5 Tingkatan Hidayah Allah bagi Manusia

ceramah islami kultum ramadhanKultum Ramadhan / ceramah Islami yang disampaikan KH Entang Hafiduddin di Masjid Raya Taman Yasmin membahas 5 (lima) macam hidayah Allah.

1. Hidayah Ilham (Insting)
Sebuah kemampuan tanpa melalui proses belajar, yang langsung diilhamkan oleh Allah kepada manusia dan binatang. Contoh bayi yang baru lahir diberi insting untuk menangis apabila lapar dan buang hajat. Demikian juga anak ayam yang baru lahir, dia bisa membedakan mana makanan dan yang tidak dapat dimakannya meskipun tidak diajari oleh induknya.

2. Hidayah Hawas (Indra)
Hidayah ini juga diberikan kepada manusia dan hewan. Yang diberikan kepada hewan adakalanya jauh lebih dahsyat ketimbang yang diberikan kepada manusia. Contoh, belalang yang menggerek bisa didengar oleh sahabatnya dalam jarak 2 km. Sedangkan jarak dengar manusia hanya beberapa meter saja.

Contoh lain, burung elang punya kemampuan melihat lebih baik ketimbang manusia. Dari jarak yang cukup jauh di angkasa, elang dapat mengenali mangsanya dengan baik. Elang juga dengan sigap dapat menangkap tikus, sementara manusia tidak sanggung menangkapnya tanpa bantuan alat.

3. Hidayah Aqal (Pikiran)
Akal hanya diberikan kepada manusia. Hewan hanya mendapat hidayah ilham dan indra saja. Hidayah akal berfungsi untuk membedakan mana yang benar dan salah. Baik buruk, atau bahaya dan aman. Hidayah akal sangat baik untuk meluruskan hidayah hawas (indra). Misalnya, menurut mata (hidayah hawas/indra), pena yang dicelup ke dalam air kelihatan bengkok. Nah, akal akan meluruskan bahwa sebenarnya tidak bengkok, tapi karena proses pembiasan saja.

4. Hidayah Din (Agama)
Hidayah diniyah berupa petunjuk-petunjuk agama dalam kitab suci. Setiap ummat manusia akan mendapatkan petunjuk atau kitab sucinya melalui nabinya masing-masing yang berlaku pada zamannya.

5. Hidayah Taufiq (Puncak Hidayah)
Setiap manusia bisa mendapatkan hidayah akal dan hidayah agama dengan cara belajar. Tapi tidak setiap manusia mendapatkan hidayah taufiq meskipun dengan belajar. Buktinya, banyak yang sudah tahu tentang petunjuk-petunjuk yang benar, tapi tetap saja tidak mau beriman dan melaksanakan petunjuk yang benar itu.

Hidayah ini dapat diupayakan dengan belajar, berusaha dan berdoa kepada Allah. Semoga kita semua diberi hidayah taufiq oleh Allah sang Maha Memberi Petunjuk.

Keyword: ceramah Islami kultum Ramadhan tentang hidayah

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  • 72
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    72
    Shares
  • 72
    Shares


public speaking

5 Replies to “5 Tingkatan Hidayah Allah bagi Manusia”

  1. Artikelnya ok, harapan semoga kita beserta keturunan kita semua tetap mendapat hidayah taufiq dari Allah, amin ya rabbal’alamin

  2. Trims utk ustd atas ilmunya.
    Smoga kita termasuk manusia yg dikehendaki ALLOH utk mdptkan taufik.

  3. Aamiin. Terima kasih telah berkunjung

  4. jadi dapet ilmu baru
    terimakasih ilmunya

Leave a Reply

Your email address will not be published.