300 Amalan yang Terus Mengalir Pahalanya

300 amalan yang pahalanya terus mengalirTadi malam saya memberikan tausiyah singkat di sebuah rumah duka. Saya memulainya dengan melontarkan pertanyaan: “Bapak Ibu yang saya hormati… ada berapa amalan yang pahalanya terus mengalir?”. Sebagian kecil hadirin menjawab “tiga”. Yang lain beku, rupanya enggan menjawab pertanyaan mudah ini. 🙂

Untuk memancing semua hadirin buka mulut, saya melanjutkan pertanyaan dengan full power.

“Baik, jadi amalan yang pahalanya terus mengalir ada tiii…….?
“Gaaa……” Kali ini seluruh hadirn kompak menjawabnya. Ini yang disebut dengan simple ice breaker, cara paling mudah untuk memecah kebekuan.

Tapi saya segera menimpalinya dengan mengatakan:
Tiiigaaa raaatuuus….!!!

Hah…! Semua hadirin kaget mendengarnya…. Ada juga yang bingung bin bengong. Bahkan ada yang berteriak “Kok tiga ratus!?”

Kemudian saya perkuat dengan penegasan repetisi.
“Amalan yang pahalanya terus mengalir ada tiga ratus…, bukan hanya tiga, Bu…”
“Amalan yang pahalanya terus mengalir bukan hanya tiga…, tapi tiga ratus, Pak…. Bahkan lebih!”

Hadirin semakin bengong…

“Sekarang mari kita hitung .. yang pertama adalah shadaqah jariyah, yang kedua….?” Saya pancing pertanyaan agar suasana tausiyah lebih hidup.

“Ilmu yang bermanfaat” Jawab hadirin.
“Yang ketiga…?” Saya bertanya lagi.
“Anak shaleh yang mendoakan” Hadirin meneruskan.
“Yang keempat…?” Saya diam sejenak untuk membuat tausiyah makin diminati.
Seperti dugaan saya, tak seorangpun dapat menjawabnya. Anda juga? He he …
Semua trik di atas memang sengaja saya lakukan untuk menciptakan presentasi menarik. 🙂

Terbukti: sampai di sini seluruh hadirin pasang telinga, tak ada yang ngobrol dewek-dewek. Sangat antusias mengikuti tausiyah yang bikin penasaran itu.

Lanjut ya, cerita tausiyahnya…

“Yang keempat sampai ketiga ratus, ini berdasarkan sebuah hadits Nabi yang berbunyi: Ketika seorang hamba sedang sakit atau bepergian, maka baginya ditulis seperti amal yang dikerjakannya ketika dia mukim dan sehat (HR Bukhari).

Jadi seandainya kita setiap hari baca Al Quran, kemudian kita sakit sehingga tidak bisa membacanya, maka pahala baca Al Quran akan terus kita dapatkan.
Demikian juga jika kita rutin puasa sunnah, puasa Senin Kamis, puasa mutih (ayyamul bidh tgl 13, 14, 15 bulan Hijriah), shalat berjamaah di masjid, dll. Jika kita sakit, baik sebentar atau sakit yang bertahun-tahun, maka pahala amalan-amalan tersebut akan terus mengalir walaupun kita tidak mengerjakannya.

Termasuk jika kita setiap hari pergi dengan membaca doa Bismillahi tawakkaltu alallah laa haulaa walaa quwwata illa billaahil aliyil adhiim. Lalu kita sakit dan tidak bisa bepergian dengan doa harian tersebut, maka pahala amal itupun akan tetap mengalir walaupun kita tidak mengerjakannya.

Nah, baru apabila seseorang meninggal maka terputuslah seluruh amalnya yang 297 itu, sisanya tinggal tiga hal yaitu: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakan. Sesuai hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Muslim.

Hadirin yang berbahagia, tentu kita sering melihat orang-orang yang sakit berkepanjangan. Sakit bertahun-tahun, bahkan berpuluh-puluh tahun. Betapa ruginya mereka jika semasa sehatnya tidak memiliki amal-amal rutin. Bagaimana jika hal ini menimpa diri kita sendiri?”

