Jajak Pendapat tentang Presentasi Sukses dan Presentasi Menarik

presentasi sukses - presentasi menarikPresentasi atau public speaking adalah menyampaikan sesuatu di depan umum. Ada perbedaan serius antara presentasi sukses dan presentasi menarik. Apa itu?  Menurut saya, presentasi sukses belum tentu menarik.  Presentasi menarik belum tentu sukses!

Contoh nyata, jika sidang sarjana anda mendapatkan nilai A. Itu artinya presentasi skripsi anda sukses luar biasa! :) Semua dosen penguji puas dengan isi dan pemaparan / presentasi anda. Anda pasti menguasai bahan presentasi dengan sangat baik.

Tapi saya yakin… presentasi skripsi anda itu bukan presentasi menarik! Mungkin bobot isinya bagus, tapi cara penyampaiannya dapat dipastikan kaku dan datar. Tidak ada ice breaker, tidak ada pembukaan memikat, tidak ada humor presentasi, tidak ada bumbu presentasi lainnya yang membuat presentasi anda menarik. Inilah contoh presentasi sukses yang tidak menarik.

Sebaliknya…

Banyak ditemukan presentasi penuh lelucon yang menarik tapi gagal mengemban misi utamanya. Tidak berbobot dan daya hunjamnya amat lemah. Itulah presentasi menarik yang tidak sukses…

Sahabat pembaca AkhmadTefur.com…
Untuk keperluan riset, IMTRA Training Center mengadakan jajak pendapat tentang public speaker yang meliputi: pembicara, penceramah, presenter, da’i, ustadz, ahli pidato, pemateri seminar, trainer dll yang menjadi favorit anda.

Begini pertanyaannya:

  1. Siapakah public speaker yang menurut anda mampu membawakan presentasi sukses dan menarik? Sebutkan dua orang!
  2. Apa alasan anda memilih orang pertama?
  3. Apa alasan anda memilih orang kedua?
  4. Bagaimana komentar anda (apa saja) tentang presentasi?

Contoh jawaban:

  1. Fulan dan Fulanah
  2. Fulan : Pesannya jelas, well prepared, banyak humornya
  3. Fulanah : dapat mengatur waktu dengan baik, suka membawakan cerita menarik, dan suka bikin kejutan
  4. Memang ada orang yang presentasinya bagus. Saya bisa menjadi lebih jelas jika dia ngomong. Sayangnya, pembawaannya datar-datar saja. Alangkah baiknya kalau dia mau menambahkan bumbu-bumbu presentasi.

Catatan

  • Orang pertama yang anda sebut sebaiknya tokoh nasional
  • Orang kedua bisa siapa saja, termasuk kawan anda sendiri

Selain itu, saya ingin memberikan informasi berharga buat anda, klik:

Inspirasi presentasi sukses dan presentasi menarik

Ebook Rahasia Presentasi Sukses dan Teknik Presentasi Menarik

Mohon tulis pendapat anda di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih atas kesediaan anda. :) :)

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

23 thoughts on “Jajak Pendapat tentang Presentasi Sukses dan Presentasi Menarik

  1. Uci

    Jawaban saya

    1. Mario Teguh, Kang Zen el-fuad

    2. Mario Teguh : Dia seorang trainer yang handal, dapat memikat orang agar dapat fokus ke dia.
    3. Zen el-fuad : Selain dia teman saya, saya kagum dan bangga sama dia karena dialah yang telah mengajarkan saya tentang menjadi trainer yang handal.

    4. komentar saya tentang presentasi itu orang yang membawakan harus mempunyai nilai kepercayaan diri yang tinggi, suara jelas dan lantang agar orang dapat memahami, menggunkan bahasa yang dapat di mengerti, dan lebih utama lagi berwawasan luas.

