Barokah Sholat Khusyu

Barokah Sholat KhusyuOleh: K.H. Abdullah Gymnastiar

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman yaitu orang-orang yang khusyu dalam sholatnya (sholat khusyu) dan orang-orang yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tiada berguna” (QS Al Muminun : 1-3 ).

Rosulullah SAW bersabda : “Ilmu yang pertama kali diangkat dari muka bumi ialah kekhusyuan” (HR Tabrani ).

Nabi Muhammad SAW dalam sholatnya benar-benar dijadikan keindahan dan terjadi komunikasi yang penuh kerinduan dan keakraban dengan Allah. Ruku, sujudnya panjang, terutama ketika sholat sendiri (sholat sunnah) di malam hari, terkadang sampai kakinya bengkak tapi bukannya berlebihan, karena ingin memberikan yang terbaik sebagai rasa syukur terhadap Tuhannya. Sholatnya tepat pada waktunya dan yang paling penting, sholatnya itu teraflikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri-ciri orang-orang yang sholat khusyu:

  • Sangat menjaga waktunya, dia terpelihara dari perbuatan dan perkataan sia-sia apa lagi maksiat. Jadi orang-orang yang menyia-nyiakan waktu suka berbuat maksiat berarti sholatnya belum berkualitas atau belum khusyu.
  • Niatnya ikhlas, jarang kecewa terhadap pujian atau penghargaan, dipuji atau tidak dipuji, dicaci atau tidak dicaci sama saja.
  • Cinta kebersihan karena sebelum sholat, orang harus wudhu terlebih dahulu untuk mensucikan diri dari kotoran atau hadast.
  • Tertib dan disiplin, karena sholat sudah diatur waktunya.
  • Selalu tenag dan tuma`ninah, tuma`ninah merupakan kombinasi antara tenang dan konsentrasi.
  • Tawadhu dan rendah hati, tawadhu merupakan akhlaknya Rosulullah.
  • Tercegah dari perbuatan keji dan munkar, orang lain aman dari keburukan dan kejelekannya.

Jika kita merasa sholat kita sudah khusyu dan kita ingin menjaga dari keriaan yaitu dengan menambah pemahaman dan mengerti bacaan yang ada didalam sholat dan dalam beribadah jangan terhalang karena takut ria.

Inti dalam sholat khusyu yaitu akhlak menjadi baik, sebagaimana Rosulullah menerima perintah sholat dari Allah, agar menjadikan akhlak yang baik. Itulah ciri ibadah yang disukai Allah. ***

Anda ingin menambahkan ciri-ciri sholat khusyu? Silakan tulis di kotak komentar…

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
    1
    Share
  • 1
    Share


public speaking

31 Replies to “Barokah Sholat Khusyu”

  1. Subhanallah sungguh suatu pencerahan buat saya, Trims ya pak Ustad..

  2. Betul banget pak Ustad, kalau kita ingin lebih khusyu didalam shalat, yang kita harus lebih bisa menghayati bacaan, niat, dan gerakan shalat..

  3. Insyaallah pak Ustad, saya akan terus berusaha agar shalat saya menjadi khusyu…

  4. Memang sungguh luar biasa, apabila kita dapat melaksanakan shalat dengan khusyu, maka kita akan menjadi orang yang berakhlak baik.

  5. Mudah2an saya termasuk kedalam ciri2 orang yang shalatnya khusyu, Amiin…

  6. Mudah2an qt tetap istqomah djalannya…. Amin

  7. Terimakasih ats pesan dari bapak…..selama ini mencoba untuk khusu tetapi terasa sulit untuk benar2 khusuk….saya ingin bapak memaparkan cara mencapai kekhusukan dlm shalat dgn rinci,padat,singkat sehingga mudah di laksanakan….sekian dari saya…terimakasih….wassalam.

  8. Ikuti terus update artikel di blog ini…

  9. Terima kasih Ustadz; Subhanallah

  10. Subhanallah Ustadz, terimakasih atas tauziah dan pelajarannya yang terus mengalir via email saya, sungguh sangat berharga dan tidak ternilai untuk saya dan keluarga, amin

  11. Terima kasih ustadz, atas pelajaran yang tidak ternilai harganya ini

  12. terimah kasih sedalam-dalamnya atas artikel islami yg tidak ternilai harganya untuk kebaikan ummat islam semoga usaha bapak lebih banyak lagi orang indonesia mendalaminya. saya di dubai emirat arab minta apa pak ustad hub kami diemail kami sampai jumpa

  13. Maturnuwun ustad atas pencerahanya.

  14. Sangat sulit untuk khusuk pada waktu sholat, terutama pada saat sholat siang dhuhur dan ashar, soalnya sholat tapi pikiran gak bisa lepas dari pekerjaan.
    bagaimana kiat supaya bisa khusuk dalam sholat?
    Terima kasih