Oleh karena itu, mari kita perbanyak amalan-amalan rutin. Karena pahalanya terus mengalir walaupun kita tidak mengerjakannya karena sakit atau safar.” ***

Bagi yang masih sehat, jangan lupa share Blog Artikel Islami ini secara rutin yah… 🙂

Rekomendasi : Ebook Rahasia Presentasi Sukses dan Teknik Presentasi Menarik

113 thoughts on “300 Amalan yang Terus Mengalir Pahalanya”

  1. Wah Bisa aja Pak Ustadz, awalnya saya juga tercengang ketika membaca, tapi kemudian saya baru memahami jika amalan kita selama masih hidup itu bisa mencapai 300 amalan, akan tetapi amalan yang di bawa sampai mati hanya 3 seperti yang Pak Ustadz bilang, Terima kasih atas Kiriman artikelnya..

  2. Subhanallah, ternyata ada juga pahala dan amalan yang terus mengalir seperti yang disebutkan diatas. Terima kasih atas kiriman artikelnya pak, semoga saya bisa memperbanyak amalan amalan rutin setiap hari karena Alloh. Aamiin.

  3. Mungkin kini Saatnya kita perbanyak amalan agar hidup kita lebih berarti, entah itu amalan baca al quran, puasa sunnah, puasa senin kamis, puasa mutih, shalat berjamaah di masjid, dll. Yang penting amalan yang bermanfaat, ya meskipun hanya tiga amalan yang pahalanya mengalir terus sampai mati nantinya, seperti shodaqoh, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang selalu mendoakan orang tuanya. Kalau memang bisa sampai 300 kenapa cuman 3 yang dilakukan, betulkan Pak Ustadz.??

  4. 🙂 ada2 aja ustdz ini,
    kalau puasa mutih itu yg bgmana Stadz?

  5. Sungguh tausiyah singkat yang menarik, setelah saya baca sampai habis, betul juga kalau amalan yang terus mengalir pahalanya itu bisa sampai 300, tapi kenapa yah kok cuma tiga yang dibawa sampai mati.

  6. Subhanallah, aku baru sadar betapa Allah Maha Pemurah bagi hamba-hambaNya, Contohnya seperti yang Pak Ustadz bilang bahwa dalam hidup ini kita bisa menggapai sampai 300 amalan meskipun yang dibawa hanya 3 amalan saja, dan yang lebih membanggakannya lagi dari kemurahan Sang Maha Esa yaitu Ketika seorang hamba sedang sakit atau bepergian, maka baginya ditulis seperti amal yang dikerjakannya ketika dia mukim dan sehat (HR Bukhari). Sungguh luar biasa, Terima kasih ya Pak Ustadz atau kiriman artikel islaminya dan tausiyah singkat yang lainnya yang selama ini Pak Ustadz kirim melalui email, semoga Allah memberi kebaikan pada Pak Ustadz. Amin!

  7. wah presentasi menarik tuh Ustadz, insya Allah saya akan amalkan dalam kehidupan sehari-hari dan juga doa harian yang Pak Ustadz tulis, Terima kasih sudah mengingatkan 🙂

  8. Luar biasa ,pemahaman yang singkat dengan dasar riayat hadist bisa menggugah nurani yang mungkin saat ini kita sudah melupakan terima kasih Pak Ustad.

  9. maaf yang dimaksud dengan puasa mutih itu apa?? yang saya tau puasa itu cuma yang wajib atau yang sunnah.. baru dengar ada puasa mutih?

    mohon penjelasannya juga dalilnya agar saya yang awam ini bisa tau

    jazaakumullah

    1. Puasa Mutih termasuk puasa sunnah:
      “Rasulullah biasa berpuasa pada ayyamul biidh ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar.” (HR. An Nasai).
      Ayyamul biidh ini maksudnya hari-hari putih, karena terang oleh bulan purnama tanggal 13,14,15 bulan Hijriah.

      “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi)

  10. adakah dalil tentang puasa ini ustadz? mohon disertakan dalilnya

    1. Tentang Puasa Mutih
      “Rasulullah biasa berpuasa pada ayyamul biidh ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar.” (HR. An Nasai).
      Ayyamul biidh ini maksudnya hari-hari putih, karena terang oleh bulan purnama tanggal 13,14,15 bulan Hijriah.

      “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi)

  11. saya baru mengerti perihal ini pak, terima kasih

  12. Alhamdulillah, terima kasih bnyk ilmunya, semoga amalan Pa Ustadz mendapat balasan yg lebih dr Alloh SWT

  13. Betul Pak Ustadz, agar audiens tausiyah singkat semua benar-benar mendengarkan tausiyahnya, memang Audiens harus diajak berkomunikasi dan turut serta berdiskusi agar Ilmu Pak Ustadz benar-2 diresapi dan dilaksanakan, amien alloh huma amien

  14. Wauu..luar biasa. Sungguh luar biasa, saya baru sadar dengan 297 amalan selama di dunia ini. Trimakasih Pak Ustad atas artikelnya. Ya Allah jadikan hamba orang yang termasuk memiliki 300 amalan yang terus mengalir itu. Amiin.

