Tafakur di Jarak 100 Juta Tahun Cahaya

Tafakur kebesaran AllahSesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang berfikir” (QS Ali Imron).

Salah satu cara untuk meyakini, memahami dan merasakan kebesaran Allah adalah dengan bertafakur tentang besarnya alam semesta. Untuk melihat besarnya alam semesta, yuk kita naik ke atas hingga jarak 100 juta tahun cahaya!

Tafakur Kebesaran Allah

Untuk mendapat hasil maksimal dari tafakur ini, bacalah artikel menarik ini dengan perlahan-lahan. Pahami dan hayati setiap nilai, istilah dan besaran dengan seksama. Baiklah, kita mulai yah…

100 juta tahun cahaya
Adalah jarak yang sangat jauh. Kecepatan cahaya 300.000 Km per detik. Dalam satu tahun ada 365 hari, dan dalam sehari ada 24 jam, dalam 1 jam ada 3600 detik. Karena itu, 100 juta tahun cahaya adalah jarak yang sama dengan: 100.000.000 x 365 x 24 x 3600 x 300.000 Km atau sama dengan 9.460.800.000.000.000.000.000 Km… Subhanallah.

Tata surya
Adalah sebuah gugus yang terdiri atas bintang (matahari) beserta planet-planet yang mengitarinya.

Galaksi
Adalah sebuah gugus yang terdiri atas ratusan milyard tata surya. Galaksi yang kita tempati bernama Bima Sakti, diameternya 80.000 tahun cahaya

Cluster Galaksi
Adalah sebuah gugus yang terdiri atas ratusan milyard galaksi. Subhanallah, inilah bukti kebesaran Allah.

Naik Setinggi 100 Juta Tahun Cahaya
Selanjutnya, mari kita mengadakan perjalanan ruang angkasa. Anggaplah saat ini anda sedang berdua dengan sahabat anda di tengah lapangan terbuka. Dengan kendaraan canggih, anda naik ke atas dan mengamati pemandangan yang ada di bawahnya.

Saat anda naik sampai ketinggian 10 M, wajah teman anda masih jelas terlihat. Setelah 100M tubuh teman anda terlihat kecil. Setelah anda sampai ketinggian 1000 M, teman anda sudah tidak terlihat. Yang anda lihat adalah kota tempat tinggal anda.

Saat ketinggian 100.000 M, anda melihat pulau.
Saat ketinggian 10.000.000 M, anda melihat bulatnya bumi.
Ketinggian 1 Milyard M, bumi terlihat kecil

Ketinggian 100 Milyard M, terlihat tata surya (matahari + planet2nya)
Ketinggian 1000 Triliun M, terlihat kumpulan tata surya
Ketinggian 1 tahun cahaya, kumpulan tata surya terlihat kecil dan banyak

Ketinggian 100.000 tahun cahaya, terlihat galaksi Bima Sakti
Ketinggian 1 juta tahun cahaya, terlihat galaksi-galaksi lain
Ketinggian 100 juta tahun cahaya, terlihat cluster galaksi!

Subhanallah betapa besarnya alam semesta ini. Sampai di sini perjalanan dihentikan karena sudah tidak kuat lagi mengarungi luasnya alam semesta. Inilah tanda-tanda kebesaran Allah.

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat video simulasi perjalanan mengarungi kebesaran Allah. Maka sungguh ironis jika Sang Maha Besar memanggil kita melalui adzan, namun kita tidak bergegas mendatanginya untuk shalat berjamaah di masjid.

Semoga video tafakur kebesaran Allah ini menambah keimanan kita. Artikel menarik lanjutan yang perlu di baca, klik: shalat berjamaah (Solusi Mengatasi Krisis Minat Shalat Berjamaah).

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
    1
    Share
  • 1
    Share


public speaking

5 Replies to “Tafakur di Jarak 100 Juta Tahun Cahaya”

  1. Pengetahuan ini kadang mengganggu , menggoda keimanan. Begitu keciilnya kita, bagai debu tak berarti…. mungkinkah Allah yang MAHA BESAR.. akankah mengurusi kamiii. Astaghfirullah,… Astaghfirullah. Allahumma yaa munqalibul quluub, tsabith qalbi “alaa diinni”

  2. Aamiin. Terima kasih Pak Sumarwan HS telah berkunjung ke blog saya. Kapan bisa mampir lagi ke tempat saya, di Daarut Tauhid Bogor?

  3. “dalam sehari ada 3600 detik” –> dalam 1 jam mungkin maksud Ustadz 🙂

  4. Oya, mbetul. Terima kasih telah memberikan koreksi.

  5. Subhanallah mahasuci Allah
    AllahuAkbar Allah maha besar
    Kalo kita makluk sekecil ini sehina ini apa bisa kita banggakan…aaahhh astagfirllah ampuni aku atas kecongkaanku kesombonganku kebodohanku….hanya Engkau yg berkenan sombong memang Engkau Maha besar…….

Leave a Reply

Your email address will not be published.