Al Fatihah, Bacaan Shalat Paling Dahsyat

Bacaan ShalatAl Fatihah adalah bacaan shalat yang amat dahsyat. Dalam fiqih tuntunan shalat, Al Fatihah merupakan bacaan shalat yang bersifat rukun. Teristimewa, Allah akan menjawab pada setiap ayat yang kita baca. Luar biasa, bukan…? :-)

Buktinya? Ini dia, firman Allah dalam hadits qudsi:

Nabi SAW bersabda, “Allah SWT berfirman: Shalat itu Kubagi dua antara Aku dan hamba-Ku. Untuk hamba-Ku ialah apa yang dimintanya.

Apabila ia mengucapkan Alhamdulillahi rabbil alamin, Aku menjawab: “Hamba-Ku memuji-Ku”.

Apabila ia mengucapkan Arrahmaanirrahiim,
maka Aku menjawab: “Hamba-Ku menyanjung-Ku”.

Apabila ia mengucapkan Maaliki yaumiddiin,
maka Aku menjawab: “Hamba-Ku mengagungkan-Ku”.

Apabila ia mengucapkan Iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin,
maka Aku menjawab: “Inilah bagian-Ku dan bagian hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang dimintanya”.

Apabila ia mengucapkan Ihdinashirratal mustaqim, shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi alaihim waladhaalin, maka Aku menjawab:
“Inilah bagian hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang dimintanya” (HR Muslim).

Sungguh luar biasa, ternyata Allah langsung menjawab bacaan shalat kita… Terungkap sudah rahasianya, mengapa Rasulullah membaca Al Fatihah ayat-demi ayat (tidak menyambungnya), sebagaimana dikatakan dalam hadits:  “Kemudian beliau SAW membaca Al-Fatihah, beliau memenggalnya ayat demi ayat…” (HR Abu Dawud).

Alfatihah Bacaan Shalat

Sahabatku yang berbahagia… karena itu, untuk memaksimalkan bacaan Al Fatihah, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:
– Membacanya ayat demi ayat (tidak menyambung)
– Memahami kandungan arti surat Al Fatihah, kata demi kata
– Mengetahui dan merasakan jawaban Allah pada ayat demi ayat yang kita baca
– Meyakini bahwa jawaban Allah akan segera terwujud buat kita

STOP! Artikel tentang shalat ini tidak banyak memberi manfaat jika anda hanya membacanya, tanpa mengamalkannya. Jika anda belum lancar mengartikan Al Fatihah kata demi kata, jika anda belum menghafal jawaban Allah ayat demi ayat… Segera tinggalkan aktivitas anda yang lain. Utamakan belajar shalat…. Raih dahsyatnya manfaat shalat

Bagaimana menurut anda? ***

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

62 thoughts on “Al Fatihah, Bacaan Shalat Paling Dahsyat

  1. Khumaidi

    Artikel yang sangat bagus, karena bermanfaat sekali buat orang yang belum paham tentang bacaan dan arti surat Al Fatihah.

    Reply
  2. Fakhu

    Saya baru tahu sekarang, kalau Allah menjawab ketika saya sedang membaca Al Fatihah di waktu shalat. Trims ya pak ustad atas pencerahanya.

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Jika tidak dibaca ayat per ayat, maka kesempatan untuk menghayati bacaan dan jawaban tentu saja berkurang.

      Reply
  3. adienz

    ARTIKEL YANG BAGUS…..SEMOGA BISA BERMANFAAT BUAT SAYA DAN REKAN2 YANG HANYA BISA MEMBACA TAPI BELUM BISA MEMAHAMI TENTANG BACAAN SURAT AL-FATIHAH.SUKRON KATSIRAN.

    Reply
  4. Lasmi

    Terima kasih atas Ilmunya Pak AT
    Selama ini bacaan Al Fatihah dalam sholat saya selalu cepat, kadang dalam satu kali tarikan nafas saja bisa selesai. ternyata setiap kalimat ada jawaban dari Allah.
    Insya Allah mulai hari ini dan seterusnya saya bisa amalkan..

    Reply
  5. eva alchaidir

    alhamdulillahirabbil a’lamin….makasih pak ustad..jadi semakin yakin…kalo komunikasi dgn Allah…ternyata dijawab langsung pada waktu sholat….membaca Alfatiah

    Reply
  6. Satria

    Alhamdulillah, terimakasih pak Ustadz atas keikhlasannya berbagi, semoga Allah mencatat ini sebagai amal sholeh ustadz dan kami beroleh manfaat yang sebesar-besarnya atas semua ini…. Amiiin…

    Reply
  7. bambang sugito

    Terima kasioh Usdatz AT atas tausiahnya selama ini Insya Allah manfaat yang sangat besar bagi kami, dan Semoga Allah selalu memberikan berkahnya kepada Ustadz dan Kami Aaamiin

    Reply
  8. Wasikin

    Alhamdulillah, terimakasih Pak Ustazd. Pemahaman saya semakin bertambah setelah menerima pemberitahuan via email ini. Semoga dengan gerakan sholat tubuh dan jiwa kita semakin sehat dan bersih.

