Selamat Idul Fitri
arti minal aidin wal faizin
jadwal training

Ebook islam, shalat sempurna, cara sholat nabi, sholat berjamaah di masjid, sholat khusyu, web islam, jadwal waktu sholat, artikel islami, makna bacaan dan doa solat

"Amal pertama yang di-
hisab dari seorang hamba di hari kiamat adalah shalat. Dan barangsiapa yang baik shalatnya, maka baik pula segala amalan yang lain, dan barangsiapa yang rusak (ditolak) shalatnya, maka rusak (ditolak) pula segala amalan lainnya”
(HR Thabrani)

KLIK DI SINI

Stiker Motivasi Islam Shalat Berjamaah

Ready Stock…
Buku baru bagus, Klik di Sini!
Jadwal Shalat Indonesia
Jadwal Waktu Shalat Kota Kota Besar di Indonesia. Jadwal Shalat Hari Ini : KLIK DI SINI
Pelatihan & Seminar

Info Pelatihan

PESAN SEKARANG!
Buku baru bagus, Klik di Sini!
contoh presentasi, download ceramah, public speaking skill, contoh ceramah, ceramah maulid nabi muhammad saw, membuat presentasi, cara presentasi, ceramah singkat, download presentasi, presentasi yang baik, teknik presentasi, bahan presentasi, naskah ceramah, materi presentasi, presentasi menarik, permainan ice breaker, presentasi sukses

Mutiara Quran : Quraish Shihab tentang Ulul Albab

Prof. Dr. Quraish Shihab membeberkan mutiara Quran tentang ulul albab yang terdapat dalam surat Ali Imran 190-191. Simak mutiara Quran ini semoga kita semua termasuk dalam golongan ulul albab.

Mutiara Quran Ali imran 190-191Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi ulul albab (orang-orang yang berakal), (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS Ali Imran 190 – 191)

Tentang Ulul Albab | Mutiara Quran
Yang dinamakan ulul albab adalah orang-orang yang:

  • Terus mengingat Allah dengan ucapan atau hati, di dalam semua situasi dan kondisi.
  • Memikirkan tentang penciptaan dan sistem alam semesta
  • Berkata sebagai kesimpulan:

Allah tidak menciptakan alam raya ini dengan sia-sia tanpa tujuan yang hak. Apa yang kami alami, atau dengar dari keburukan atau kekurangan, Maha Suci Engkau dari semua itu. Itu adalah ulah atau dosa dan kekurangan kami yang dapat menjerumuskan kami kedalam siksa neraka, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Trilogi Shalat Sempurna
Jadikan Shalat Lebih Mantap, Lebih
Agung & Lebih Nikmat. Raihlah…

Presentasi Menarik
Rahasia Presentasi Sukses-Menarik
Teknik & Bumbu Ceramah

Yes Bisnis!
Rahasia Bisnis Online Pemula
Mudah – Cepat – Murah

Pesona Jendela Rahasia
Bacaan Wajib yg Ingin Terpesona
dan Tambah Jendela Wawasan!

Terlihat bahwa objek dzikir adalah Allah SWT, sedang objek fikir adalah makhluk Allah berupa fenomena alam semesta. Pengenalan kepada Allah lebih banyak dilakukan oleh kalbu. Sedangkan pengenalan alam raya didasarkan pada penggunaan alam, yakni berpikir. Akal memiliki kebebasan seluas-luasnya untuk memikirkan fenomena alam, tetapi ia memiliki keterbatasan dalam memikirkan Dzat Allah. Hal ini dapat dipahami dari yang diriwayatkan oleh Abu Nu’aim melalui Ibnu Abbas: “Berpikirlah tentang makhluk Allah dan jangan berpikir tentang Allah“.

Manusia yang membaca lembaran alam raya niscaya akan mendapatkan Allah sebelum manusia mengenal peradaban mereka yang menempuh jalan ini telah menemukan kekuatan itu (Allah Swt). Walau nama yang disandangkan untuknya bermacam-macam seperti; Penggerak Pertama, Yang Maha Mutlak, Pencipta Alam, Kehendak Mutlak, Yang Maha Kuasa, dan sebagainya. Bahkan seandainya mata tidak mampu membaca lembaran alam raya, maka mata hati dan cahayanya akan menemukannya karena memandang atau mengenal Tuhan ada dalam jangakauan kemampuan manusia melalui lubuk hatinya. | Sumber bacaan mutiara Quran tentang ulul albab : www.lembagastudiislam.blogspot.com dengan kata kunci mutiara quran dan mutiara hikmah quraish shihab tentang ulul albab

***
Demikianlah mutiara Quran yang perlu kita pahami dan amalkan. Semoga kita termasuk orang-orang yang disebut dengan ulul albab.

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M
Ebook Gratis Tentang Bacaan ShalatEbook Gratis! Bumbu, Rahasia Presentasi MenarikLayanan Gratis! 7 Days Mutiara Penyejuk HatiEbook Gratis! Rahasia Bisnis Online Informasi Training

10 Responses to “Mutiara Quran : Quraish Shihab tentang Ulul Albab”

  • Memang sudah seharusnya kita selaku Hamba Allah SWT tidak berpikir dalam urusan Allah SWT tapi berpikir dalam urusan dir sendiri ataupun Makhluk Allah yang lain, dengan saling mengingatkan satu sama lainnya.

