Shalat Berjamaah dan Produktivitas

Sebuah penelitian dalam skripsi yang ditulis oleh Zulfatus Saidah, IAIN Walisongo Semarang yang berjudul “Hubungan Antara Ketepatan Waktu Shalat Fardhu (Shalat Berjamaah) dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas II di Madrasah Aliyah Negeri Rembang Kabupaten Rembang”, sangat menarik untuk kita simak hasilnya.

Kedisiplinan belajar yang dimaksud yaitu masuk kelas tepat waktu, berpakaian seragam, memperhatikan pelajaran, mengikuti pelajaran tanpa bolos, dan kepatuhan dalam mengerjakan tugas. Dari uji statistik diperoleh koefisien korelasi rxy : 0,79.

Apa maksudnya?

Hal ini menunjukkan bahwa 79 % skor disiplin belajar ditentukan oleh ketepatan waktu shalat. Artinya, shalat berjamaah dapat membentuk watak kedisiplinan.

Saya juga mengamati, bahwa hal serupa juga terjadi di tempat-tempat kerja. Karyawan yang rajin shalat berjamaah di masjid cenderung untuk menghadiri meeting dan training tepat waktu.

Jika seluruh pengusaha muslim menganjurkan seluruh karyawannya untuk shalat berjamaah di masjid tentu saja ini sangat baik untuk membentuk kedisiplinan kerja, sehingga produktivitas meningkat.

Sadar akan pentingnya disiplin dalam meningkatkan produktivitas, muncullah beberapa wadah, metode atau pelatihan yang bertujuan mencetak output watak disiplin. Tentu saja ini banyak diminati oleh perusahaan, lembaga dan organisasi. Bahkan di tingkat sekolahpun ada latihan Pramuka dan OSPEK yang keduanya bertujuan untuk mendisiplinkan anggotanya.

Sesuatu yang dikerjakan berulang-ulang, terus menerus dalam jangka waktu lama akan menjadi sebuah watak. Shalat secara berjamaah di masjid adalah shalat yang dikerjakan tepat waktu, butuh kedisiplinan tinggi! Karena itulah, shalat berjamaah yang dikerjakan berulang-ulang, terus menerus seumur hidup, akan membentuk watak disiplin yang tinggi. Inilah metode terbaik dalam membentuk watak disiplin, karena dilakukan lima kali sehari selama hayat dikandung badan.

Jelaslah bahwa shalat berjamaah akan membentuk karakter disiplin, yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas. Ayo shalat berjamaah di masjid….

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

10 thoughts on “Shalat Berjamaah dan Produktivitas

  1. Dian

    Memang betul Ustadz, bahwasanya shalat berjamaah di masjid denga rajin dapat meningkatkan semangat pada diri kita, semangat belajar, semangat untuk terus disiplin dalam hal apapun dan lain-lain.

    Reply
  2. Udin

    Saya pernah merasakan perubahan yang luar biasa pada diri saya Pak Ustadz, semenjak saya mulai belajar rajin shalat berjamaah di masjid, saya jadi bisa lebih disiplin terutama dalam hal waktu, jadi apa yang Pak Ustadz bilang pada artikel ini, sungguh sangat betul sekali, semoga bermanfaat bagi yang membacanya… Amin!

    Reply
  3. Jamal

    Alhamdulillah, saya mendapatkan tausiyah yang sangat bermanfaat sekali buat saya, memang selama ini saya belum bisa menjadi orang yang disiplin dalam hal apapun, apalagi dalam hal waktu, mudah2an dengan saya mendapatkan pelajaran dari artikel Pak Ustadz tulis ini, saya jadi lebih bisa berubah untuk menjadi orang yang disiplin dan rajin untuk melaksanakan shalat berjamaah di masjid lima waktu, doakan saya ya Pak Ustadz…

    Reply
  4. Diki

    Sungguh sangat menyesal karena selama ini saya tidak bisa menjadi orang yang disiplin, dan saya sangat berterimakasih sekali sama Pak Ustadz yang telah memberikan Tausiyah pada artikel Bapak ini, dengan itu saya jadi lebih tergugah hati saya dan saya ingin sekali dapat menjadi orang yang disiplin dengan cara saya harus melaksanakan shalat berjamaah di masjid tepat waktu, Insyaallah saya akan coba dan terimakasih atas pencerahannya, semoga bermanfaat buat saya dan bagi yang membaca artikel ini…

    Reply
  5. Yadi

    Terimakasih atas pencerahannya Pak Ustadz, semoga apa yang Pak Ustadz berikan kepada orang lain, bermanfaat baginya, dan dibalas kebaikan Pak Ustadz oleh Allah SWT.. Amin!

    Reply
  6. Abu Ahsan

    Ya, itulah hikmah (di dunia) dari shalat berjamaah. Hikmah shalat berjamaah untuk akhirat tentu lebih besar lagi. Mari kita raih hikmah tersebut.

    Reply
  7. Abubakar

    Memang, sholah berjemaah di mesjid (terutama Shubuh) bisa menambah disiplin (waktu, kinerja) membuat kita lebih sehat, berpikir jernih, berpikir positif, banyak silaturrahim, jadi panjang umur, banyak rezeki, dan pahalanya tinggi, jangan lupa : malaikat nengawal kita dan selalu mencatat.

    Reply
  8. Pingback: MANFAAT SHOLAT BERJAMAAH « mtsihsaniyah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>