    Reply
  9. namira

    terima kasih pa ustadz, boleh tidak dalam menyebarkan ilmu yg yg pa ustadz sampaikan saya copy paste untuk di masukkan dalam blog saya ?
    sekali lagi, terima kasih

    Reply
  10. chandra

    Alhamdulillah……
    memang begitu dasyat manfaat dari Al.Fatihah..
    selama kita yakin & beriman kepada ALLAH.SWT.
    apa yg kita inginkan akan trkabulkan bahkan sblum kita memintaNYA..
    Amien

    Reply
  11. wiji

    assalamu’alaikum

    alhamdulillah, terimakasih atas ilmunya…mohon ijin di share semoga ilmu ini menjadi bermanfaat dan barokah untuk kita semua amiiiin yaa Rabb

    wassalam

    Reply
  12. Abdul Yakub

    Artikel yang indah…dan penuh manfaat…, sekali waktu..ceritakan dong pak bagaimana fatihah ini di disampaikan pada bagida rasul… mengapa begitu istimewa…? tapi saya sangtat setuju artikel Pak ustad.

    Reply
  13. ayu

    shkur alhdlillah akhir y q dpt kn pa yg q mau. krn slm ini q mrs mndr&mlu untk brty.:) tkut di blng kmn aja slm ni

    Reply
  14. Ade

    Alhamdulillah,trima ksh Pak Ustadz semua artikel yang diberikan sangat bermanfaat sekali, semoga shalat sy akan semakin baik dengan byk memahami artinya.

    Reply
  15. Abubakar

    Alhamdulillah, Terima kasih semua artikelnya yang sangat bermanfaat.
    Surah Al Fatihah, selain wajib dibaca setiap rakaat Sholat, selalu saya baca saat mulai bekerja, saat bepergian,saat istirahat mau tidur, saat berdoa, dan lain-lain saat melalukan amal ibadah.
    Wassalam

    Reply
  16. R.Harris

    Terimakasih Ya Allah!!! Engkau jadikan aku sebagai salah satu umat Mu yang paling beruntung.Semoga kami yang ada di rantau ini tetap selalu ber-istiqomah hanya kepadaMu.

    Reply
  17. Bardan

    Assalamu ‘alaikum wr wb.
    Kalau jadi ma’mum sholat di sebuah mesjid sang imam membaca Al fatihah tidak tartilan/ ayat-perayat alias ngebut, apa yang harus dilakukan????? Terima kasih

    Reply
  18. Fatimah

    Alhamdulilahi Rabbil ‘Alamin,hanya dgn Rakhmat ALLAh SWT shg aq bisa belajar Ilmu Agama moga2 bisa mengamalkan dgn penuh Istiqamah tuk meraih target anak n ortu Sholehah dan bisa menjadi Uswatun Khasanah InshaAllah Ta’ala Amiiiiiiiiiiiiiiiiin

    Reply
  19. H. M. Teguh

    salah satu yang lain adalah: Al-fatihah adalah ummulkhitab, ibu dari Alquran. barang siapa yang membacanya sekali laksana membaca seluruh Alquran.

    Reply
  20. hildawati

    tiada kata yang dapat saya sampaikan betapa mulianya ustad akhmad akan ajarannya ,semoga Allah swt selalu melindungi dan memberkahi amal sholehnya amien ya robbalallamin

    Reply
  21. syafaat puradiredja

    sholat merupakan sarana dialog kita dengan Allah ketika kita membaca Fatihah oleh karena itu bacaannya harus tartil,bagaimana klo orang yang sholatnya cepat sekali dalam hal kesempurnaan sholatnya.artikel ini sangat memotivasi saya untuk sholat lebih baik lagi dan berusaha untuk memberbaikinya,semoga pa ustaz dapat terus memberikan motivasi kepada kami untuk terus mendirikan sholat dngan sempurna sesuai dengan tuntunan nabi saw.amin

    Reply
  22. Agus Sulistiyono

    Subhanallah…ternyata selama ini saya kurang begitu memahami dan
    menghayati ayat demi ayat surat Al-Fatehah begitu dahsyatnya Allah menjawab setiap bacaan sewaktu kita sholat….

    Terima kasih atas ilmunya pak Ustadz mudahan – mudahan bisa bermanfaat untuk yang membacanya

    Reply
  23. dzaka

    terima kasih.. pa ustadz telah memberi jawaban2 yg selama ini saya tidak mengetahuinya. semoga saya bisa mengamalkannya dan juga bisa mengajak keluarga dan sanak sodara saya menuju jalan yg diridhoi Allah SWT. amien.

