Ayat Ayat Al Quran Tentang Sholat

category: tentang sholat

Tentang sholat dalam Al Quran sholat berjamaah di masjidDan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’ (QS 2:43)

Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (QS 2:45)

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS 2:153)

Jika kamu dalam keadaan takut, maka sholatlah sambil berjalan atau berkendaraan. Kemudian apabila kamu telah aman, maka sebutlah Allah, sebagaimana Allah telah mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui. (QS 2:239)

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak  mereka bersedih hati. (QS 2:227)

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu sholat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan (QS 4:43)

Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka  lalu kamu hendak mendirikan sholat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka sujud, maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu  dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum sholat, lalu sholatlah mereka denganmu, dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. (QS 4:102)

Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka . Dan apabila mereka berdiri untuk sholat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali . (QS 4:142)

Ya Tuhanku, jadikanlah  aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah do’aku. (QS 14:40)

Maka datanglah sesudah mereka, pengganti  yang menyia-nyiakan sholat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan, (QS 19:59)

Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah sholat untuk mengingat Aku. (QS 20:14)

Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan sholat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezki kepadamu, Kamilah  yang memberi  rezki kepadamu. (QS 20:132)

Dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat  Allah   adalah lebih besar (QS 29:45)

Hai anakku, dirikanlah sholat dan suruhlah mengerjakan yang baik dan cegahlah dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk  hal-hal yang diwajibkan . (QS 31:17)

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli . Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan sholat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (QS 62:9-10)

dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan sholat (QS 70:21-22)

Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari sholatnya (QS 107:4)

Demikianlah ayat-ayat Al Quran tentang sholat yang harus kita pahami.

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

12 thoughts on “Ayat Ayat Al Quran Tentang Sholat

  1. ALI MASYKUR

    Terima kasih ustadz, yang selalu memotivasi untuk meningkatkan ibadah pembaca. Semoga Allah selalu memberi jalan yang di Ridloi pada kita semua. Amin

    Reply
  2. syamsul bahri

    Minimal 5 kali sehari semalam kita berikrar dan 17 kali minta diberi petunjuk, Insya Allah dengan sholat kita akan lebih dekat dengan Allah dan sekaligus menjadi orang yang menang di dunia dan akhirat.

    Reply
  3. m.moenir

    Asslkm.Ww. Tks Ustadz, selalu diingatkan agar lebih mantab Iman,Islam dan Ikhsan dlm melaksanakan ibadah.Amien Ya Robb.Ww.

    Reply
    1. m.moenir

      Terima kasih Ustadz semoga Alloh memasukkan kita ke golongan orang yang ringan dalam melaksanakan ibadah.Amien Ya Robb.

      Reply
  4. Zuhri Muntiara

    Assalamu’alaikum wr wb. Terima kasih ustadz, yang selalu mengingatkan untuk meningkatkan ibadah kami. Semoga Allah selalu memberi jalan yang di Ridloi pada kita semua. Amin ya Robbal ‘alamien.

    Reply
  5. Pingback: Lima Jalan Penting Menuju Husnul Khatimah | Yayasan Masjid Raya Taman YasminYayasan Masjid Raya Taman Yasmin