Mengapa Kita “Wajib” Shalat Sunnah?

Berapa kali dalam sehari anda melaksanakan shalat sunnah? Beri tanda centang untuk shalat sunnah yang sudah rutin anda lakukan:

  • [ ] Shalat malam
  • [ ] Shalat tahyatul masjid
  • [ ] Shalat fajar / qabliyah Subuh
  • [ ] Shalat duha
  • [ ] Shalat qabliyah Duhur
  • [ ] Shalat badiyah Duhur
  • [ ] Shalat qabliyah Ashar
  • [ ] Shalat qabliyah Maghrib
  • [ ] Shalat badiyah Maghrib
  • [ ] Shalat awwabin
  • [ ] Shalat qabliyah Isya
  • [ ] Shalat badiyah Isya
  • [ ] Shalat wudhu
  • [ ] Shalat witir
  • [ ] Shalat safar

Berapa tanda centang yang anda berikan? Jika ternyata belum ada, atau masih sedikit maka bergembiralah… :)! Benar, karena saat ini anda masih hidup di dunia, bukan? Artinya, anda belum terlambat untuk memperbaiki. Kuatkan tekad untuk memulai mengerjakan shalat-shalat sunnah mulai hari ini, karena shalat sunnah memiliki hikmah yang agung bagi kehidupan dunia maupun di akhirat.

Apa saja rahasia hikmahnya? Mengapa sangat dianjurkan shalat sunnah?

Hikmah Shalat Sunnah di Dunia
Shalat sunnah berfungsi untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Karena dengan amalan sunnah Allah lebih mencintai kita, memberi pertolongan dan mengabulkan doa-doa kita. Tentang hal ini Allah jelaskan dalam hadits qudsi sbb:

Dari Abu Hurairah, Rasul SAW bersabda: ”Bahwasannya Allah berfirman, yang artinya : ”Barangsiapa menentang seorang kekasih-Ku, sungguh Aku akan memeranginya. Tiada seorang manusia berusaha mendekatkan diri kepada-Ku, dengan AMALAN SUNNAH yang Aku senangi sesudah menyempurnakan amal ibadah yang Kuwajibkan atasnya, sehingga Aku menyintainya, maka terhadap orang yang demikian itu, Akulah sebagai pendengarannya, penglihatannya, dan tangan yang digerakannya serta kaki yang dijalankannya. Dan kalau ia memanjatkan doa, pasti Kupenuhi permohonannya, jika ia mohon perlindungan, pasti Kulindungi dia” (HR. Bukhari).

Hikmah Shalat Sunnah di Akhirat
Shalat sunnah memegang peranan yang sangat penting tatkala seorang hamba dihisab amalnya di hari kiamat. Peran pentingnya shalat sunnah adalah sebagai “penolong” apabila shalat wajibnya kurang sempurna.

“Awal pertama amal seseorang yang diperhitungkan kelak di hari Kiamat ialah shalat. Maka apabila ia sempurna shalatnya berbahagialah orang itu dan bebas dari siksa. Namun sebaliknya apabila ternyata kurang baik dan rusak shalatnya, celaka dan menyesallah orang itu. Dan kalau kekurangan itu terdapat pada shalat wajib, maka Allah menugasi malaikat supaya meninjau kembali shalat sunnah yang ia kerjakan, untuk menutup kekurangannya itu. Baru sesudah selesai mengenai perhitungan shalat, maka menyusullah amal-amal perbuatan lainnya” (HR.Turmudzi).

Ayo shalat sunnah…

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

19 thoughts on “Mengapa Kita “Wajib” Shalat Sunnah?

  1. bsgto

    Terima kasih Usztad tausiahnya, semoga Allah memberikan berkah untuk Usztad, dan saya sehingga saya dengan ringan untuk menjalankannya sholat-sholat sunah tsb. Aaamiiin.

    Reply
  2. Pingback: Manfaat Dan Jenis-Jenis Sholat Sunnah | Tuntunan Shalat Sunnah

  3. zaini

    assalamualaikum ustad bagaimana pengertian shalat wajib yang kurang disini atau shalat wajibnya kurang sempurna apakah termasuk shalat wajib yang pernah tinggal tidak dikerjakan sama sekali atau bagaimana mohon penjelasannya kalau bisa lengkap dengan dalilnya atas bantuan dan penjelasannya saya ucapkan terima kasih

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      Wa alaikum salam wr wb. Ya, setahu saya yang dimaksud kekurangan adalah untuk shalat wajib yang kurang sempurna pelaksanaannya. Jika meninggalkan shalat wajib, ini bukan kekurangan, tapi merupakan dosa besar. Solusinya dengan cara bertaubat. Wallahu a’lam.

      Reply
  4. Pingback: Macam-Macam Shalat Sunnah | Tuntunan Shalat Sunnah

  5. masva

    aslmkm w2 ustadz….
    mohon informasi mengenai salat sunah birrul walidayn dan salat sunat mutlak itu apa?
    apa ada tuntunannya secara “kuat”….jazk atas jawabannya

    Reply
    1. Akhmad Tefur Post author

      wa alaikum salam. Saya tidak pernah mendengar ada shalat birrul walidain. Kalau shalat sunnah mutlak, adalah shalat sunnah yang dikerjakan kapan saja selain waktu-waktu yang dilarang untuk shalat.

      Reply