public speaking

Fadilah Sedekah dan Urgensinya

Ayo BERSEMI (Berbagi Renungan Setiap Kamis)

Fadilah Sedekah

1. Pahala di alam kubur bisa lebih besar!
fadilah sedekah liang kuburDalam sebuah hadits shahih Muslim disebutkan bahwa amalan yang terus menerus pahalanya mengalir walaupun pelakunya telah berada di alam kubur, antara lain adalah sedekah jariyah. Subhanallah…. Maka bisa jadi, pahala yang kita dapatkan setelah meninggal (pahala di alam kubur) jauh lebih besar dibanding pahala yang kita dapatkan semasa hidupnya.

Hal ini karena hidup kita kurang lebih hanya 60 tahun, sedang kematian kita (di alam kubur) hingga hari kiamat bisa jadi lebih dari 60.000 tahun (wallahu a’lam). Maka selama itulah insya Allah pahala sedekah kita akan terus mengalir. Maka tidak tertutup kemungkinan pahala yang diperoleh di alam kubur nilainya jauh lebih besar ketimbang pahala yang kita kumpulkan semasa hidup yang hanya beberapa saat.

2. Sedekah itu “tiket” surga
”Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada SURGA yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit… (QS Ali Imran 133-134)

3. Sedekah dapat menolak bala, bahkan dari adzab yang pedih (neraka)
”Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari adzab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu Mengetahui”
(QS As Shaf 10-11)

Urgensi Sedekah

1. Agar kita tidak menyesal saat menghadapi kematian

“Dan berinfaqlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat BERSEDEKAH dan aku termasuk orang-orang yang saleh.” (Al Munafiqun 10).

Ringkasan Fadilah Sedekah dan Urgensinya
Fadilah sedekah amat sangat luar biasa, dan kematian adalah kepastian yang tak terduga waktunya. Bisa mendadak!

Maka itulah… jangan menunda untuk segera mulai rutinkan sedekah pagi supaya tidak menyesal seperti yang digambarkan Allah dalam surat Al Munafiqun 10 di atas. Bagi yang sudah menjalankan program sedekah pagi, semoga istiqomah.

Silakan ingatkan fadilah sedekah ini pada teman2 anda…

 

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
public speaking