    Reply
  2. Abu Rofi

    1. KH Zaenuddin MZ dan Ary Ginanjar
    2. KH Zaenuddin MZ menggunakan bahasa sederhana, sangat mudah dimengerti dan dapat membuat orang tertawa.
    3. Ary Ginanjar sebaliknya, dapat membuat orang menangis.
    4. Mampu membuat orang tertawa atau menangis adalah kriteria penting dalam presentasi menarik.

    Reply
  3. Ahmad Dahlan

    1. AA gym dan Aris Ahmad Jaya

    2. AA Gym : Dia seorang da’i, wawasan tentang ilmu agama cukup luas, kalem orangnya, jika ceramah dapat di mengerti oleh para peserta.

    3. Aris Ahmad Jaya : Dia seorang trainer yang sangat dahsyat, dapat menyampaikan pembahasan dengan baik, mudah di cerna, humoris, dan memiliki jiwa motivasi yang sangat tinggi.

    4. Mudah dimengerti pembahasannya, humoris, memiliki jiwa motivasi yang tinggi, dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

    Reply
  4. Evi Selvia

    1. Aa Gym : bahasanya mudah dimengerti, penuh humor tp tdk berlebihan jd gak bosan mendengarnya, banyak membahas soal fakta kehidupan sehari hari shg lbh mudah untuk memotivasi diri dan mengamalkannya.

    2. Zainuddin MZ : sama dengan Aa Gym

    2. Mario Teguh : walaupun bahasanya kadang hrs benar2 dicerna namun krn kepiawaiannya, keluasan wawasannya, ketegasannya dan selera humornya yg tinggi membuat para peserta sll menantikan tips2 untuk memotivasi diri.

    Reply
  5. Abdurohman

    1. Ustadz Jefri Al-Bukhari dan Kang Arif

    2. Ustadz Jefri Al-Bukhari : Mudah bergaul dengan kalangan tua maupun muda, menyampaikan materi jelas, singkat, padat, suaranya cukup bagus.

    3. Kang Arif : Seorang ustadz muda yang memiliki ilmu agama yang cukup banyak, ia pengajar ilmu tafsir Al-Qura’an dan menjelaskan tafsiran Al-Quran cukup dimengerti dan mudah dipahami.

    4. Mudah dipahami bahasa pembahasannya, mudah dimengerti isi pembahasannya, menarik penyampaiannya, memiliki kepercayaan diri, tidak pemalu.

    Reply
  6. Ahmad Syarif

    1. Ustadz Danu dan H. Rhoma Irama

    2. Ustadz Danu : Sikapnya tenang dalam menyampaikan materi, berwawasan luas, mudah dipahami jawaban2nya dalam forum tanya jawab.

    3. H. Rhoma Irama : selain terkenal, beliau juga seorang pendakwah yang melalui lagu2 atau syair2nya untuk berdakwah di jalan Allah.

    4. Temanya harus menarik, cara menyampaikannya enak dapat dimengerti, ada humor dan gamenya agar tidak jenuh dan nada bicaranya tidak kasar.

    Reply
  7. Sitti Rahmah Umniyati

    1. Ustadz Danu. Bahasanya sederhana,mudah dipahami,dialog interaktifnya menarik, penuh humor,tetapi membawa pesan yang jelas dan bermanfaat.
    2.Mama Dedeh. Well prepared, sangat menguasai materi,pesannya jelas, tidak banyak basa basi,namun pandai mengimbangi banyolan-banyolan Abdel.

    Reply
  8. nasri

    1. KH. Zainuddin MZ dan Tgk. Yusri Puteh
    2. KH. Zainuddin MZ : Jelas, bahasa mudah dipahami dan cerita mengalir secara bersambung, banyak humornya.
    3. Tgk. Yusri Puteh : Jelas, mampu membawa kita seolah-olah kita sebagai pelakunya, humor-humor segar sesuai dengan perkembangan zaman.
    4. Presentasi harus dapat disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens kita, bahasa yang jelas, tegas, lantang dan berani menyuarakan kebenaran walaupun pahit, tidak suka menghina orang lain dalam penyampaian dan tidak suka membenarkan dirinya yang paling benar.

