajat. Coba Antum hitung, berapa 7,5 juta kali 27? Hasilnya 202 juta, kan?

Jadi alangkah lucunya jika cuma dapat 2x lipat, Antum mau jauh-jauh ke luar kota. Untuk dapet 4x lipat antum mau jauh-jauh ke luar pulau, bahkan ke luar negeri…. Tapi untuk dapet 27x lipat Antum tidak mau meski cuma jalan kaki beberapa langkah. Lucu, kan? Ada orang lucu di sini? 🙂

tausiyah islam ceramah islami

Semoga tausiyah singkat ini dapat menggugah kita semua dan saudara2 kita. Silakan share ke teman-teman. Bahan bahan ceramah lain bisa ditemukan di web ini dengan kata kunci artikel Islami.

Catatan
Bahan tausiyah Islam ini dapat dipakai untuk bahan ceramah isra mi’raj lucu (aneh). Termasuk kategori lucu, karena ditawari gaji besar banget, di tempat yang dekat banget, tapi tidak mau. Atau juga dapat menjadi bahan pembuka dan penutup pidato maulid nabi dan ceramah agama lainnya.

Baca artikel menarik sebelumnya:
1. Kiblat Sholat Anda Sudah Betul?
2. Contoh Doa Pernikahan yang Bagus

Untuk para pencermah silakan gunakan bahan tausiyah Islam ini untuk disampaikan ke jamaah.

SILAKAN SHARE...
  • 38
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 38
    Shares
Pre Launching Diskon 60% (TERBATAS)
Online Training PowerPoint Magic Presentation KLIK DI SINI!