51 thoughts on “Urgent! Menentukan Arah Kiblat di Rumah Anda

  1. martin laksita

    Koreksi ya pak, untuk arah Utara adalah 0 derajat atau 360 derajat

    Reply
  2. ALI MASYKUR

    Terima kasih atas pencerahannya. Kita shalat harus menghadap kiblat. Apabila shalat kita benar-benar menghadap kiblat itu tentu bagus, bagaimana dengan kenyataannya. Kebanyakan orang Indonesia shalat menghadap barat (kebenaran kiblat atau tidak), tidak banyak yang tahu. Karena menghadap kiblat pada umumnya bi isaroh, mengingat jarak Mekah dengan Indonesia jauh, penyimpangan satu derajat dari Indonesia, tidak lagi menghadap ka’bah. Mohon dapat diberi dasar, sah tidak nya shalat menghadap kiblat bi isaroh (umumnya dilakukan Muslim Indonesia). Mengingat Allah akan menerima amal baik manusia apabila shalatnya diterima.

    Reply
    1. Akhmad Tefur

      Menentukan arah kiblat dengan alat ukur (kompas), yang pasti memiliki akurasi lebih tinggi dibanding dengan cara perkiraan. Jika kita berkemampuan untuk mengadakan (membeli) kompas, maka semestinya hal itu harus dilakukan.

      Penentuan arah kiblat dengan perkiraan, menurut saya tidak tepat untuk sebuah tempat shalat yang permanen, misal: masjid, musholla atau ruang shalat di rumah.

      Saya tidak berkapasitas untuk memberikan ketetapan syah atau tidaknya menentukan arah kiblat dengan perkiraan (untuk tempat shalat yang permanen, BUKAN darurat). Dalam artikel di atas saya sebutkan “Untuk kesempurnaan ibadah shalat” yang URGENT untuk dilakukan.

      Ijtihad tidak sama dengan perkiraan. Ijtihad itu dengan ilmu dan alat. Artinya… ya pakai kompas juga :) (tidak diterka-terka).

      Wallahu a’lam bi shawab

      Reply
  3. Moko

    apakah lombok dengan sumbawa sama 294 derajat, ustad?? karena wlopun satu provinsi tapi kami beda pulau..

    Reply
  4. Akhmad Tefur Post author

    Data dari qiblalocator.com : Sumbawa 293. Dari web tsb dapat diketahui arah kiblat di kota-kota anda.

    Reply
  5. moenir.m

    Terima kasih Ustadz ,saya jarang dirumah dan kalo dirumah sholatnya ke mesjid,jadi belum dicoba u/ kalibrasi.Tks Uastadz.Ww.

    Reply
  6. Asep

    Terima kasih atas pencerahannya.
    Link qiblalocator-nya sudah dicoba, bermanfaat.
    Terima kasih Pak Ustadz.

    Reply
  7. delfi

    tks atas sarannya<tp saya blm coba karena blm beli kompas..

    Reply
  8. sayid m

    Terima kasih Ustadz, mudah2an dengan pembenaran sedikit-demi sedikit seperti ini, kita bisa menuju kesempurnaan, Wllohu A’lam.

    Reply
  9. Saiman, S.Pd

    Arah kiblat di masjid kami sudah menggunakan garis shaf sesuai arah kiblat sejak tahun yang lalu. Terima kasih

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Alhamdulillah… kalibrasi kiblat di rumah-rumah juga perlu Pak.

      Reply
  10. bambang mul

    alhamduliilah, musholla kami telah di-“kompas”-kan merujuk qiblalocator, dirumah saya juga,tetapi protes datang dari teman yang bergelar Agama Islam, karena saya yang tidak berlatar belakang agama, bisa jadi fitnah katanya; tetapi saya tetap yakin, karena dengan uji coba beberapa masjid yang disorot melalui google map menunjukkan kebenaran. Tolong mas hal-hal baik seperti ini disebarluaskan melalui media apa saja, karena tidak semua orang memahami pentingnya arah qiblat, maunya cuma protes nggak tau sumbernya, terimakasih, wassalam

    Reply
  11. srikusnaeni

    jazakallah hairan katsir. pengalaman yg semoga menyadarkan banyak orang.

