Naskah Pidato Halal bi Halal dan Pelepasan Jamaah Calon Haji

Contoh Ceramah »Naskah Pidato Halal bi Halal dan Pelepasan Jamaah Calon Haji

.
Assalamu alaikum wr wb
Bismillahirrohmaanirrahiim. Alhamdu lillahi robbil a’lamiin. Washolaatu wasalaamu a’la nabiyyinaa Muhammadin. Wa ‘ala aalihi wa ash-haabihi ‘ajmain. Qolallohu ta’ala fil kitaabil aziz, a’udzu billahi mina syaithooni rojiim:

Contoh naskah ceramah
Amma ba’du
Yang kami muliakan para a’lim, wabil khusus almukarrom al ustadz …………………… Yang kami hormati para tamu undangan dan segenap pengurus DKM …………………………….

Alhamdulillah hari ini kita dapat berkumpul dalam rangka menghadiri acara Halal bi Halal dan Pelepasan Jamaah Calon Haji warga ……………….. tahun …………. H.

Hadirin yang dirahmati Allah, dalam Syawal yang mulia ini, mari kita panjatkan doa: “Taqobalallohu minna wa minkum. Ja’alanalloh wa iyyakum minal aidina wal faizin.” Semoga Allah berkenan menerima seluruh  amal ibadah kita, dan semoga kita semua menjadi orang-orang yang kembali mendapatkan ampunan dan menjadi orang-orang yang berhasil memperoleh ridho-Nya. Amin, ya arhma rohimin.

Kemudian, saya secara pribadi dan atas nama seluruh jajaran pengurus Masjid ……………………..  memohon maaf lahir dan batin kepada para jamaah apabila selama ini kami ada kekhilafan atau ada pelayanan kami yang kurang memuaskan. Dan insya_allah, kami sudah terlebih dahulu memaafkan para jamaah bilamana ada kekhilafan.

Dengan berakhirnya bulan Ramadhan yang merupakan bulan pelatihan, memasuki bulan Syawal, mari kita sama-sama berusaha keras agar “semangat memakmurkan masjid” yang pernah kita miliki selama Ramadhan, akan tetap terawat sampai sebelas bulan berikutnya. Mari kita makmurkan masjid dengan selalu shalat lima waktu berjamaah, karena shalat berjamaah di masjid lebih baik 27 derajat.

Hadirin yang dirahmati Allah,
Di tahun ……….. H ini, warga …………………. yang akan menunaikan ibadah haji berjumlah ……………………. (lihat daftar haji).  Kami mengucapkan “selamat” kepada seluruh calon haji warga …………….. Semoga dapat melaksanakan ibadah haji dengan sempurna, selamat dalam perjalanannya, dimudahkan pelaksanaannya, dan kembali ke tanah air dengan sehat wal afiat serta menjadi haji mabrur.

Sedikit pesan yang dapat kami sampaikan, agar sebaik mungkin mempersiapkan diri dalam 3 hal yaitu:

Pertama,
Persiapan fisik. Thawaf, sya’i, lempar jumrah memerlukan kondisi fisik yang prima. Karena itu, latihan fisik atau olah raga – misalnya jalan cepat setiap pagi – sangat diperlukan untuk kesiapan fisik kita selama menunaikan ibadah haji.

Kedua,
Persiapan mental. Terutama berlatih sabar dalam menghadapi ujian berbagai ketidaknyamanan selama ibadah haji. Seperti misalnya dalam menghadapi antrian panjang, menghadapi cuaca di Arab Saudi yang tidak bersahabat, menghadapi jutaan manusia dengan berbagai karakter…. Dan berbagai ketidaknyamanan lainnya.

Ketiga, dan ini merupakan persiapan yang paling penting… yaitu:
Persiapan ilmu tentang haji sebaik mungkin. Ikutilah manasik haji dengan baik, ketahui dengan jelas tata caranya! Tentang rukun haji, wajib haji, sunah haji, dan larangan-larangan haji agar kita dapat menjalani ibadah haji dengan benar dan lebih sempurna. Tiga larangan haji yang paling sulit untuk kita hindari, sesuai surat Al Baqarah ayat 197 yang saya bacakan tadi adalah : “fala rofatsa, wala fusuqo, wala jidala fil hajj” yang berati jangan berbuat atau berkata kotor, jangan berbuat fasik (seperti bergunjing, misalnya) dan jangan berbantah-bantahan.

Tentang tausiyah haji lebih lengkap, insya_allah akan disampaikan oleh ustadz ……………

Demikianlah yang dapat kami sampaikan. Terima kasih kepada semua pihak atas segala partisipasinya dalam penyelenggaraan acara ini.

Akhirul kalam: Labaikallahumma labaik, labaika laa syarika laka  labaik. Innal hamda … wa ni’mata laka wal mulk. Laa syarika lak. Billahi taufiq wal hidayah. Wal a’fu minkum. Tsuma salamu alaikum warohmatullohi wabarokatuh

*****

Naskah ceramah halal bihalal dan pelepasan jamaah calon haji ini dapat digunakan di masjid anda dengan disesuaikan isinya.

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

8 thoughts on “Naskah Pidato Halal bi Halal dan Pelepasan Jamaah Calon Haji

  1. Ikbal

    Saya akan sampaikan kepada DKM masjid saya tentang naskah pidato atau ceramah haji Pak Ustadz ini, dan saya mohon doanya ya Pak Ustadz, semoga saya bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini dan menjadi haji mabrur. Amin!

    Reply
  2. Shobirin

    Alhamdulillah, Terima kasih Pak Ustadz telah berbagi ilmu Naskah Pidato Halal bi Halal dan Pelepasan Jamaah Calon Haji, mohon ridhonya untuk di copy.

    Reply
  3. Zulkifli Janewar

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Alhamdulillah, Terima kasih Pak Ustad dengan mengatahui ertikel/web site ini sangat berguna untuk memperdalam ilmu Islam kita.
    Wassalam,

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>