Ceramah Idul Fitri Menjelang Shalat Id

Ceramah Idul Fitri ini biasanya disampaikan oleh pengurus DKM menjelang pelaksanaan shalat Id. Ceramah Idul Fitri adalah ceramah resmi, tidak seperti ceramah Ramadhan (Kultum Ramadhan) yang dapat disisipi dengan ice breaker.

* * *

Jamaah shalat Ied yang berbahagia
Setelah sebulan penuh kita sama-sama mengerjakan ibadah puasa dan berbagai macam ibadah lainnya untuk mendekatkan diri kepada Allah, maka di hari yang fitri ini, mari kita panjatkan doa: “Taqobalallohu minna wa minkum. Ja’alanalloh wa iyyakum minal aidin wal faizin … Amin ya robbal alamin”
Semoga Allah berkenan menerima seluruh  amal ibadah kita, dan semoga kita semua menjadi orang-orang yang kembali suci karena mendapatkan ampunan. Dan menjadi orang-orang yang memperoleh kemenangan karena mendapatkan ridho-Nya.

Tak lupa, saya atas nama pribadi memohon maaf lahir dan batin jika sekiranya ada kesalahan yang pernah saya lakukan kepada para jamaah sekalian. Sebaliknya, insya_allah, saya telah memaafkan jika ada jamaah yang mungkin telah berbuat kesalahan kepada saya. Mari kita sambut hari kemenangan ini dengan hati yang bersih, dengan saling memaafkan di antara kita.

Demikian juga saya sebagai ketua / pengurus DKM Masjid Nurul Huda, atas nama seluruh jajaran pengurus dengan segala kerendahan hati memohon ridho dan maklum dari para jamaah sekalian jika selama ini kami belum dapat memberikan pelayanan yang memuaskan. Karena itu, saran dan kritik membangun senantiasa kami harapkan. Juga tak henti-hentinya kami memohon dukungan dari jamaah sekalian demi kemajuan masjid kita tercinta ini di segala bidang.

Allohu akbar, Allohu akbar, Allohu akbar wa lillahilhamd

Jamaah shalat Ied yang berbahagia
Dengan berakhirnya bulan Ramadhan yang merupakan bulan pelatihan, memasuki bulan Syawal, mari kita sama-sama berusaha keras agar “semangat memakmurkan masjid” yang pernah kita miliki selama Ramadhan, akan tetap terawat baik sampai sebelas bulan berikutnya. Mari kita makmurkan masjid dengan selalu shalat berjamaah lima waktu di masjid kita, karena shalat berjamaah lebih baik 27 derajat, sebagaimana disebut dalam hadits Bukhari Muslim.

Jamaah shalat Ied yang berbahagia
arti minal aidin wal faizinTerima kasih kami sampaikan kepada hadirin sekalian yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menerima dan menyalurkan zakat – infaq – shadaqahnya. Semoga amal ibadah Bapak, Ibu dan saudara-saudara sekalian diterima oleh Alloh SWT.

Perlu diinformasikan bahwa tahun ini alhamdulillah kami menerima zakat fitrah berupa uang dengan total nominal Rp …, dan dalam bentuk beras dengan total berat  … Kg. Alhamdulillah telah kami salurkan kepada yang berhak menerimanya. Adapun total penerimaan zakat mal adalah Rp … dengan penyaluran sebagai berikut … (jelaskan).

Untuk laporan keuangan lainnya yang berupa infaq dan shadaqah: Saldo awal : Rp … Pengeluaran : Rp … untuk… sehingga saldo saat ini sebesar : Rp …

Sekali lagi,  semoga amal ibadah Bapak, Ibu dan saudara-saudara sekalian diterima oleh Alloh SWT dan mendapatkan balasan yang berlipat ganda. Jazakumullah khoiran katsiro.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan. Akhirul kalam:
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433. Taqobalallohu minna wa minkum.  Ja’alanalloh wa iyyakum minal aidin wal faizin. Amin ya robbal alamin. Billahi taufiq wal hidayah  Wasalamu alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

* * *

Share teks Ceramah Idul Fitri Menjelang Shalat Id ini ke sahabat anda…

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

One thought on “Ceramah Idul Fitri Menjelang Shalat Id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>