  15. Yaa Alhamdzulillah Pak Ustadz, semoga niat kita luruskan dalam menggapai ridho Allah dengan 297 itu, InsyaAlllah Pahala mengikutinya Amiin

  16. Bagus juga triknya…memang teks haditsnya tidak menggunakan kata/ungkapan yang bermakna mengalir (???) tapi menggunakan kata yang bermakna terputus (?????)kecuali 3 itu.

  17. Bismillahirrohmanirrohim… Ass Wr Wbr
    Pak Ustaz…. boleh tanya selain komentar… dijawab ya syukur.. kalau tidak ok juga lah…
    Bagaimana dengan orang yang sakit , tapi masih maraahhh saja…. padahal jika kita lihat sakitnya , kita iba dan menghiburnya.. namun lebih banyak marah yang tidak jelas,, jadinya kan kita enggan untuk membantu menghibur.. padahal semasa sehat yang dilihat rajin sholat, baca alQur’an … kenapa pada saat sakit tidak sabar… bukankah dengan sakit itu juga memnghapus bagian dosa kita,,, ini malah nambah dosa… bagaimana ini .. Terimaskasih jika dijawab

    Wassalam…

    1. Wa alaikum salam wr wb
      Anda perlu bantu dia untuk mengingatkan agar tetap sabar. Jika anda menyerah, berarti anda juga tidak sabar… 🙂

  18. alhamdulillah…syukron ustadz atas ilmunya

  19. Subhanallah, terima kasih pak ustadz, mohon izin kalau saya juga akan menyampaikan apabila saya memberikan tausiah di pengajian saya.

  20. Terima kasih pak ustad atas pencerahannya. Andai kata ada banyak ustad-ustad yang menggunakan media seperti ini saya yakin islam selalu damai. hidup ustad

  21. Benar pak ustadz, umat islam perlu mendapat siraman hikmah setiap hari, kita sdh disibukan dg dunia… Lupa de akheratnya… Pa lgi era internet… Perlu banget dakwah2 islam kaya blog yg bpk ustadz punya. Trus bagi2 ilmu agama biar umat islam makin kuat keimanannya… Amin. salammuallaikum. Wr. Wb.

  22. Alhamdulillah, terima kasih banyak Tausyiahnya , semoga Pa Ustadz mendapat balasan yg lebih dr Alloh SWT

  23. Luar biasa! Betapa baiknya Allah memberikan banyak kemudahan kepada hambaNYa!

    Trima kasih banyak untuk artikelnya untuk memberikan sesuatu yang sangat mudah dicerna dan sangat mudah dilakukan…

  24. assww….!
    luar biasa !
    saya ingin mendengarkan dan bertemu ustadz,di kota gethuk (magelang)
    kota kelahiran saya.Ada waktu luang ke Magelang ustadz ? Kami ingin sekali mengadakan training sholat sempurna bagaimana caranya ya ?
    sukron.

  25. Terima kasih P Ustad baik sekali bagaimana beramal ikas hingga tidak merasa punya amal dan bagaimana beramal banyak dan diterima ini yang mohon nasehatkan ke kami
    Terima kasih sekali lagi

  26. Assalamu’alaikum..Subhanallah..Alhamdulillah…syukron ustadz atas ilmunya..mo tanya dikit nich, ada hadist lainnya lagi gak biar tambah menguatkan kalo kita lagi berbagi masalah tentang agama ke teman2…makasih..Wassalamu’alaikum..

  27. Alhamdulillah
    marilah kita berlomba
    untuk mendapat yang telrus menerus
    dengan ikhlas dan mengharap ridho Allah

  28. Bagus materinya pak Ustadz. Rupanya disamping pintar Islam, public speaking, pak Ustadz ini juga melek internet. Top Markotop deh, semoga terus bisa menjadi teladan.

  29. Assalamu’alaikum Wr Wb

    Pak Ustad,
    Mohon advice-nya untuk doa-doa kumpulan seperti Doa Nurbuat, doa ukusyiah dll, beserta manfaatnya dapat dipelajari dimana.

    Terimaksih
    Wasallamu’alaikum wr wb

  30. Mau Tanya Pak Ustad

    Bagaimana dengan menyimpan uang di Bank terkait dengan RIBA?

