public speaking

Proposal Training Shalat Sempurna

TRAINING SHALAT SEMPURNA

Kepada:
Pengurus DKM, Organisasi, Instansi, Perusahaan, Sekolah, Kampus, dll

Semoga Bapak/Ibu senantiasa dalam lindungan Allah. Shalawat dan salam atas Nabi Muhammad, uswah terbaik. Semoga kita selalu dapat memetik teladan darinya. Aamiin.

Agar dapat meneladaninya dengan baik, kami Tim IMTRA memberikan kesempatan terselenggaranya Training Shalat Sempurna di tempat Bapak/Ibu dengan deskripsi sebagai berikut:

I. Nama Training
TRAINING SHALAT SEMPURNA
(Shalat Nabi + Shalat Jamaah + Shalat Khusyu)

II. Motto
Menuju shalat khusyu dengan cara shalat Nabi dan berjamaah untuk kebahagiaan dunia akhirat

III. Latar Belakang
Menyempurnakan shalat merupakan perintah Nabi, sesuai hadits :

“Lurus dan rapatkan shaf kalian, karena lurus dan rapatnya shaf adalah bagian dari *sempurnanya shalat*” (HR Bukhari, Muslim).

IV. Urgensi“Amal pertama yang dihisab dari seorang hamba di hari kiamat adalah shalat. Dan barangsiapa yang baik (diterima) shalatnya, maka baik (diterima) pula segala amalan yang lain, dan barangsiapa yang rusak (ditolak) shalatnya, maka rusak (ditolak) pula segala amalan lainnya” (HR Thabrani).“Sesungguhnya yang memakmurkan masjid-masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir.” (At Taubah 18).

Inilah mengapa Training Shalat Sempurna sangat URGENT untuk segera diselenggarakan.

V. Tujuan Training
Agar umat Islam dapat melaksanakan shalat secara benar sesuai dengan shalat Nabi, dan termotivasi untuk selalu memakmurkan masjid dengan shalat berjamaah, serta dapat menikmati shalat lebih baik dengan belajar shalat khusyu.

VI. Materi Training
Materi-1 : Praktek Shalat Nabi
“Shalatlah sebagaimana engkau melihat aku (Nabi) shalat!” (HR Bukhari, Muslim, Ahmad).

Pernahkah melihat shalatnya Nabi, yaitu dengan melihat hadits shahih tentang cara berdirinya Nabi dalam shalat? Hadits shahih tentang mengangkat tangan saat takbiratul ihram? Hadits shahih tentang posisi dan arah telapak tangan saat takbiratul ihram …. Dan seterusnya hingga salam?

Jika jawabannya: “Belum pernah” maka besar kemungkinan tata cara shalatnya masih belum pas seperti yang Nabi contohkan. Harus dikalibrasi (dicocokkan) dengan cara shalatnya Nabi, yaitu dengan melihat hadits-hadits shahih tentang shalat mulai dari berdiri, takbiratul ihram hingga salam.

Jika saudara-saudara di lingkungan kita shalatnya belum pernah dikalibrasi dengan benar, maka mengadakan training ini adalah kewajiban yang mesti mendapat prioritas.

Materi-2 : Membangun Kebiasaan Shalat Jamaah
Membahas urgensi dan fadilah shalat berjamaah di masjid. Juga menghadirkan tips-tips penting untuk optimasi dan cara jitu agar istiqomah shalat berjamaah. Menghadiri training ini insya Allah dapat menggondol energi motivasi untuk selalu shalat berjamaah 5 waktu di masjid.

Jika masih banyak warga sekitar kita yang belum termotivasi shalat 5 waktu berjamaah, training ini insya Allah menjadi solusi yang pas.

Materi-3 : Praktek Shalat Khusyu
Sesi ini adalah praktek menikmati shalat khusyu. Berlatih menikmati seluruh gerakan shalat, praktek menikmati bacaan shalat dan usaha-usaha lain untuk meraih shalat khusyu sesuai cara yang disebutkan dalam Al Quran dan hadits Nabi.

Insya Allah, dengan latihan-latihan ini saudara-saudara kita dapat menikmati shalat dengan lebih baik. Shalat menjadi lebih bermakna. Shalat menjadi lebih indah dan tidak lagi menjadi beban yang menjemukan.

