Penting! Tujuh Nasihat Rasulullah

Mutiara hadits Nasihat RasulTujuh nasihat Rasulullah SAW di bawah ini adalah mutiara hikmah yang dirangkum dari mutiara hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Dalam hadits tersebut, Rasulullah juga menjelaskan hikmah dari setiap amal kebaikan yang kita lakukan.

Ya Allah, mudahkanlah hamba dalam menjalankan nasihat Rasulullah ini.

Inilah 7 nasihat Rasulullah SAW:

1. Tolonglah orang yang kesulitan
Menolong orang yang kesulitan, akan mendapatkan kemudahan di akhirat

2. Bantulah orang miskin
Mengurangi penderitaan orang miskin, dapat mengurangi penderitaan diri sendiri di dunia dan akhirat

3. Jangan membuka aib
Menutup aib orang lain, akan menutup aib diri sendiri di dunia dan di akhirat

4. Biaskanlah memberikan pertolongan
Allah akan memberikan pertolongan kepada hamba yang suka menolong

5. Belajarlah ilmu agama
Orang yang belajar ilmu agama, akan dimudahkan Allah menuju surga-Nya

6. Sering-seringlah menghadiri majelis ilmu
Orang yang menghadiri majelis ilmu akan diberi ketentraman, kedamaian

7. Jangan menunda-nunda amal
Barangsiapa lambat beramal, jangan berharap cepat naik derajatnya

Tujuh nasihat Rasulullah SAW tersebut adalah inti sari dari hadits shahih berikut ini:

Dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda : ”Barang siapa melenyapkan kesulitan seorang mukmin di dunia, maka Allah juga menghilangkan  kesulitannya kelak di hari Kiamat. Dan Barang siapa mengurangi penderitaan orang miskin, pasti Allah mengurangi pula penderitaannya didunia dan akhirat, dan Barang siapa merahasiakan  aib/buruk seorang muslim, maka Allah menyembunyikan pula aib/buruknya didunia dan akherat. Allah pasti menolong seorang manusia, selama manusia itu membantu sesama manusianya.  Dan Barang siapa menempuh perjalanan demi menimba ilmu, pasti Allah membuka jalan kesorga baginya.Tiada suatu masyarakat berkumpul disuatu tempat peribadatan (mesjid atau madrasah), mereka membaca dan mendiskusikan kandungan Al-Qur’an, melainkan jaminan ketentraman dan kedamaian bagi mereka serta kasih Allah meliput mereka. Mereka di kelilingi para malaikat yang membentangi mereka, dan Allah mempopulerkan mereka disisiNya, Barang siapa lambat beramal kebaikan, jangan terlalu berharap peningkatan derajat secepatnya.” (HR Bukhari – Muslim).

 

Category: mutiara hikmah – dengan kata kunci mutiara hadits dan nasihat Rasulullah SAW

 

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking

23 Replies to “Penting! Tujuh Nasihat Rasulullah”

  1. Assalamu ‘alaikum…

    terima kasih ustadz,,,, mohon izin,,, sekedar menginfokan,,, saya sudah banyak men-save artikelnya di notebook sy… terima kasih

  2. sholaat terutama harus hafal terjemahan faatihah.
    sekitar 70%jamaah masjid2 tak hafal terjemahan faatihah.

    siapa mau tanggung jawab?

  3. Assalamualaikum, Wr, Wb,
    Terima kasih Ustadz, InsyaAllah , menjadi ilmu yang bermanfaat.

  4. InsyaAllah akan saya sampaikan, terutama anggota keluarga

  5. Tanggung jawab kita bersama pak.

  6. Wa alaikum salam wr wb. Alhamdulillah, semoga bermanfaat.

  7. Artikel anda sangat bermanfaat sbg pencetahan yg amat dibutuhkan. Jazakumullahu chiir.

  8. assalamualaikum,
    terimakasih,semoga menjadi ilmu yang bermanfaat,dan bisa mengamalkannya

  9. Assalamu’alaikum w w,

    Sukron tadz tausiahnya banyak manfaatnya buat kita semua , smoga kita bisa menginplementasikan di masyarakat, amin
    jazakumullah khairon khasiron
    wassalamu’alaikum w w