    Reply
  12. Akhmad Tefur Post author

    Ternyata menentukan arah kiblat tidak bisa dengan feeling atau kira-kira saja. Gunakanlah kompas untuk menentukan arah kiblat di rumah anda, SEKARANG!

    Reply
    1. hafis askolani

      aya memakai applikasi dari android apakah sama saja pak ust dg menggunakan kompas… terima kasih wassalam..

      Reply
  13. mardiyono

    Setelah membaca artikel atau apapun namanya, saya jadi teringat cerita sinetron Para Pencari Tuhan, disitu juga diceritakan masalah yg sama bahwa selama ini Kiblat yg digunakan salah (kurang pas), akhirnya karena itu adalah bangunan Masjid, maka yg diubah adalah sajadahnya yg di paskan ke Ka’bah,
    Jadi menurut saya, selama kita tdk tahu/ sadar akan kesalahan itu, Tuhan akan memaafkanNya,

    Reply
  14. Zuhri Muntiara

    Alhamdulillah, terima kasih atas pencerahannya.
    Link qiblalocator-nya sudah dicoba, bermanfaat.
    Terima kasih Pak Ustadz.

    Reply
  15. suhaili erno

    Terima kasih banyak pak pencerahannya…………
    Tapi menurut saya pak terlalu berlebihan bila kita harus menentukan arah kiblat dengan sudut derazat harus begini dan begitu, sementara kalau kita sholat di indonesia yg cukup jauh jaraknya dari KA’BAH kita berdiri 1 drazat saja bergeser berapa sudah penyimpangannya sampai kearah KA’BAH. Jadi menurut saya kalau kita di Indonesia Sholat menghadap ke arah barat dan yang paling penting HATI dan PIKIRAN kita yang menghadap Kiblat Yaitu KA’BAH, Apa bedanya kalau kita sholat dalam perjalanan didalam kenderaan yang penting hati kita yang menghadap Kiblat……. Terima kasih, Mohon maaf kalau ada kehilapan……

    Reply
  16. abdullah H. Pintar

    Ass.Wr.Wb
    Terima kasih atas segala penjelasan Ustadz, mudah2an segala kekeliruan selama ini dapat di perbaiki oleh kita semua.
    Ustad terlepas dari alat kompas yang ada,apakah ada cara lain yang bisa kita gunakan dalam menentukan arah kiblat?

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Ada pak, tapi itu dapat dilakukan hanya pada waktu2 tertentu seperti saat matahari tepat di atas ka’bah. Jadi tidak dapat setiap hari kita lakukan.

      Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Arah kiblat semua daerah bisa dilihat di qiblalocator.com

      Reply
  17. gunawan

    Subhananallah … bagus pisan qiblalocator.com bisa tentukan arah kilat semua daerah, namun kami makin bingung satu kabupaten Bogor sama 295 derajat padahal Ka’bah tidak sebesar Kota Bogor.
    Seperti dua sisi rel Kereta Api yang tidak akan pernah ketemu, kecuali keyakinan kita ketika shalat sedang menghadap Kiblat (Allah Aja wa Jala)bukan menghadap Ka’bah karena kita jauh dimata dekat dihati.
    Semoga Allah mengampuni kita atas ketidakberdayaan ini, amin …
    Laa haula wala quwata ila billah

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Bukan dari besarnya Ka’bah, tapi letak Bogor yang sangat jauh dari Ka’bah, sehingga Bogor dan sekitarnya seperti 1 titik saja.

