Kiblat Sholat Anda Sudah Betul? Silakan Tentukan dengan Aplikasi Ini

arah kiblat sholat Kiblat sholat Anda harus betul, karena menghadap arah kiblat merupakan syarat syahnya sholat. Dengan demikian, orang sholat yang tidak menghadap kiblat maka sholatnya tidak syah.  Pertanyaan pentingnya adalah, “Apakah arah kiblat sholat di masjid dan rumah Anda sudah betul?”

Kalau Anda belum yakin akan kebenarannya, Anda harus memeriksanya sekarang juga!

Cara Menentukan Kiblat Sholat

Ada beberapa cara untuk menentukan arah kiblat yang dapat Anda gunakan. Salah satunya menggunakan aplikasi PlayStore di HP Anda. Ikuti pembahasannya di bawah ini.

menentukan arah kiblat shalat
Sumber: Play Store

Aplikasi Al Quran Indonesia
Aplikasi HP Android ini dapat Anda search di Play Store dengan kata kunci “Al Quran Andi Unpam”

Subhanallah, aplikasi ini sudah didownload lebih dari 10 juta pemakai. Saya sendiri juga sudah memakainya. Rating aplikasi ini juga sangat tinggi, 4,8.

Selain untuk belajar dan membaca Al Quran, aplikasi ini ada fasilitas untuk menentukan arah kiblat dan jadwal shalat. Jika Anda sudah menginstal, tampilan awalnya adalah seperti ini:

aplikasi untuk menentukan arah kiblat
Tampilan awal

Kemudian Anda pilih menu JADWAL SHOLAT, dan akan muncul tampilan sebagai berikut:

jadwal sholat

Nah, di panel atas ada tulisan “Tanah Sareal” yang menunjukkan lokasi saat ini. Waktu saya akses aplikasi ini, saya tengah berada di Budi Agung, kecamatan Tanah Sareal – Bogor. Persis sebelah kanannya ada icon kompas… Klik saja di situ, dan akan muncul arah kiblat sholat sebagai berikut:

arah kiblat dalam sholat

Selain muncul jarum penunjuk arah kiblat shalat, juga tertera kordinat lokasi beserta jarak ari Ka’bah. Luar biasa, bukan? Dengan cara inilah Anda dapat mengkoreksi arah kiblat di ruangan Anda dan di masjid Anda.

PENTING!
Jika lokasi yang muncul bukan lokasi yang Anda tempati saat ini, maka jadwal sholat dan arah kiblat yang ada belum bisa digunakan. Anda harus merubah lokasinya dulu dengan mengklik icon lokasi yang persis berada di sebelah kanan icon kompas. Setelah itu pilih “Otomatis (GPS/Network)”.

Jika layanan lokasi Google belum aktif, maka akan muncul pesan:

“Untuk melanjutkan, izinkan perangkat mengaktifkan loaski, yang menggunakan layanan lokasi Google.”

Kemudian Anda pilih OKE. Selanjutnya, sistem akan otomatis mendeteksi lokasi Anda saat ini.

Materi penting ini perlu Anda sampaikan di ceramah Isra Miraj Nabi Muhammad. Karena menentukan arah kiblat sholat adalah upaya agar sholat kita syah.

 

SILAKAN SHARE...
  • 13
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 13
    Shares