    Reply
  9. hartono

    1. Ustadz Ihsan Tanjung dan Aa’ Gym
    2. Ustadz Ihsan Tanjung: materi yang dibawakan selalu menarik dan up to date dengan perkembangan jaman (berita saat ini), bahasanya mudah dimengerti, arah dan topik pembicaraan sangat terstruktur, suaranya berwibawa
    3. Aa’ Gym: bahasanya ringan, selalu diselingi dengan humor, topiknya ringan namun penyampaian ke jamaah sangat “mengena”
    4. presenter (pembawa presentasi) harus mengetahui terlebih dahulu, siapa para hadirin/pendengar yang akan mengikuti presentasinya agar tidak salah arah; materi yang dibawakan harus menarik perhatian pendengar; bahasanya mudah dimengerti; intonasi suara harus tegas, keras dan tidak membuat ngantuk.

    Reply
  10. wasikin

    1. KH. Zainuddin MZ dan Mario Teguh
    2. KH. Zainuddin MZ : Jelas, bahasa mudah dipahami dan cerita mengalir secara bersambung, ada humornya humornya.
    3. Mario Teguh : Mampu meyakinkan kita tentang masalah-masalah yang kita hadapi
    4. Presentasi harus dapat disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens kita, bahasa yang jelas, tegas, lantang dan berani menyuarakan kebenaran walaupun pahit, tidak suka menghina orang lain dalam penyampaian dan tidak suka membenarkan dirinya yang paling benar.

    Reply
  11. Sari

    KH.Arifin Ilham dan Ust.A. Hebni syarif
    1.KH.Arifin Ilham>>>berkepribadian santun,sopan,tenang…
    2.tdk suka cari sensasi,tdk suka di sorot.teduh selalu mengganti kata saya itu dengan ‘arifin’merkyat sekali,tdk sombong…
    3.Ust.A.Hebni Syarif>>>ini ust saya waktu d ponpes,pembawaannya teduh sekali,materi yang di bawakan selalu membuat orang tersenyum bahkan tertawa bacaan Al-qur’annya subhanallah….tulisan kaligrafinya begitu indah…
    4.Sikap dan kehidupan seseorang harus di barengi dengan apa yang disampaikan atau dikatakan kepada orang lain,itu yang terpenting

    Reply
  12. mhermanto

    menurut saya pak ustad:
    1. KH. Zainuddin MZ, selalu dalam bahasa yang jelas dan terbuka, penuh dengan humoris (tidak membosankan)
    2. Ustadz Jefri Al-Bukhari, figur yang patut diacungi jempol, ceramah disertai dengan perjalanan hidup yang nyata(dari dirinya sendiri) dan penengar/penonton selalu dibuat berpikir dan berusaha merubah sikap dan tingka-laku.

    Reply
  13. mulyadi

    Menurut saya :
    1. KH. Zainuddin MZ, selalu menggunakan bahasa yang bisa dimengerti semua kalangan, penjelasannya bisa dan gampang dicerna/diterima.
    2. AA Gym, Gaya penyampaiannya dengan menggunakan singkatan ( misal: 5K, 4D) membuat inti ceramahnya mudah dicerna, juga dalam lafal do’anya sangat menyentuh.

    Reply
  14. akbar

    menurut kami ustadz :
    1.Mario Teguh dan Ustadz Aa Gym
    2.Mario Teguh, selalu mengajak orang berinteraksi dengan membalikkan pertanyaan yang diajukan, berusaha menjadi pendengar yang baik, intonasi dan bahasa yang mudah dimengerti oleh audiens serta diselingi dengan humor yang menarik.
    3.Bahasa yang santun dan mudah dicerna oleh semua kalangan, dan tidak berusaha menyanjung diri sendiri.
    4. Presentasi harus menguasai materi yang akan dibawakan, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dengah intonasi yang tepat, artikulasi dan bahasa tubuh yang baik, dimulai dengan sebuah pertanyaan atau sebuah permainan untuk menarik perhatian audiens, diselingi dengan humor, dan menutupnya dengan permintaan maaf jika ada kata atau kalimat yang menyinggung perasaan audiens.