  10. Wa alaikum salam wr wb. Alhamdulillah semoga bisa begitu.

  11. AlhmduliLLAH, bertmbah pngetahuan…
    Terima Kasih pk Ustdz, mhon izin share fb…

  12. ALANGKAH BESAR HIDAYAH DAN RAHMAT ALLAH KEPADA MUHAMMAD YANG DIJADIKAN ALLAH SEBAGAI RASULNYA. SEKIRANYA TIDAK ADA HIDAYAH DAN RAHMAT ALLAH, KIRA2 AKAN JADI APAKAH SEORANG MUHAMMAD? APA TETAP MENJADI PENGEMBALA KAMBING SAMPAI AKHIR HAYATNYA? ATAU HANYA MENJADI ANAKNYA ABDULLAH SEORANG PEMBUAT ROTI ? TIDAK SEORANGPUN MENGETAHUINYA, SELAIN ALLAH.

    HANYA HANYA SEDIKIT MERASA PRIHATIN, SEBAB DALAM BANYAK HAL, DALAM BANYAK KASUS, NAMA RASULULLAH LEBIH MERATA PENYEBUTANNYA DI MASYARAKAT KETIMBANMG NAMA ALLAH, TUHAN PEMBERI HIDAYAH DAN RAHMAT YANG BESAR KEPADA HAMBANYA. PADAHAL BANYAK SEKALI PERINTAH ALLAH AGAR MENYEBUT NAMANYA SAJA. AL QUR’AN TAMPAKNYA TIDAK MAMPU MEMBENDUNG ARUS KEPOPULERAN AL HIKMAH KETIMBANG AL QUR’AN. SEHINGGA BANYAK SEKALI KELUHAN2 AL QUR’AN DIDALAM KITABNYA ITU. SATU YANG AMAT MENCEMASKAN ADALAH YANG TERTERA DALAM AL WAQIAH 81.” APAKAH ENGLAU REMEHKAN SAJA AL UR’AN INI”? PADAHAL AL QUR’AN TAMPA RAGU BERISI HIKMAH HIKMAH YANG MEMBAWA KEMULIAN KEPADA PARA HAMBANYA. BUKAN SEPERTI SEKARANG, MEMBAWA KEHINAAN DAN KERENDAHAN TERHADAP ISLAM. MEREKA PANDANG SEBELAH MATA SAJA TERHADAP ISLAM, PERSIS SEPERTI ORANG KAYA MEMANDANG ENTENG KEPADA BARANG2 MURAHAN.

    SATU DIANTARA SEBABNYA ADALAH KARENA KITA LEBIH TAMPIL SEBAGAI PEMULIA RASUL ALLAH KETIMBANG ALLAH SENDIRI.! PADAHAL ALLAH PEMILIK SEGALA KEMULIAAN (FATHIR 10 ?. LAGIPULA, SEJAK ERA NUH S/D DENGAN MUSA DAN ISA, TELAH BANYAK CONTOH2 YANG MEMALAPETAKAKAN DIRINYA SENDIRI, KARENA TETAP SAJA BERKIBLAT KEPADA PARA SEPUHNYA, ULAMANYA, KYAINYA KETIMBANG KEPADA ALLAH SENDIRI. INI MENCEMASKAN !