    1. Tentang bunga bank masih ada kontraversi. Saran saya, kalau tujuan anda untuk menabung dan mengharap keuntungan, sebaiknya gunakan bank syariah. Adapun bank lain yang digunakan untuk kemudahan menurut saya tidak mengapa. Misalnya untuk transit transfer gaji karyawan, kemudahan transaksi dll.

  31. subhanallah…
    ternyata kita masih jauh dari sifat arahman arahim Nya. amalan apa yg kita perbuat hari ini ?

  32. Assalamualaikum Pa. Ustadz

    Alhamdulillah Tadz, Saya sering baca baca artikel yang di asuh Ustadz dan saya semakin sadar akan kekuasaan Allah, dimana selama ini terus terusan terjadi bencana sehingga kita harus sadar dan iklas untuk memperbanyak beramal baik berupa materi maupun non materi karena kekayaan yang dimiliki di dunia hanyalah sebagai titipan.
    Namun dalam hal ini saya minta di beri petunjuk atau arahan serta do’a do’a untuk niat puasa Senin kamis.

    Wasalam.

    1. Wa alaikum salam wr wb.
      Niat puasa Senin Kamis bisa dalam bahasa Indonesia saja: Saya berniat untuk puasa sunnah Senin / Kamis, lillahi ta’ala.

  33. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Bismilahirrahmanirrahim,
    Teknik Ceramah yang menggugah,pasti jamaah tidak ngantuk lagi klo cara ini dipraktekan oleh pendakwah tema : jadi menarik presentasi,ceramah jadi menarik,betul ungkapan bahwa bukan presentasi, ceramah yang tidak menarik tapi cara membawakannya yang tidak menar Terima kasih pa Tepur Insyaallah saya order produknya

  34. Assalamualaikum ww.
    Bismilahirrahmanirrohim, trik yang disanpaikan ubtadz nampaknya sederhana tetapi bagus sekali, dapat memotivasi audience. Boleh ditiru ustadz? Trima kasih.

  35. Assalamualaikum ww.
    Subhanallah Ustadz, trik yang sederhana tetapi sangat menarik untuk membangkitkan motivasi audience. Boleh ditiru ya ustadz? Terima kasih.

    1. Wa alaikum salam wr wb
      Boleh. Silakan dishare juga.

  36. subhanallah – ini namanya MLM PAHALA……

  37. Allahuakbar! Terima kasih Ya Allah, tks Ustad! Senang skli sy mndpt kiriman email ini, krn sy mrs bgtu bnyk trnyta ilmu pngthn agama yg tdk sy ketahui, smg apa yg sy dptkan ini bs sy amalkan jg bt tmn, sdr, dan org2 trdekat yg sy sayangi, smg mkn bnyk lg yg sy ktahui dr amal-amal yg Bpk. Ustad syiarkan melalui Blog Islami Tentang Shalat Sempurna, Alhamdulillahirrobbilalamin!

  38. minta tambahan cerita – cerita nya lagi semoga tidak pelit , atau tidak berfikiran ilmu nya akan habis, atau khawatir digunakan orang lain , karena insya Allah berpahala bagi kita yg menyebarkannya, terus berkreatifitas

    1. Ya, silakan simak terus cerita-ceritanya di blog ini

  39. Terimakasih atas tausyiahnya yang membuat wawasan agama semakin bertambah.oh ya kapan ngisi pengajian di Masjid At=Taqwa GMF Aeroasia lagi ustadz?

    1. Sama-sama. Silakan atur jadwalnya dengan Pak Tarmidzi (GMF), Pak.

  40. Assalamualaikum,

    Pak Ustad saya mau bertanya,
    bagaimana mengatur Puasa tanggal 13, 14, 15 bulan hijriah bagi yang menjalankan puasa Nabi Daud As.
    mohon penjelasannya.
    Terimakasih. Wasalam

    1. Alaikum salam,
      Bagi yang sedang melaksanakan puasa Nabi Daud, puasa 13,14,15 tidak perlu dijalankan.

  41. pak ustad, cramahnya sya pnjem buat tgas tausiah plajaran agama dskolah saya, karna menurut saya tausiah pak ustad ini wlaupun singkat sngat bermakna…

  42. Alhamdulillah…tulisan yg mmbuat ana semakin termotivasi untuk melakukan perbaikan demi perbaikin dan perbaikan untuk kebaikan

    Jazakallah Khair

  43. Assalaamu’alaikum, wr.wb

    Pak Ustad, saya mohon ijin untuk mengcopy ceramah pak Ustad,untuk bahan berdakwah.