    Reply
  15. safrodin

    insya Allah ini ustadz :
    1.Muhammad Anis Matta dan Abdullah Gimnastiar
    2.Muhammad Anis Matta,bahasa yg disampaikan sederhana,mudah dimengerti dan maknanya sangat dalam,memotivasi begitu kuat mengajak kita untuk melakukan sebuah perubahan dlm diri kita (yg mendengar/membaca tulisannya)subhanallah luar biasa ! dan inspiratif.Allahu Akhbar !

    Reply
  16. Puputan Bayu Dewangga

    1. Nabi besar kita Baginda Rasul Muhammad SAW & DR. Aidh Al-Qarni.
    2. “boleh jadi tahun ini adalah tahun terakhir perjumpaan kita yang kita tidak mungkin berjumpa lagi untuk selama-lamanya”. Awal khutbah terakhir Rasulullah adalah kalimat yang demikian, Pernyataan tersebut membuat khutbah (persentasi) menarik. Dan suksesnya ketika Rasulullah SAW khutbah (persentasi) di Padang Arafah serta di waktu yang sama, Rasulullah Muhammad SAW menyatakan bahwa ada dua warisan yang ditinggalkan yaitu Al-Quran & Al-Hadist. Terbukti, setiap muslim yang bertaqwa pasti memegang apa yang disampaikan beliau. Demikian menandakan, Baginda Rasulullah SAW mampu membuat persentasi (khutbah) menarik dan sukses luar biasa.
    3. beliau adalah Ulama yang mengesankan. orangnya yang sangat serius, bersungguh-sungguh dalam berdakwah. Mempunyai sorot mata tajam dan hidung mancung dengan raut muka khas bangsa arab. Kesan yang mendalam adalah kesan wibawa dan kesungguhan beliau dalam bertutur kata mendakwahi semua yang ada di sekitarnya. Sorot mata yang tajam dan kesan serius terasa sangat mendalam. Bisa dikatakan, Beliau mampu menjadikan persentasi (khutbah) menjadi sukses sebab apa yang disampaikan sesuai dengan realita kehidupan dan karena kewibawaan yang beliau miliki. Namun di sisi lain Karya DR. Aidh al-Qarni yang berjudul “Laa Tahzan” di terjemahkan dengan “Dont be Sad” atau “Jangan Bersedih”, laris manis bak kacang goreng di pasar pembaca buku Islam Indonesia. Buku tersebut bahkan diterbitkan oleh puluhan penerbit dan umumnya mencapai angka penjualan yang fantastik. Hampir di setiap sampul buku tersebut, tercantum logo “best seller” yang menandakan buku itu memang termasuk golongan buku yang amat disukai pasar beberapa tahun silam. Hal inilah yang membuat khutbah (persentasi) Beliau menarik. Sudah tentu Beliau banyak di tunggu oleh para penggemarnya untuk memberikan tausyiah (persentasinya) secara langsung.
    4. Top markotop lah pokoknya untuk Baginda Rasul dan DR. Aidh Al-Qarniyang di berikan kemampuan yang luar biasa oleh Allah SWT dalam menyampaikan persentasinya.

    Reply
  17. munandir sakur

    jawaban saya :

    1. Mario Teguh, Jaya suprana

    2. mama Dedeh

    3. – Mario Teguh : adalah manusia inisator pertama yang dapat memberikan pandangan dan motivasi untuk segala lapisan masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri, dia melebihi motivator lain, seperti Robert……,Ari…..dan Z…..Z.
    – Jaya Suprana : walaupun dalam memberikan makalah tidak menggunakan fasilitas presentasi sebagaimana yang lain, namun masyarakat lebih mengherti materi apa yang disampaikan yang diselingi dengan guyonan-guyonannya yang khas.
    – mama Dedeh ; Figur wanita ini masuk dalam kalangan publik sepuluh tahun terakhir ini namun dalam penyampainnya dapat diterima oleh priya maupun wanita, sehingga layak untuk diberikan acungan jempol, terutama banjolan dan ketawanya yang khas, selamat untuk mama Dedeh.