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Tentang ayat pertama Al Fatihah, ada imam yang membacanya dengan keras. Ada juga yang membacanya dengan perlahan, sehingga makmum mengira imam tidak membacanya.

      Reply
  24. Ashari

    Pak Ustadz Tifur, trims atas pelajarannya, karena biasanya saya baca fatihah bukan per-ayat tapi bersambung-sambung supaya sholatnya cepat selesai. Astaufirullah. Namun demikian mohon diulas lebih lanjut dalam buku tuntunan Fiqh yang mana, hadits sholeh yang bunyinya bagaimana bahwa Allah menjawab setiap ayat bacaan Al-Fatihah dalam sholat kita itu? Jika begitu, setiap kita sholat, kita melakukan hubungan komunikasi langsung dengan Allah?

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Bunyi hadits (artinya) dua-duanya sudah saya muat di atas. Shalat adalah menghadap Allah, seperti yang kita baca: wajjahtu wajhiya… (kuhadapkan muka (hatiku) kepada Allah yang menciptakan langit dan bumi…

      Reply
  25. fauzan

    Pak Uztadz… Qudsi itu apa artinya ya? Trus siapa yang memberi nama Hadist Qudsi itu?(tolong kalau ada hadist atau kitabnya)dan berapa banyak jumlah hadist qudsi itu?… dan yang terahir; kalau hadist qudsi itu adalah benar-benar wahyu Allah, berarti Nabi Muhammad nggak amanah dong… karena ada wahyu yang tidak dicantumkannya di dalam Alquraan. Makasih pak ustadz atas perhatiannya

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Qudsi artinya suci. Jumlah persisnya saya tidak tahu, tapi cukup banyak (ada kitab yang merupakan kumpulan hadits qudsi). Kalau Al Quran, redaksinya langsung dari Allah, Nabi hanya menyampaikannya kepada sahabat. Sedangkan hadits qudsi, Allah hanya memberikan pemahaman kepada Nabi, redaksionalnya (kata-katanya) dari Nabi, dan disampaikan pada sahabat. Itulah beda Quran dan Hadits Qudsi, makanya tidak bisa dicampur (seluruhnya dimuat dalam Quran).

      Reply
  26. lilies

    Trimakasih pak ustat,….dlm hati sdah ada niat tuk mngamalkan stiap kegiatan sy,dgn memulainya dgn bacaan alfataha….mnjadi kekuatan batin sy pak ustat.skali lg trimakasih atas infonya.

    Reply
  27. Alimin

    Asslm’alaikm, alhamdulillah ust.dng adax artikel da’wah sprti ini,kta jdi smakin paham shingga kekhusyuan dlm bribadah smakin baik d banding wkt sebelumx…wsslmkm…

    Reply
  28. Niken Larasati TBI 1D

    Memang benar Surat Alfatihah Mempunyai keistimewaan darapada surat – surrat lain dalam Al-Qur’an karana surat Alfatihah mengandung isi segala perkara dalam Al-Qur’an , petunjuk bagi seorang muslim dalam segala urusan jika kita mau mengkaji kandungan isinya maka dari itulah Alfatikah adalah surat terbaik dalam A-Qur’an Surat ini juga di terangkan dalam hadis . Al-Fatihah merupakan surat terbaik, karena ia mengandung tauhid, ittiba’ (mengikuti) Sunnah, adab berdo’a, al-wala’ wal baro’, keimanan terhadap perkara gaib, dan lainnya.

    Ibnu Jabir-radhiyallahu ‘anhu- berkata,yang artinya :“Aku tiba kepada Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- , sedang beliau mengalirkan air. Aku berkata, “Assalamu alaika, wahai Rasulullah”. Maka beliau tak menjawab salamku (sebanyak 3 X). Kemudian Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- berjalan, sedang aku berada di belakangnya sampai beliau masuk ke kemahnya, dan aku masuk ke masjid sambil duduk dalam keadaan bersedih. Maka keluarlah Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- menemuiku, sedang beliau telah bersuci seraya bersabda, “Alaikas salam wa rahmatullah (3 kali)”. Kemudian beliau bersabda, “Wahai Abdullah bin Jabir, maukah kukabarkan kepadamu tentang sebaik-baik surat di dalam Al-Qur’an”. Aku katakan, “Mau ya Rasulullah”. Beliau bersabda, “Bacalah surat Alhamdulillahi Robbil alamin (yakni, Surat Al-Fatihah) sampai engkau menyelesaikannya“. [HR. Ahmad dalam Al-Musnad (4/177). Hadits ini di-hasan-kan oleh Al-Arna’uth dalam Takhrij Al-Musnad (no. 17633)]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>