    SINGKAT ULAS, MOHONLAH AGAR PORSI AL QUR’AN DAN PORSI AL HIKMAH BERBANDING HARMONIS, SESUAI KADAR DARI KEDUA KITAB TERSEBUT. MOHON TIDAK ABAIKAN ATAU LALAIKAN AL QUR’AN – KITAB YANG AKAN MEMBAWA KEMULIAN DIRI DAN BANGSA BAGI SIAPA YANG SAMI’NA WA ATHO’NA KEPADANYA. SEKEDAR NAPAK TILAS LIHAT AL BAQARAH 38 : AGAR JANGAN ABAIKAN PETUNJUK DARI ALLAH YAITU AL QUR’AN. APAKAH AL HIKMAH ITU ? ITU SEBUTAN ALLAH DALAM KITABNYA – SAMA SEKALI BUKAN KATA HADITHS ATAU SUNNAH, KARENA KEDUA KATA TERSEBUT LEBIH AKURAT UNTUK AL QUR’AN. AL HIKMAH, SEMUA PARA RASUL MEMPEROLEHNYA, NAMUN PARA RASUL MENGEDEPANKAN SELALU ALIAS ALWAYS AYAT AYAT ALLAH KETIMBANG HIKMAH RASUL. HIKMAH RASUL TIDAK LAIN HANYALAH TAFSIR PERTAMA UTAMA MULIA DARI RASUL KARENA ALLAH TELAH MENG-KARUNIANYA DAN MENDELEGASIKAN SEBAGIAN RAHMATMNYA KEPAA MUHAMMAD RASULNYA. DAN AGAR PARA PENTAFSIR TIDAK MELENCENG DARI APA YANG DIHIKMAHI RASUL.

    OLEH KARENA ITU, MOHONLAH, AGAR SEIMBANG DALAM PEMBERITAAN AYAT AYAT ALLAH DAN HIKMAH HIKMAH RASULNYA. SEMUA ORANG ISLAM MENGETAHUI BAHWA HIKMAH RASUL BARU DIBUKUKAN SEKITAR 300 – 400 TAHUN SESUDAH WAFATNYA RASUL. SILAKAN BACA SENDIRI RIWAYAT HIDUP PARA RAWI HIKMAH RASUL TERSEBUT. SELAIN NABI MELARANG MEMBUKUKANNYA, JUGA KHALIFAH OMAR AL KHATTAB YANG MEMBATALKANAN RENCANANYA SEMULA. KHAWATIR BERAT BAHWA UMMAT ISLAM AKHIRNYA AKAN MENGIKUTI JEJAK UMMAT SEBELUMNYA SEPERTI UMMAT YAHUDI DAN NASRANI, YANG HAMPIR HAMPIR MENUHANKAN PARA RAHIB DAN PENDETANYA. DISINILAH LETAK KEKHAWATIRAN NABI DAN KHALIFAH OMAR DAN SEMUA YANG MENYADARINYA, TERMASUK SAYA.

    SAYA SANGAT BERHARAP MASUKAN INI BERMANFAAT – SAMBIL BUANG MUDHORAT DARI SELURUH SISI2 KEHIDUPAN KEISLAMAN KITA BERSAMA. SEMOGA.

    SALAM
    ZULKARNAIN AL IDRUS
    BUKIT INDAH
    CIPUTAT

  13. Assalamualaikum, Wr, Wb, saya sudah banyak men-save artikelnya,mohon ma’af ya.Syukron…..

  14. Alhamdulillah. Sesungguhnya apa yg telah diajarkan rasululah saw tersebut di atas, sangat 1menarik dan menjanjikan, yang membuat heran, kenapa banyak orangbyg sdh tahu, tapi sulit dan enggan sekali melakukannitu semua. Semoga Allah selalu memberi kekuatan kepada kita untuk bisa selalu mengamalkan itu semua. KALAU ADA KEMAUANA, INSYA ALLÀH AKAN SELALU ADA JALAN ,KEMUDAHAN

  15. Trm kasih, Ustadz. Saya juga akan sharing dengan kawan2 saya.

    Wslm, Jzklh.

  16. Jazakalloh ustads, Ana selalu butuh tex hadist dlm bhs arabnya,jadi alangkah baiknya hadis dn terjemahan/pembahasannya, ustads. Ane tunggu tex hadist 7 nasihat Rosululloh.

  17. assalamualaikum ustaz minta share ye…trima kasih..

  18. Asslm wrwb
    Ustadz Tefur, terimakasih atas pencerahannya,
    Semoga Allah melimpahkan bersamanya ridho dan hikmah agr kita menjadi hamba yang sholeh dan bermanfaat bagi sesama.
    Mohon ijin share bagi sesama, terutama bagi keluarga. Jazukumullahu katsiron.
    Wasslm wrwb.
    Prihadi

Leave a Reply

Your email address will not be published.