    Reply
  18. abdul

    1.Aa’ Gym : sebelum ceramah selalu mengingatkan kita kepada Allah SWT, bahasanya ringan mudah dimengerti, kadang diselingi humor tp tdk berlebihan, sering membahas masalah kehidupan kita sehari hari dan memberikan solusinya..do’a2nya benar2 menyentuh hati kita..
    2.Ippho Santosa (penulis buku 7 keajaiban rezeki/pakar otak kanan)
    Bahasa dan nada/irama dalam memberikan presentasi nya membuat kita tertantang..Banyak memberikan motivasi agar kita menjadi manusia yang punya kelebihan..kadang diselingi humor sehingga kita tidak bosan..isi presentasinya sejalan dengan agama islam & al qur’an..

    Reply
  19. abdul

    tambahan
    Presentasi/Ceramah harus terlebih dahulu mengusai materinya,dan mengetahui siapa para hadirin yang akan mengikuti presentasi/ceramahnya materi yang dibawakan harus menarik perhatian hadirin, bahasanya mudah dimengerti, intonasi suara harus tegas, keras sehingga tidak membuat ngantuk,kalau bisa diselingi humor2 ringan tapi tidak melenceng dari materi..

    Reply
  20. Ida Salsabila

    Jawaban :

    1. Aburizal Bakrie dan Ary Ginanjar

    2. Aburizal Bakrie :Bahasa bagus,pesannya jelas penuh dengan kiat sukses dan selalu dibumbui dengan Humor.

    3.Ary Ginanjar : Pesan religi mengena,bahasa sederhana mudah difahami dan mampu membangkitkan motivasi positif kepada masyarakat.

    4.Presentasi yang baik yang mudah difahami, bahasanya sederhana dan tidak bertele-tele, harus DIBUMBUI HUMOR agar tidak jadi mengantuk.

    Reply
  21. aKhiD

    1. Ary Ginanjar Agustian dan Ippho Santosa
    2. Ary Ginanjar Agustian merupakan seorang tokoh yang telah mengajarkan kepada kita semua untuk bisa meyakini akan kebenaran Al-quran dan Khadist dengan pembuktian-pembuktiaan yang sangat mudah untuk dimengerti..
    3. Ippho Santosa dengan ilmu yang dimilikinya mampu membukakan hati kita akan pentingnya peduli terhadap sesama… bahasanya sangat mudah difahami..
    4. presentasi yang beik tentunya bisa membawa audien bisa larut dalam topik yang disampaikan…

    Reply
  22. nieni

    1.bong chandra dan fauz noor
    2.bong chandra, pesannya dapat di pahami, beliau sangat menginspirasi saya dan banyak kejutan di ceritanya, menarik !!
    3.fauz noor, beliau mengajarkan saya kepasrahan kepada pemilik dunia ini, keadilan, dan banyak nilai-nilai positive yang beliau ajarkan.
    4.presentasi di buat menarik untuk menyampaikan pesan kepada audience tentu juga tidak menyalahi aturan yang ada.
    trim’s

    Reply
  23. Ahmad Syadzali

    1. Alm. Noor Cholis Madjid
    Cak Noor tak tertandingi dalam menyampaikan ide-ide dan pemikirannya, selalu ada ungkapan2 menarik, inovatif dan kreatif, seperti istilah Gus Dur adalah cucu dari kakeknya dan anak dari bapaknya, lugas tapi dalam.
    2. Ahmad Tefur
    Salut dengan penguasaan materi yang detail dan luas, penyampaiannya efisien dan efektif……bravo….Dad!!!

    Reply