      Reply
  18. gunawan

    Pa Ustadz. Supaya Bertambah Yakin,
    Kita harus pake Kompas sampai skala desimal dong karena sepanjang Tol Jagorawi aja Utara/Ciawi 295,29 – Selatan/Sukatani 295,19 apa iya Kab’ah sepanjang itu.
    Sementara kalau kita tarik garis dengan derajat yang sama 295 untuk Bogor gak ada yang pas 295 derajat jadi dengan derajat 295 gak ada orang Bogor yang menghadap Ki’blat.
    Begitu pelajaran Matematika mengenai derajat kemiringan yang pernah saya pelajari di SD dulu.
    Mohon maaf kalau ada kehilapan …
    Wallahu a’lam bi shawab …

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Kalau bisa silakan pakai 2 desimal di belakang koma. Tapi rata2 kompas yang tersedia tidak bisa mengukur sampai sedetil itu. Yang penting action: sudah beli kompasnya belum?

      Reply
  19. opat

    mksh pak infony,tapi sy d taiwan ga bbs sholat nesti ngumpet2 n buru2 tkt ktauan mayorits org kafir.tp ak pk kompas hp android.mdh2an d terima solatny,dl lg blm bl hp solatny d blkng rmh mnghdp utara lg krn pas dtg lg musim dingin spt skr matahariny ga muncul.gmn klo gt pak,tp ak smakin yakin solat d tpt spt ini doany makbul.amin.bln april mau krja k kanada ini doaku n mimpiku d kabulkn.makash ya Allah
    ..

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Insya_allah tidak mengapa karena belum tahu. Tapi sebaiknya mintakan ampun kepada Allah atas kasus tersebut.

      Reply
  20. Moch. Choiri

    Ustad andai selama ini di rumah kami ternyata arah kiblatnya tidak pas gimana. mohon penjelasan

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Istighfar dan segera rubah arahnya. Tidak usah berandai-andai Pak, langsung saja action: beli kompas dan ukur sekarang juga…

      Reply
  21. abdul mamun

    jadi mau beli kompas juga Pak ustadz.

    Kalau daerah Karawang Pak ..?

    Reply
  22. dwi sukma saputra

    jazaakallahu khair Pak Akhmad. makasi infonya. saya barusan ngecek kiblat diBogor Raya permai. tetanggaan komplek dgn Bapak.

    ternyata deviasi 45 derajat dari biasa kami tuju. jauh juga miringnya. saya ragu awalnya masak jauh banget. googling n menemukan tulisan Bapak.

    Reply
  23. dwi sukma saputra

    mhn keikhlasannya Pak, tulisan Bapak sudah saya share di facebook sy. maaf tadi belum izin dulu…

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Ya mas, silakan share artikel2 kami dan cantumkan linknya ke blog ini

      Reply
  24. Pingback: Jadwal Shalat Bandung Hari ini dan Bagi-bagi Stiker Motivasi Gratis!Info Untuk Mutu Anda Sekeluarga

  25. Muhlis

    Nabi saw Bersabda “ Baitullah ( Ka’bah ) adalah kiblat bagi orang-orang di dalam Masjid Al-Haram dan Masjid Al-Haram adalah kiblat bagi orang-orang yang tinggal di Tanah Haram ( Makkah ) dan Makkah adalah qiblat bagi seluruh penduduk bumi, Timur dan Barat dari umatKu” ( Hadith Riwayat Al-Baihaqi) kalau qta di indonesia sholat walaupun tidak tepat pas ke bangunan ka’bah asalkan masih kearah kota mekah dan itu hanya bisa diketahui dengan menggunakan alat penujuk arah seperti kompas dll.bukan dengan perkiraan saja

    Reply
  26. hassan rambey

    Kota Pekanbaru (Riau) kok tidak ada berapa derajat ??

    Mohon ditambahkan ?

    Terima kasih

    Reply
  27. Etty rokhaeti

    Terima kasih infonya pak ustadz.izin share ustadz…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.