Trilogi Shalat Sempurna
Shalat Nabi + Shalat Jamaah + Shalat Khusyu, adalah 3 hal yang tidak dapat dipisahkan. Inilah trilogi yang akan dibahas dan dipraktekkan dalam Training Shalat Sempurna ini.

VII. Peserta
Training ini perlu diikuti oleh seluruh kaum muslimin dan muslimat dari segala umur. Jumlah peserta tidak terbatas, sesuai kapasitas tempat. Peserta ikhwan dan akhwat bersebelahan dengan hijab pembatas.

VIII. Durasi & Agenda
Durasi Training Shalat Sempurna 3,5 jam dengan agenda:
08:00 – 08:07 Pembukaan
08:07 – 09:15 Shalat Jamaah
09:15 – 09:30 Coffee Break
09:30 – 10:30 Shalat Nabi
10:30 – 11:30 Shalat Khuysu

Pelaksanakan training ini memerlukan LCD Projector, layar dan mic wireless/jepit yang disediakan oleh panitia penyelenggara.

IX. Tim Pemateri
Training Shalat Sempurna dipandu langsung oleh Ust. Akhmad Tefur dari IMTRA Training Center, penulis “Trilogi Menuju Shalat Sempurna” yang sudah membawakan materi training ini ke berbagai tempat di 11 propinsi Indonesia. Jika memungkinkan, trainer akan didampingi oleh 2 asisten. Profil lengkap trainer dapat dilihat di www.akhmadtefur.com/about

Akhmad Tefur bersama IMTRA dan Tim Shalat Sempurna .com telah memberikan banyak training, seminar / kajian di 12 propinsi, antara lain di:

Kampus / Sekolah:

training shalat khusyu
Training di Universitas Brawijawa Malang bersama Akhmad Tefur

Univ. Brawijaya, Univ. Widya Gama, Univ. YAI, UNJ, UNY, Univ. Ibu Khaldun, Univ. Pancasakti, Al Kausar Boarding School Insan Cendekia, SMAKBO, SMA 12 Jkt, SMA 3 Karawang, Sekolah Sibghah Akhlak Quran Bekasi, SMP Nurul Amal Sukabumi, SMA PGRI 3 Pekalongan, Pesantren Arraudhatul Hasanah & Namira School Medan, dll.

Perusahaan / Instansi :
PT Telkom Bogor, Pertamina Gas Jkt, PT Wika, PT GMF Aero Asia (Garuda), BASF, Eonchemicals, Bukopin, Indofood, PT Jembo Cable, Kementrian Tenaga Kerja, Kopassus Bogor, Bhumi Marinir Gunung Sari Surabaya, SEAMEO Biotrop, Daarut Tauhid, MQ Travel, Wanita Angkatan Udara (Wara) Halim Perdana Kusuma, Pemda Dumai, Bumireksa Halmahera, dll.

Masjid / Musholla
Masjid Agung Sunda Kelapa, Masjid Alatief, Masjid Agung Bogor, Masjid Raya Bogor, Masjid Raya Taman Yasmin, Masjid Agung Kuningan, Masjid Al Bayan Pekanbaru, Masjid Agung Al Makmur Banda Aceh, Masjid Agung Sintang, Masjid Agung Sanggau, dll.

Public 
Gedung NU Banjaran, Gedung Muhammadiyah Slawi, Hotel Borobudur, Hotel Puri Asri, GOR H. Asy’ari Magelang, Wisma Milenia Building Jkt, dll.

X. Teknis
Untuk menyelenggarakan Training Shalat Sempurna, silakan ajukan waktunya terlebih dahulu dengan menghubungi 0897 332 9 332 (WA/HP) atau ke tim yang menyampaikan proposal ini.

Saat hari pelaksanaan, pihak panitia menjemput Tim IMTRA ke lokasi training dan mengantarkannya kembali pulang. Untuk luar Jabodetabek agar menyediakan tiket pesawat dan akomodasinya.

Tidak ada biaya tertentu yang harus dibayarkan oleh panitia kepada Tim IMTRA. Jika ingin memberi infaq, silakan tentukan sendiri seikhlasnya.

Demikian proposal ini kami ajukan, semoga dapat bermanfaat untuk saudara-saudara kita seiman. Selanjutnya kami menunggu kabar dari Bapak/Ibu. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalam,
Tim Penggiat Shalat Sempurna

Download proposal ini dalam pdf (untuk diprint) silakan klik di sini

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
public speaking