  • achmad amin:

    1.Kita memang hrs bs mengingat ALLAH dlm situasi apapun baik duduk,berdiri,bergerak ataupun tidur.masalahnya gmana prakteknya spy kita bs berdzikir/mengingat kpd ALLAH dlm situasi tsb? Lebih2 waktu tidur? 2.ALLAH menciptakan segala sesuatu di dunia ini slalu berpasangan, ada pria ada wanita, ada baik ada. Buruk, ada syurga ada neraka.begitu pula dgn ilmu, ada ilmu fil aqli ada ilmu fil qolbi.dlm kalimat “Berpikirlah tentang makhluk Allah dan jangan berpikir tentang Allah“. Seakan kita tdk boleh mengenal ALLAH. Trus gmana kita bs menyembah ALLAH kalo kita tak mengenalnya? Bukankah awal agama adalah mengenal ALLAH?

    • Akhmad Tefur:

      Yang dimaksud adalah : tidak boleh memikirkan tentang dzat Allah (rupa, bentuk, warna dll). Yang boleh dipikirkan adalah sifat-sifatNya.

  • Moch. Choiri:

    Subhanalloh, Allohu Akbar dengan melihat beras begitu saja kita sudah bisa memikir bagaimana Alloh menciptakan dari satu butir menjadi beberapa butir, bisa menggerakkan manusia bisa bekerja, bisa membuat orang menciptakan mesin penggilingan dll, yang tak mungkin kita tulis disini karena begitu besarnya kekuasaan Alloh SWT.

  • zainal Arifin:

    Alhamdulillah , bagus sekali menurut saya sangat padat dan berisi.
    Wasallam

  • Pram:

    Cuplikan diatas ”
    “Yang dinamakan ulul albab adalah orang-orang yang:

    1. Terus mengingat Allah dengan ucapan atau hati, di dalam semua situasi dan kondisi.

    Comment saya : Mengingat Allah dengan cara MENGUCAPKAN asmaNya baik lisan atau dalam hati adalah hal yanbg sia-sia. Allah tidak perlu dipuji2 dengan anda berulang-ulang mengucapkan asmanya – sekali lagi : tidak berguna !
    Seharusnya para Ustadz memulai untuk memuat tulisan2 tentang pengenalan mengenai ASMA-AF’AL-SIFAT-DZAT. Dengan demikian umat akan mulai belajar mengenal siapa dirinya dan “reflector” sifat2 Allah yang ada pada dirinya (manusia). Dengan demikian, umat akan mulai mengenal dirinya (Manarofa nafsahu faqad arofa robbahu). Baru setelah ini pasti umat akan tau bagaimana cara MENGINGAT ALLAH dengan benar,..

    2. Memikirkan tentang penciptaan dan sistem alam semesta.

    Comment saya : Penciptaan yang sempurna ini tidak perlu lagi dipikirkan terus menerus,.. jika kita yakin bahwa ciptaan Allah sempurna adanya, maka kita bagian dari penciptaan itu harus bertanya pada dirinya sendiri : Apakah saya sudah MENYEMPURNAKAN ke-manusiaan saya..?? –> berguna buat orang lain : istri/suami, anak, orang tua, tetangga, dst,.. hingga kita ini benar2 menjadi manusia bagian dari alam semesta yang sempurna ini,..

