Kisah Hikmah Spiderman yang Memukau

kisah hikmah » kisah inspirasi spiderman

kisah hikmah spiderman kisah inspirasiSahabat pembaca, kisah hikmah ini pernah saya bawakan di ceramah Ramadhan kemarin di Masjid Raya Taman Yasmin. Salut untuk sang creator film Spiderman I yang ternyata memiliki muatan luar biasa! Simak baik-baik nih…

Kisah Hikmah Spiderman

Peter Parker adalah seorang siswa SMA yang lugu dan unyu. Saat menghadiri sebuah pameran ilmiah, ia terkena gigitan laba-laba. Ia mengalami demam yang sangat tinggi hingga akhirnya dia memiliki kekuatan baru dan dapat mengeluarkan jaring dari tangannya untuk terbang. Itulah awal kisah spiderman, si manusia laba-laba.

Suatu hari di koran ada pengumuman duel berhadiah melawan juara bertahan. Hadiahnya sangat menggiurkan. Peter Parker yang kini telah menjadi Spiderman memutuskan untuk mengikutinya karena dia sudah lama terobsesi memiliki sebuah mobil sporty yang paling tendy saat itu.

“Wah, kalau aku menang aku bisa beli mobil impianku nih.” Gumamnya.
Ia pun diam-diam mendaftarkan diri dengan langkah pasti.

Tiba di hari pertandingan, setelah sang juara bertahan mengalahkan lawan-lawan barunya yang lain kini giliran Spiderman berduel menghadapi sang juara. Akhirnya, Peter Parker (Spiderman) berhasil merobohkan sang juara bertahan.

kisah hikmah kisah inspiratifBetapa gembiranya ia karena impian memiliki mobil sporty sebentar lagi terwujud. Ia pun melangkah ke ruang promotor untuk menagih hadiah yang amat besar itu.

Sang promotor kaget, karena yang mengalahkan juara bertahan ternyata seorang bocah remaja. Lalu muncullah aksi curangnya… hadiah yang diberikan sang promotor amat kecil, tidak sebesar yang dijanjikan dalam koran.

Sudah pasti, Peter Parker protes dengan perlakuan promotor yang tidak sportif itu. Namun apa jawab sang promotor?
“Uang segitu sudah sangat cukup untuk bocah seperti kamu!” Bentak promotor.
Peter Parker (Spiderman) amat kecewa karena merasa dicurangi. Dengan langkah gontai dia meninggalkan sang promotor.

Beberapa langkah setelah Spiderman meninggalkan promotor, tiba-tiba seorang perampok menodongkan pistol ke promotor dan meminta gepokan uang milik sang promotor yang baru saja diraupnya dari penjualan tiket pertandingan.

Peter Parker, sang manusia laba-laba sempat melirik ke belakang melihat keadaan itu. Sempat beradu pandang dengan sang promotor. Tatapan sang promotor sangat memelas, seolah minta belas kasihan Spiderman agar menolongnya. Tapi Spiderman yang tengah sakit hati karena dicuranginya, ia hanya tersenyum sinis. Mungkin dalam hati ia berkata, “Rasain luh….”

Setelah sang perampok berhasil menggasak seluruh uang sang promotor, ia pun bergegas lari. Sekali lagi, Peter Parker menengok ke belakang dan melihat raut wajah sedih sang promotor. Untuk kedua kali, sang promotor melalui tatapannya berisyarat meminta agar Spiderman menolongnya. Tapi Spiderman tidak menghiraukannya.

Sang perampok ketika sampai di sebuah lift, merasa aksinya berjalan lancar… ia pun memberi isyarat terima kasih pada Peter Parker yang membiarkannya dia lari dengan aman. Peter Parker masih dengan langkah gontai berjalan keluar gedung. Ada dua perasaan yang menyelimutinya. Pertama, dia kecewa karena merasa dibohongi sang promotor. Namun dia merasa puas karena sakit hatinya terbalaskan oleh perampok tadi.

Namun apa yang terjadi ketika Peter Parker sampai di luar gedung? Ternyata di luar gedung ada kerumunan. Ada orang yang terbunuh dan mobilnya dibawa kabur seseorang. Siapa yang dibunuh, siapa yang membunuh dan yang membawa kabur mobilnya?

OK, saya potong ceritanya sampai di sini.
Sahabat pembaca, apa hikmah di balik kisah ini menurut anda? Anda sudah tahu mengapa ini dapat disebut sebagai kisah hikmah yang menarik?

Ada dua pelajaran penting di balik kisah hikmah ini:
1. Pelajaran bagi sang promotor
Tindakan tidak sportif yang dilakukannya membuat sakit hati Spiderman. Karenanya, saat uangnya dirampok dia tidak ditolong oleh Spiderman.

Sahabat pembaca, ini juga bisa menjadi pelajaran buat kita agar kita selalu berbuat sportif dan tidak berlaku dhalim pada orang lain.

2. Pelajaran untuk Peter Parker (Spiderman)
kisah hikmah spiderman kisah inspiratifSpiderman tidak seperti biasanya, dia tidak mau menolong Sang Promotor, orang yang saat itu membutuhkan pertolongan. Di saat yang sama, dia juga tidak mau mencegah kemungkaran. Membiarkan perampokan di depan mata. Kedua kekhilafan ini dilatarbelakangi oleh “balas dendam.”

