17 thoughts on “Baca Al Quran Tentang Fenomena Dahsyatnya Bisnis MLM!

  1. Iman

    Wah subhanallah… memang Allah Maha Adil dan Pemurah. Jika kita mampu mengajak 10 orang ke arah kebaikan maka pahala 10 orang tersebut kita terima juga tanpa dikurangi sedikit pun? Mantap bener! Jadi nggak ada kata rugi ya ustadz dalam berdakwah :)

    Reply
  2. Panen mutiara kehidupan

    Thanks Ustadz atas sharing ilmu al qu’ran tsb. Kita sering membacanya, namun jarang mempraktekkannya. Semoga semakin banyak rekan pembaca yg tergugah utk saling menasehati setelah baca artikel ini.

    Sukses dunia akhirat,

    Davit

    Reply
  3. Mukhlis

    Memang benar, apabila kita mau membaca al quran dan belajar al quran pasti kita mengetahui hukum bisnis mlm yang sebenarnya, dan akhirnya saya menemukan keajaiban al quran tentang bisnis mlm dari Pak Ustadz ini. Saya sangat berterima kasih sekali atas kiriman artikel ini, sungguh sangat bermanfaat dan sekarang saya tahu cara berdakwah menurut al quran.

    Reply
  4. Artikel Pengalaman

    Mutiara hikmah yang bagus nih Pak Ustadz, karena sekarang ini banyak sekali bisnis mlm yang tidak jauh dari penipuan. Semoga saja orang yang baca al quran tentang fenomena dahsyatnya bisnis MLM ini, bisa memahami hukum bisnis mlm.

    Reply
  5. Rizaludin

    Cara berdakwah yang bagus Pak Ustadz, ijin copas!

    Reply
  6. ello

    hati-hati memakai ayat suci alquran untuk sebuah pembenaran yg belum tentu benarnya……
    dalam memfatwakan suatu masalah hendaknya alat yg digunakan memadai untuk dipaparkan….
    Wallahu alam bissawab….

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Setuju. An Nisa:85 sejalan dengan hadits “Barangsiapa merintis jalan kebaikan dalam Islam, berarti dia memperoleh pahala (sendiri) dan pahala orang-orang yang mengikuti jalan kebaikan tersebut dengan tiada mengurangi pahala mereka sedikitpun” (HR Muslim).

      Reply
    2. Burhanudin Yusuf

      maaf mas ello kalo aku ngomong kasar…

      mas ello saudara islam saya apa bukan?? apa hanya utusan dajjal?

      subhanallah…

      klo di pikir2.. MLM itu ternyata merupakan ajaran dajjal yang menyalahgunakan panutan Al-qur’an itu lho teman..

      contoh negara yang kena korban:

      yaitu negara Amerika… menurut pandangan para ahli ekonomi di dunia, hal yang membuat rusaknya sistem perekonomian orang Amerika dikarenakan adanya sifat hedonism… yang membuat ajaran MLM ini di anut oleh bangsa Amerika

      Subhanallah

      Reply
  7. ello

    maaf ustadz, anda berpredikat ustadz….
    analogi anda terlalu naif untuk dipaparkan sebagai landasan hukum….

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Ini haditsnya, mas: “Barangsiapa merintis jalan kebaikan dalam Islam, berarti dia memperoleh pahala (sendiri) dan pahala orang-orang yang mengikuti jalan kebaikan tersebut dengan tiada mengurangi pahala mereka sedikitpun” (HR Muslim).

      Karena itu, insya_allah yang saya paparkan bukan analogi yang tidak berdasar.

      Reply
  8. ello

    memang dengan mengganti kata ‘jalan kebaikan’ dengan ‘bisnis MLM’ lalu kata ‘pahala’ diganti dengan ‘keuntungan’ maka jadilah hadits ini cocok dan memadai untuk dijadikan rujukan….
    sejauh manakah pemahaman dan pengetahuan anda ustadz, tentang ‘jalan kebaikan’??? apakah orientasi materi yang dibungkus dengan aksesori agama yang anda maksud???

    Reply
  9. ello

    ini masalah muamalah ustadz…, dalam islam soal jual beli diatur scr rinci, ada kaidah fiqih yang mengaturnya dengan gamblang…., pasti ustadz faham… jangan mengecoh cara berfikir umat yang awam….

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Coba anda baca lagi artikel di atas, mungkin anda kurang memahami isinya. Isi artikel ini tidak melegalisasi bisnis MLM dengan ayat atau hadits. Saya hanya mengatakan bahwa SISTEM bisnis MLM mirip dengan An Nisa 85.

      Selanjutnya, yang saya tekankan dalam artikel ini adalah agar kita semua ikut menjalankan dakwah. Dengan kulseti, kultum, kulkas, buletin, stiker, spanduk dll (baca alinea terakhir).

      Anda telah menuduh saya dengan kata-kata “Mengecoh cara berfikir umat”. Audzubillah. Menurut saya, artkel tersebut bebas dari yang anda tuduhkan. Saran saya, dalam berdiskusi sebaiknya tidak disertai dengan lontaran tuduhan. Sebab jika tuduhan anda tidak terbukti, ini akan membahayakan anda sendiri.

      Rasanya saya sudah cukup memberikan tanggapan terhadap apa yang anda risaukan. Jika anda tidak sependapat, itu hak anda. Mohon maaf, sampai di sini saja… tidak baik jika diperpanjang.

      Reply
  10. teja

    dalam MLM yg saya heran kenapa yg posisi atas walau pasif tetap terima bonus komisi dari hasil kerja keras yg bawah. harusnya siapa yg jualan banyak entah posisi atas atau bawah dia yg dapat hasilnya, itu baru fair dalam berdagang.kalo mau bantu orang kok harga produknya mencekik dan duitnya buat foya2, membantu harusnya dengan suburkan zakat dan sedekah. kalo amal ibadah seperti pengajian, shalat berjamaah, saling nasihat dalam kebaikan saya setuju sesuai ayat Al Quran dan Al Hadist pahala akan mengalir terus selama kebaikan itu terus menyebar, ini bisnis akhirat,abadi, ALLAH SWT yg mengganjar diakhirat kelak. kalo bisnis MLM dan sebagainya cuma urusan dunia yg batasnya cuma sampai ajal.

    Reply
  11. mujaidi

    Assalamu alaikum Wr. Wb,

    Saya setuju dengan beruraian Ustadz,….
    Paparan Ayat dan Hadist Nabi tersebut untuk memotivasi kita agar kita bersegera untuk berbuat baik dan berupaya segera menjadi pionir dalam mengajak dan membuat jalan baru bagi kegaikan.

    Reply
  12. Pingback: Besarnya Ampunan dan Rahmat Alloh Subhanahu Wa ta’ala | Yayasan Masjid Raya Taman YasminYayasan Masjid Raya Taman Yasmin