  • Assalaamu `alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh. Saran saya setiap kita mau membaca Al Quran apalagi mendiskusikannya sebaiknya membaca ta`awudz (A`uudzubillaahi minasy syaithoonir rajiim) agar pemahaman-pemahaman kita tidak ditunggangi oleh lidah syetan yang menyesatkan yang ujung-ujungnya membuat kita ingkar pada Allah. Harapan kita dengan mengkaji Al Quran ayat demi ayat akan membuat kita semakin taqwa dan kagum pada Allah, bukan sebaliknya semakin ingkar dan sombong. Subhaanallah, betapa indahnya tatkala kita menyaksikan matahari tenggelam di seberang laut, disusul mega merah dan sayup-sayup suara azan yang memanggil kita untuk menyembah Sang Maha Pencipta. Mega merah perlahan-lahan menghilang, malam semakin gelap, bintang-bintang bertaburan, sayup-sayup terdengar lagi suara azan yang memanggil kita untuk menyembah lagi Sang Maha Pencipta. Tiba waktunya untuk beristirahat, suasana gelap membuat kita tidur terlelap. Pada 2/3 malam, di saat-saat sebagian besar kita tidur terlelap, terbangunlah hamba-hamba Allah yang saleh untuk bertahajjud, berdzikir, berdoa, bermunajat, berharap-harap cemas sampai tertidur lagi, dan terbangun lagi saat terdengar ayam jantan berkokok, saling bersahutan. Tibalah fajar menyingsing, dan terdengar lagi suara azan yang memanggil kita untuk menunaikan shalat shubuh. Subhaanallah, dari ufuk timur, terbitlah matahari, hijaunya dedaunan terlihat lagi, melati yang memutih, mawar yang memerah, kuningnya daun yang berguguran terlihat lagi. Kita mulai beraktivitas lagi, bekerja, mencari nafkah, atau menuntut ilmu di bangku sekolah. Hamba Allah yang saleh memulainya dengan penuh tawakal dan tak lupa membaca Bismillaahi tawakkaltu 1alallaah. Laa haula wa laa quwwata illaa billaah. Subhaanallah, dikala kita sibuk bekerja atau menuntut ilmu, ada sebagian hamba Allah yang saleh menunaikan shalat dhuha, mengungkapkan rasa syukur atas kenikmatan yang Allah berikan di hari itu, dan hari-hari sebelumnya, memanjatkan doa dan harapan untuk mendapatkan rizki yang halal, dengan cara yang halal. Hari semakin panas, terlebih ketika matahari tepat di atas kepala kita. Lambat laun panas mereda, dan sayup-sayup terdengarlah suara azan yang memanggil kita untuk menunaikan shalat dzuhur. Alhamdulillah, betapa segarnya tatkala mulut kita, hidung kita, wajah kita, tangan kita, kepala kita, telinga kita, kaki kita terbasuh oleh air wudhu, sehingga meskipun cuaca sangat panas, tidak menghalangi kita untuk menunaikan shalat dzuhur. Hamba-hamba Allah yang saleh menggunakan momen itu untuk lebih banyak berdzikir mengekspresikan rasa syukur, dan istighfar atas kekhilafan yang baru mereka jalani sengaja atau tidak sengaja. Akhirnya bayang-bayang tubuh kita lebih panjang daripada panjang aslinya. Sayup-sayup terdengar lagi suara azan yang memanggil kita untuk menunaikan shalat `asar. Pekerjaan hari ini telah selesai, hamba-hamba Allah yang saleh tak lupa bersyukur merasakan nikmatnya dzikir hamdalah. Inilah sebenarnya makna dan implementasi kedua ayat tersebut di atas. Billaahit taufiq wal hidaayah, Wassalaamu `alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

  • Wa `alaikumus salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
    Terimakasih. Alhamdulillah. Jazaakumullah khairan katsiiraa.
    Terimakasih ya Allah Kau telah mengutus Jibril untuk menyampaikan wahyuMu (Al Quraanul Kariim) pada Rasulullah Muhammad shallallaahu `alaihi wa sallam, selama 23 tahun (610 M-632M)
    Terimakasih ya Allah atas terjaganya Al Quran,
    Tolonglah hamba ya Allah untuk dapat memahaminya, mengingatnya dan menjadikan pegangan hidup hamba, dalam setiap helaan nafas hamba, selamanya
    Terimakasih ya Jibril kau telah menjalankan tugasmu dengan baik
    Terimakasih ya Rasuulullah kau telah menghimpunnya dengan baik, kau telah menyampaikannya dengan baik,
    Aku bangga Al Quran sebagai mukjizatmu
    Yang bisa disaksikan sepanjang masa,
    Yang murni sepanjang masa, tak bisa dipalsukan, karena Kau telah menjaganya Ya Allah,
    Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah,

  • RIE:

    MANUSIA DALAM KERUGIAN KECUALI ORANG BERIMAN DAN BERAMAL SHOLEH

> 82.000 FANS
Halaman FB Resmi ShalatSempurna.com
Ebook Primer

Ebook islam, sholat sempurna, cara sholat nabi, sholat berjamaah di masjid, sholat khusyu, web islam, jadwal waktu sholat, artikel islami, makna bacaan dan doa solat

bisnis online, toko online, bisnis online gratis, internet bisnis online, peluang bisnis online, sukses bisnis online, rahasia bisnis online, trik-trik bisnis online, cara bisnis online, kiat bisnis online, tips bisnis online

contoh presentasi, download ceramah, public speaking skill, contoh ceramah, ceramah maulid nabi muhammad saw, membuat presentasi, cara presentasi, ceramah singkat, download presentasi, presentasi yang baik, teknik presentasi, bahan presentasi, naskah ceramah, materi presentasi, presentasi menarik, permainan ice breaker, presentasi sukses

Services

Mutiara sempurna, penyejuk hati, mutiara hikmah, kata hikmah, obat hati, artikel islam, motivasi islam, kuliah online, ketenangan jiwa, ilmu, bisnis online, dakwah

stiker motor, jual stiker, stiker mobil, cara membuat stiker, desain stiker, gambar stiker, harga stiker, contoh stiker, stiker print, bikin stiker, cetak stiker, stiker laptop, stiker murah, bahan stiker, grosir stiker, modifikasi stiker, stiker keren, sticker

Jasa Pembuatan Web dan Blog

GRATIS !

Ebook Gratis! Memahami Bacaan Shalat

Ebook Gratis! Bumbu Presentasi

Ebook Gratis! Rahasia Bisnis Online

Layanan Gratis! Mutiara Penyejuk Hati

Buletin Dakwah Islam Jumat

Informasi dan Produk Bermutu