Apa akibat dari kesalahannya ini?
Ternyata yang mati terbunuh adalah Ben Parker, pamannya sendiri.  Peter amat marah, dengan kesaktiannya ia terbang mengejar sang pembunuh pamannya. Setelah berhasil dikejar, akhirnya tahulah bahwa sang pembunuh pamannya sekaligus yang membawa kabur mobil sang paman adalah si perampok tadi, yang ia biarkan lolos ketika ia merampok uang sang promotor.

Hikmah untuk kita
Tolonglah orang yang sedang membutuhkan pertolongan, meskipun dia pernah mendholimi kita. Jangan biarkan kejahatan berlalu di depan kita.

Nah, inilah letak hebatnya film Spiderman I. Sebuah kisah hikmah ice breaker yang mantap! Bagaimana menurut anda?

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


public speaking

18 Replies to “Kisah Hikmah Spiderman yang Memukau”

  1. wow,sebuah pelajaran luar biasa, sebagai inspirasi dlm kehidupan.Yang pasti, tdk sedikit orang memiliki sifat spti cerita tsb.berkarakter munafik sekali gus pendendam,nauzhu billah deh,tq

  2. Luar Biasa pembelajaran berharga bagi diri kita sendiri untuk tidak egois dan selalu ber kidmat untuk kerpentingan bersama amin…

  3. Terkadang tindakan spontanitas tergantung ada atau tidaknya naluri yang dimiliki seseorang, untuk mempertajam naluri seseorang dibutuhkan pengalaman yang melatar belakanginya. Hampir sebagian besar kisah orang-orang yang memiliki empaty terhadap orang lain adalah orang-orang yang memiliki latar belakang pengalaman kejadian-kejadian yang mengundang dirinya untuk ber-empaty. Jadi marilah kita sempatkan waktu melihat lingkungan masyarakat di sekitar kita ada apa di sana barangkali akan kita temukan saudara2 kita yang masih membutuhkan pertolongan dari kita.

  4. Kalau film yang ini sudah saya tonton Pak Ustadz.
    Inspiratif dan banyak hikmahnya, lanjutken.

  5. Terima kasih untuk Bang Akhmad Tifur, saya sering nonton film Spiderman rtapi tidak menyimak sampai sedalam itu hikmah yang terkandung dalam serita film tersebut. Tks

  6. Terima kasih buat Bang Akhmad Tifur, saya sering nonton film Spiderman tapi tidak menyimak sedalam itu apa yang terkandung dalam cerita film tersebut. Luarrrr biasa.

  7. Jalan cerita yang biasa, apabila hanya ditonton, dan sangat luar biasa apabila kita perhatikan jalan ceritanya. Cerita tersebut mencerminkan :
    1. Apabila mau menolong jangan melihat siapa yang kita tolong.
    2. Kebatilan tetap batil, harus dihilangkan di muka bumi, untuk mengantisipasi dampak buruk terhadap orang-orang lain, terutam orang dekat kita.

  8. Bagus sekali pengambilan hikmahnya ustadz…

    Ya, kalau saya boleh menambahkan, tugas manusia adalah untuk beribadah. Landasan Ibadah adalah harus karena Allah Swt.

    Jika kita tidak melandasi langkah kita sebagai Ibadah, maka yang akan terjadi adalah kekecewaan dan dosa…

    Betul Pak Ustadz???

    Wallahu A’lam…

  9. Alhamdulillah kita telah di ingatkan kembali Ustadz, walaupun saya telah menonton Film tersebut sepintas hanyalah kekaguman semata, namun di sisi lain kita harus bisa merendahkan diri jangan tergoda dengan bergelimangnya Materi, mementingkan diri sendiri tanpa melihat penderitaan dan kesusahan orang lain, jangan dibiasakan merebut hak hak orang lain walaupun sekecil apapun apalagi hak hak yang menyangkut halayak orang banyak dan janganlah mempunyai sifat iri dan Balas dendam, biarkanlah masalah ini karena tuhan lebih tahu apa yang sedang kita pikirkan dan jalani.
    Dengan adanya hikmah tersebut diatas saya bersukur dan khususnya buat saya mudah mudahan jauh dari sifat tersebut dan dapat menyadarkan seluruh warga kita………… Amiiin

  10. semoga kita senantiasa menjadi hamba Allah SWT yang pangai mengambil pelajaran dari begitu banyak kisah di sekitar kita baik fiksi maupun non fiksi.jazakillah Ustadz…

  11. Saya mau share ke blog saya cerita tsb,..
    boleh ap tdak pa ust,…??
    trima kasi sblm’y,..

  12. Boleh. Tapi mohon ikuti ketentuan ini:

    “Diizinkan mengutip artikel dalam blog ini dengan active anchor text seperti aslinya, dan mencantumkan sumbernya: http://www.akhmadtefur.com dengan active link.”

  13. saya setuju, oleh karena itu contohlah Rosululloh SAW, tak pernah dendam, bahkan menolong orang yg pernah menzolimi beliau. itulah Rosululloh SAW teladan yg wajib kita teladani. Allohu Akbar..
    Allohumma sholli ‘alam Muhammad, Allohumma Sholli ‘alaih….

  14. Assalamualaikum,
    dlm film Spiderman 2, ternyata pembunuhnya bukan perampok tsb tapi yg lain (sandman), lalu himah yg diambil bertambah lagi :
    1. jgn cepat menuduh org lain, berprasangka buruk itu tdk baik.
    2. apapun yg terjadi semua itu sdh ketentuan Allah SWT, tinggal bgm kita menyikapinya.
    3. selalu ada hikmah dlm segala hal.
    trims admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.