Al Quran Bicara tentang Waktu

Ayat ayat al quran tentang waktu

Dalam posting sebelumnya telah dibahas tentang Ayat Ayat Kiamat dan  Al Quran tentang Doa (ayat-ayat doa), maka kali ini saya mengumpulkan beberapa ayat Al Quran tentang waktu (ayat-ayat waktu). Mari kita simak baik-baik firman-Nya….

Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: “Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan haji (QS 2:189)

dan yang memohon ampun di waktu sahur . (QS 3:17)

Note: ayat ini menerangkan tentang waktu istimewa (mustajab) untuk berdoa, yaitu di sepertiga malam terakhir. Termasuk berdoa memohon ampun.

Dan peliharalah dirimu dari hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (QS 2:281)

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, orang-orang yang menafkahkan, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (QS 3:133-134)

Dan sebutlah Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari”. (QS 3:41)

Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan  kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda  bagi orang-orang yang beriman.(QS 6:99)

Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat, ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu. Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (QS 4:103) | Ayat tentang waktu shalat

Dan ingatlah di waktu dahulunya kamu berjumlah sedikit, lalu Allah memperbanyak jumlah kamu. Dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS 7:86)

Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat  memajukannya. (QS 7:34)

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. (QS 7:187) | Ayat ini menegaskan tentang waktu kiamat itu tidak boleh diprediksi manusia.

Kamu tidak berada dalam suatu keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari Al Quran dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu di waktu kamu melakukannya. Tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah  di bumi ataupun di langit. Tidak ada yang lebih kecil dan tidak  yang lebih besar dari itu, melainkan  dalam kitab yang nyata . (QS 10:61)

Demi waktu. Sesungguhnya manusia dalam keadaan rugi. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih serta saling menasihati tentang kebenaran dan kesabaran (QS Al Ashr : 1-3)

Inilah sebagian dari ayat-ayat Al Quran  tentang waktu. Mudah-mudahan kita semua dapat termotivasi agar selalu mempergunakan waktu dengan baik.

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  • 91
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    91
    Shares
  • 91
    Shares


public speaking

7 Replies to “Al Quran Bicara tentang Waktu”

  1. Alhamdulillah,sangat bermanfaat …smg sy bersama keluarga dpt mempergunakan waktu dengan baik, dan berharapRidha Allah Subhananu wa ta’ala

  2. Terima kasih Pak Uztad atas Artikel waktu…….., Waktu berupakan variabel yg menakjubkan dan luar biasa. Dengan waktu kita dapat beramal sholeh, dengan waktu kita dapat berilmu, dengan waktu kita dapat beraktivitas di dunia menyongsong hari esok, dengan waktu kita dapat bersilaturrahmi. Manusia yg sukses (dunia-akhirat) karena memanfaatkan waktu, dll, dsb..
    Sebagai tambahan, bahwa kita punya 3 waktu: kemarin (yesterday)tidak akan kembali, hari ini (to day)harus kita manfaatkan secara optimal, besok (tomorrow), masih misteri. Hari ini (to day) kita menikmati semua nikmat yang Allah berikan pada kita akibat perbuatan-aktivitas-amal sholeh yg kemarin. Karena besok(hari, minggu depan, bulan depan, thn depan, 5 thn yad, 10, 50 thn yad dst)masih misteri, seharusnya hari ini (today)kita harus beramal sholeh, agar besok tsb kita dapat menikmati. Utk itu mari kita rancang hari ini utk hari esok (yg misteri) bisa lebih baik dari hari ini (today).
    Wass Wr Wb.
    Selamat beraktivitas, semoga kita hari ini lebih baik dari kemarin.

  3. “DAN BAGI KAMU ADA TEMPAT KEDIAMAN DI BUMI DAN KESENANGAN HIDUP SAMPAI WAKTU YANG DITENTUKAN.” AL BAQARAH 36.