    Terimakasih banyak,

    Wassalaamu’alaikum, wr.wb

  44. sebenarnya bukan hanya 3 ratus, tetapi tak terhingga…apabila dilaksanakan scr ikhlas semua amalan kita akan dilipatgandakan…297…sisa 3, tapi 3 itu, seperti sadaqah jariyah yang apabila diamalkan juga berlipat ganda amalannya…tapi dlm hal ini saya salut dengan teknik presentasi Bapak…syukran ilmunya…

  45. meskipun 3, tapi itu menyeluruh. amal jariyah arti setiap amal sholeh yang kita kerjakan (sedekah, sumbangan tuk masjid, menolong orang dll). Ilmu bermanfaat, ini pun cakupannya luas, nasehat kepada orang, pengajaran, dakwah via internet dll). Doa anak sholeh pun tidak berarti hanya anak saja, tapi cucu dan keturunan pun Insya Allah do’anya sampai kepada ayah (moyang) yang telah wafat.
    Ada hadits juga yang merinci tentang amal jariyah yg terus mengalir bagi si mayit : Wakaf Al Qur’an, menanam pohon, membuat sumur dan membuat irigasi.

  46. ass. pa ustad kalo tdk keberatan tolong redaksi hadistnya di sertakan biar lebh mudah dan saya ga penlu mencari di kitab bukhori dan muslim..makasi ya pak ustad.

    1. wsww. Maaf, blog ini belum ada fasilitas untuk menulis huruf Arab. Ini redaksi haditsnya: “Idzaa maridhol ‘abdu aw saafaro kutiba lahu mitslu maa kaana ya’malu muqiiman shohiihan” (HR Bukhari) .

  47. KAMI SANGAT SETUJU PAK USTADZ
    SEMOGA ANDA SELALU DIBERI PETUNJUK MENYEBARKAN ILMU-ILMU YANG BERMANFAAT, AMIEN

  48. Assalamu’alaikum ustadz,
    kalau boleh mohon disebutkan hadits no. Berapa agar ana dapat membacanya.
    Kalau boleh tausiyah ini mau ana sampaikan ke teman2 ana.

    1. Silakan pak. Ana ambil hadits tsb dari Riyadushalihin, di sana tidak disebutkan nomor haditsnya. Bunyi haditsnya: “Idzaa maridhol ‘abdu aw saafaro kutiba lahu mitslu maa kaana ya’malu muqiiman shohiihan” (HR Bukhari) .

  49. alhamdulillah ternyata banyak sekali amalan2 yang pahalanya tetap mengalir yang sama sekali kita tidak tau, saya sendiri td sebelum baca berfikir juga cuma 3 ee ternyata 3 rts.

    1. Betul Kang, semoga kita dapat mengambil kesempatan ini.

  50. Emaang benar lebih dari tiga bahkan mungkin lebih dari 300,karna hadistnya tidak menyebut secara jelas jumlahnya,tetapi secara esensi bahwa amal dilipat gandakan,

  51. Ass Wr Wb.Mas Ustad.akan kusampaikan ke sesama MUSLIM khususnya ditempatku.Mas Ustad saya mau tanya dosa besar yaitu yina, dan sirik apakah bisa di beri maaf dari Allah SWT seumpama yang bersangkutan berzina sampai 100 kali bahkan lebih dan dia terus bertobat apakah ALLAH SWT masih mau memaafkan? Nuwun Wass Wr Wb.

    1. Wa alaikum salam wr wb. Bisa, insya_allah jika semasa hidupnya bertaubat dengan sungguh-sungguh.

  52. InsyaAllah dosanya bisa diampuni,walau dosa seluas laut dan setinggi gunung karna Allah maha pengampu n lagi maha pemberi tobat,dengan catatan dosa tidak diperbuat lagi,dan harus menjalani tobatan nasuha,bukan tobat sambal

  53. pas ustads, disitu ditulis amalan puasa mutih, saya ingin tanyakan apakah benar ada amalan puasa mutih dalm islam ? setahu saya Nabi Muhammad SAW tidak pernah mengajarkan puasa mutih seperti yang dilakukan oleh para penganut kejawen atau yg sedang mengikuti ilmu kebatinan

    1. Yang dimaksud puasa mutih di situ adalah puasa sunnah 3 hari di hari-hari yang terang bulan (tengah bulan). Karena terang bulan, maka hari-hari itu disebut sebagai hari-hari putih, atau bahasa Arabnya “Ayyamul Bid”

  54. betul ga sih puasa mutih itu di tgal 13 14 dan 15 ?

