Cara Bersedekah Setiap Hari – Inilah Revolusi Finansial yang Hakiki

Ternyata cukup banyak orang yang cari informasi dengan kata kunci cara bersedekah setiap hari di Google. Saya tahu ini dari data statistik website ini. Karena itu, hari ini saya ingin mengulas tema tersebut sebagai teks ceramah Islam yang penting untuk Anda sampaikan.

Cara Bersedekah Setiap Hari

Buatlah keropak seperti ini di rumah Anda… 

cara bersedekah setiap hari sedekap pagi
Keropak untuk sedekah setiap hari

Keropak terbuat dari kaleng biskuit. Lubangi bagian atasnya untuk memasukkan uang. Balut dengan kertas, dan tulislah “Sudah sedekah hari ini? Letakkan di tempat yang selalu terlihat oleh seluruh anggota keluarga. Inilah cara bersedekah setiap hari yang paling mudah.

Penting: Buatlah keropak hari ini juga, jangan tunda!

Mengapa harus sedekah setiap hari?
Jawabannya, simak hadits berikut:

Dari Abu Hurairah RA, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak ada satu pagi pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)” (HR Bukhari 5/270)

Jadi, sedekah yang benar adalah setiap hari. Tepatnya setiap pagi hari. Bukan sebulan sekali saat gajian, atau sepekan sekali saat shalat Jumat.

Siapa saja yang perlu bersedekah setiap pagi?
Tentu saja bukan hanya kepala keluarganya, tapi seluruh anggota keluarga (Suami, isteri dan anak-anak) mesti bersedekah setiap pagi. Jika saat ini seluruh anggota keluarga dibiasakan sedekah pagi, maka kelak insya Allah pada saat anak-anak kita sudah berkeluarga juga akan menerapakan hal yang sama di keluarganya. Dan begitu seterusnya hingga akhir zaman.

Berapa anggaran sedekah pagi untuk seluruh keluarga?
Agar seluruh anggota keluarga dapat bersedekah pagi, sebenarnya tidak perlu menambah anggaran sedekah. Tapi kalau mau nambah juga lebih baik.

Jika sebelumnya anggaran sedekah bulanan Anda misalnya Rp 500.000 dan diberikan sekaligus setelah gajian, maka mulai saat ini Anda bagi menjadi 30 hari. Dengan demikian jatah sedekah pagi Anda beserta keluarga adalah Rp 16.000 (Rp 500rb dibagi 30).

Nah, jika Anda memiliki 3 anak, maka pembagiannya bisa sbb:
– Anda (suami) Rp 5.000
– Istri Rp 5.000
– Anak ke-1 Rp 2.000
– Anak ke-2 Rp 2.000
– Anak ke-3 Rp 2.000
Total Rp 16.000 per hari.

Tips: Sediakan uang pecahan Rp 2.000 dan Rp 5.000-an sebanyak yang dibutuhkan.

Kapan menyalurkan sedekah pagi?
Anda bisa membuka keropak sepekan sekali, atau dua pekan sekali.  Hitung hasilnya dan salurkan ke kerabat yang membutuhkan, tetangga, masjid, madrasah, pesantren dll.

Artikel sebelumnya:
Tausiyah Islam tentang motivasi shalat berjamaah
Kiblat sholat Anda sudah betul?
– 10 Artikel Islam pilihan terbaik

Demikianlah kultum singkat tapi bermakna tentang cara bersedekah setiap hari semoga Allah mudahkan kita untuk menjalankannya. Ayo mulai hari ini….

ONLINE TRAINING
Dapat diikuti kapan saja dan di mana saja... KLIK DI SINI!