    DARI AYAT ITU KITA MENGETAHUI BAHWA HIDUP DI BUMI ANUGERAH ALLAH ITU MENYENANGKAN. NAMUN KESENANGAN HIDUP ITU HANYA SAMPAI BATAS WAKTU YANG DITENTUKAN. DENGAN KATA LAIN, HIDUP BERSTATUS SEMENTARA DAN OLEH KARENA ITU ALLAH MENGHENDAKI AGAR KITA HIDUP DENGAN BERAZASKAN PADA AZAS “KESEMENTARAAN”. SUATU YANG SERBA SEMENTARA TENTU BEDA DENGAN SUATU YANG SERBA PERMANENT. SAYANG SEKALI, UMMAT ISLAM KINI TIDAK LAGI BERAWZASKAN PADA KESEMENTARAAN TAPI PADA (SEOLAH OLAH) KEABADIAN HIDUP DI DUNIA, SEHINGGA HAMPIR HAMPIR LUPA HAL IKHWAL KEAKHIRATAN. PADAHAL WAKTU BERJALAN DETIK DEMI DETIK DENGAN KECEPATAN MENAKJUBKAN, NAMUN KITA TIADA / KURANG MENYADARINYA. ORANG BARAT DI BARAT ADALAH CONTOH BAGAIMANA MEREKA MEMPERGUNAKAN WAKTU HIDUP DIDUNIA DENGAN MENEGUK DAN MEREGUK SEPUASPUASNYA KEDUNIAANNYA, SAMA SEKALI TIDAK TERPIKIRKAN HAL IKHWAL KEAKHIRATAN. INI PANTAS BAGI MEREKA KARENA KETIADAAN IMAN YANG BENAR BERAKIBATKAN KEHIDUPAN YANG SALAH LAGI KAPRAH. INILAH YANG PALING DIKAWATIRKAN OLEH ALLAH DAN RASULNYA. ORANG YANG LEBIH BERAT DUNIANYA KETIMBANG AKHIRATNYA DIANCAM DENGAN SIKSA YANG PEDIH PERIH. ORANG YANG LEBIH BERAT AKHIRAT NYA DIBERI ANGIN SURGA DENGAN SEGALA YANG SEDAP DAN NIKMAT.

    ALLAH MERAHASIKAN WAKTU KEMATIAN KITA – AGAR KITA MEMANFAATKAN SECARA MAXIMAL NILAI WAKTU HIDUP ITU DENGAN AMAL YANG BENAR DAN BAIK KESUDAHANNYA. ALLAH MERAHASIAKAN WAKTU KEMATIAN KITA, AGAR MASING MASING DIRI BERKATA KEPADA DIRINYA SENDIRI: “JANGAN JANGAN WAKTU KEHIDUPANKU HANYA SAMPAI SETAHUN INI SAJA”??? YA KALAU BEGITU, BAIKNYA AKU BERAMAL SHOLEH YANG BANYAK DAN YANG SERING AGAR BERUNTUNG DUNIA DAN AKHIRAT DLL SELANJUTNYA (LIHAT AL MUNAAFIQUUN.
    9-11).

    SINGKAT CERITA, KEMBALI KEPADA PERKATAAN RASUL ALLAH, BAHWA ORANG YANG PINTAR DALAM PENGELOLAAN NILAI NILAI HIDUP ITU ADALAH ORANG YANG MEMPERSIAPKAN DIRINYA UNTUK HIDUP SESUDAH MATI. DISAMPING TETAP MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK KELUARGA DAN KEDUNIAANNYA.

    WAHAI WAKTU, SEKIRANYA MANUSIA TAHU……

  4. Terima kasih Pak, atas tambahannya. Maaf, kalau bisa, gunakan hurug besar seperlunya saja. Awal kalimat, nama orang, tempat dll.

  5. SAYA KINI BERUSIA 64 TAHUN DAN BERUSAHA KERAS AGAR TIDAK USAH MEMAKAI “KACA MATA BACA”. ITULAH SEBABNYA SELALU MEMAKAI UPPER CASE BUKAN LOWER CASE SEPERTI YANG DIMINTAKAN. MOHON MAAF – MUDAH2AN BERKAT LATIHAN “HURUF BESAR” DIKIT DEMI DIKIT AKAN SEMPURNA PENGLIHATAN. DEMIKIAN PENYAMPAIAN SAYA AGAR MAKLUM ATAS KEKURANGAN SAYA.

  6. Assalamualaikum warahmatullahi wabarrakaatuuh……

    Alhamdulillus bagus sekali artikel nya pak Ustazd, jazakillah khoiron katsiiron

    Wassalam

  7. ralat…..maaf

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarrakaatuuh……

    Alhamdulilla, bagus sekali artikel nya pak Ustazd, jazakillah khoiron katsiiron

    Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published.