  15. Subhanallah,Makasih Ustad,Mudah2hn Bisa Jadi Pelajaran Buat Saya,.
    Sering2 Menulis Tentang Sholat,.Di Tunggu Artikel Barunya,.Wassalam

  16. Semoga menjadi pelajaran berharga bagi semuanya.

  17. Khusyu dalam artian mengerti dan paham apa yang sedang dikerjakan.Bahwa ia sedang berhadapan dengan Sang Pencipta Illahi Robbi. Sehingga terkesan, walaupun kita tdk melihatNya, yakinlah bahwa Dia melihat kita (ichsan). Tapi bukan seperti orang yang terbang mengawang meninggalkan duniawi tanpa peduli kiri dan kanan, buktinya Rasulullah saat sholat tetap membukakan pintu saat ada yang mengetuk (emergency/seperlunya)dan tetap dalam sikap sholat. Namun ia harus mengerti setiap ucapan sholat, terutama yang rukun. Sehingga pikiran enggak kemana-mana. Terpenting khusyu’nya meninggalkan bekas pada perilaku setelah sholat, tidak berkata yang mudarat, bohong, menjaga mata, telinga, tangan dan kaki dari hal-hal yang dilarang. Wallahu ‘alam. Semoga.

  18. Niatkan,penggunaan waktu shallat yang terutama,belajar dan bekerja yang utama,sisanya terserah anda asal bermakna.Fahami tujuan kita melakukan Shallat,sebelum tiba saatnya sekarat.Fahami makna setiap ayat,yang tersirat dari yang tersurat,baca pelan dan lambat,setiap rekaat,agar selamat dari fikiran sesat.Setelah shallat, lanjutkan terus shallat tanpa gerakan shallat,diwaktu berdiri,duduk,rukuk,atau berbaring tanpa rekaat,kecuali sedang buang hajat.Dengan demikian se moga kita menjadi manusia yang selalu taat dan bermartabat,tidak bejat,sampai sekarat menjemput kita ke akherat.

  19. Subhanallah….. Kenikmatan sholat merupakan kenikmatan yang tiada tara. itulah salah satu barokah dari sholat khusu’. Ya Allah berilah diriku kesempatan untuk dapat menikmati sholat khusu’ selamanya.

  20. assalamualaikum wr wb.
    sy merasakan nikmatnya sholat dg khusyuk, sayang di masjid/mushola sekitar sy imamnya maaf ngebut. lalu sy tanda tanya sendiri. baik mana sy sholat berjamaah or sendiri?
    wass Candra

  21. Dalam buku Pedoman Shalat (Prof. Dr. TM Hashbi Shidieq), kasus serupa dibahas dengan kesimpulan “Tidak dibenarkan meninggalkan shalat berjamaah dengan alasan ingin shalat lebih khusyu”. SOLUSI: Jika kita ingin berlama-lama dalam shalat, dengan jenis bacaan dan speed yang kita atur sendiri, ingin shalat menyendiri baik di rumah maupun di alam terbuka (tepi telaga, laut, hutan dsb) maka lakukanlah itu hanya untuk shalat-shalat sunnah saja. Solusi lainnya, pilih masjid yang bacaan imamnya tidak ngebut.

  22. saya ingin salat saya lebih khusu’ bagaimana caranya dan kuncinya agar sholat semakin khusu’ dan tawadduk kepada Allah Swt.

  23. INI BARU MENYEJUKKAN JIEWA. MENGUKUR SHALAT KHUSYUK ITU GAMPANG , YANG BAIK AKHLAKNYA ITULAH YANG KHUSUK SHALATNYA BUKAN YANG MENGATAKAN SHLATKU SUDAH KHUSYUK.

  24. Assalamualaikum.wr.wb.
    Setelah saya amati masalah sholat khusuk, menurut pendapat saya orang yang bisa sholat khusuk adalah orang yang dapat menyerap energi/cahaya Allah sehingga tingkah lakunya/ahlaknya bisa mendekati/menyesuaikan dengan sifat-sifat Allah.
    Makanya sholat merupakan kunci dari semua ibadah, karena melalui sholat cahaya Allah masuk kedalam hati dan dari hati inilah kunci semua persoalan ibadah.
    Ini pendapat saya pribadi, bukan dari dalil atau kata ustasz karena saya suka baca buku dan saya coba simpulkan demikian dan bila tidak benar kesimpulan ini mohon dimaafkan.
    Wassalam
    Fauzan

  25. Memang lebih tepat, jika mendekati Allah diartikan dengan mendekati sifat-sifatNya

  26. Pak Ustadz, bagaimana caranya mempertahankan kenikmatan shalat khusyu, yg pernah sesekali merasakan enaknya, tp hal itu tdk pernah datang lg, apa ada yg salah…trims wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published.