  55. alhamdulillah, bertambah lagi ilmu yang aku terima hari ini. terima kasih pak.

  56. Subhanalloh,ana tertarik juga agar bisa memberikan tausiah menyentuh dan menarik. semoga manfaat…undang-undang ana dong ustad, mau juga nich mengikuti jejak ustad jadi public speaking yang handal dan hebat serta bisa toucheable ame audiece.bravo ustad.

  57. Artikel yang sangat menarik.
    Terima kasih Pak Ustadz.
    Wassalam

  58. ass. p ustad yg mau sy tanyakan adalah,,bgmn hukum nya zakat. dgn jumlah uang
    contoh nya sy kerja sbgi karyawan swasta di garment, yg berpenghasilan upah normal perbulan nya.
    nah yg sy tanyakan disini . brapakah zakat yg harus sy keluarkan dlm pertahun nya…
    sementara uang gajih itu paspasan dgn pengeluran sy perbulan nya ..? mhn penjelasan nya. ttrimakasih pk ustad sblm nya.

    1. Zakat mal dibebankan 2,5% dari penghasilan bersih (setelah dipakai untuk kebutuhan primer). Itu pun jika penghasilan bersihnya mencapai nisab (jumlah tertentu). Jika penghasilan anda hanya cukup untuk kebutuhan primer (makan, pendidikan dan pengobatan – tidak termasuk cicilan motor, dll) maka anda tidak wajib mengeluarkan zakat mal. Adapun zakat fitrah, anda tetap wajib membayarnya

  59. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Ustadz, ayah saya sudah hampir 3 thn ini menderita katarak. Beliau tdk mau dioperasi lagi krn sebelumnya sdh pernah dioperasi. Yang saya tanyakan,bgm ttg kewajiban tilawah Qur’annya? Tahun pertama, beliau mash bisa baca, thn kedua sdh diganti dg mushaf ukuran besar, tp thn ketiga ini beliau sdh tdk bisa lagi. selama ini saya memotivasi dengan menyediakan murrotal Al Qur’an agar beliau masih bisa mendengar bacaan Qur’an dan muroja’ah hafalannya. Bgm pendapat Ustadz?jazakumullah khoiron katsiron

    1. Wa alaikum salam wr wb.
      Insya_allah itu cara yang baik untuk Bapak. Tetaplah istiqamah dalam membahagiakan dan memuliakan beliau.

  60. Tausiah yang mantap dan menanbah semangat untuk mengerjakan ibadah harian.
    izin untuk di copy.
    syukran.

  61. ustadz mohon ijin copaz masukin ke blog saya.. agar bisa lebih banyak para muslimin dan muslimat yang memiliki amalan rutin..

  62. ass.ww mohon dijelaskan juga tdk hanya pahala amal jariah. juga dijelaskan dosa jariah. misalkan qt salah pilih wakil-wakil yg pada ahir berbuat korupsi atau berbuat zhalim dan atau menyakiti rakyat ! ini adalah salah satu tamsil matur nuwun

    menurut ustaz sesuai dg sunnah harus bagaimana sebaiknya.

  63. ass.wr.wb…bagaimana caranya tausiyah yang baik pak ustaz, pingin belajar…

  64. As tad mo bljar dakwwah bgi pemula yg gratiiss dimna ya….mhon keterangaaanya ….tq

    1. Wa alaikum salam. Di masjid raya taman yasmin pernah diadakan, nggak tahu kapan mau ada lagi

  65. Asslmkm.. ustd, mau tanya ni,
    Sedikt menyimoang dari tema
    Bagaimana keterangn dlm alqur’an atau hadits misalnya
    Disaat ada problem keluarga/salah faham antara suami dan istri. Kmudian istri melayangkan tangan/fisik ke suami krna marah atau kesal? Namun si suami membiarkan dan berkata”silahkan kamu pukuli saya jika hal itu bisa mengobati rasa marah dan suuzon tentang saya. Mhn pnjlsannya ustad.

    1. Wa alaikumussalam. Jika ada perselisihan, dan tidak dapat diselesaikan berdaua. Maka dianjurkan untuk mengundang pihak ke-3. Sebagaimana dala Al Quran surat An Nisa 35 “Dan jika kamu khawatirkan ada persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang hakam dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. Jika kedua orang hakam itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami-isteri itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal,

Leave a Reply

Your email address will not be published.