Tasbih Alam Semesta, Menakjubkan!

akhmadtefur.com » artikel islami » kalimat tasbih

makna kalimat tasbih dan makna shalatSubhanallah (Maha Suci Allah) atau kalimat tasbih dalam buku Pesona Jendela Rahasia disebutkan memiliki dua fungsi:

1. Mengagungkan Allah
Mengagungkan Allah atas sifat-sifatNya yang luar biasa (Maha Pengasih, Maha Kuasa, Maha Raja, Maha Bijak, Maha Cerdas dll). Karena itulah, jika kita melihat hal-hal yang luar biasa, mengagumkan, maka kita ucapkan kalimat tasbih

2. Mentauhidkan Allah

Masalah tauhid dibahas lebih gamblang dalam artikel tentang makna syahadat tauhid – baca! Karena itulah jika kita melihat kemusyrikan, juga kita ucapkan kalimat tasbih.

Ringkasnya, kalimat tasbih adalah kalimat untuk mengagungkan Allah dan mentauhidkanNya

Kalimat tasbih dan shalat

Coba kita lihat beberapa perintah shalat di bawah ini:

“Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, itikaf, yang ruku dan sujud” (Al Baqarah 125)

“Rukulah beserta orang-orang yang ruku” (Al Baqarah:283)

“Perbanyaklah sujud, karena setiap kali kamu bersujud kepada Allah, maka Allah mengangkat satu derajat untukmu, dan dengan sujud tersebut dihapus satu dosamu.” (HR Muslim)

Shalat dalam Al Quran dan Hadits banyak menggunakan istilah ruku dan sujud. Mengapa tidak menggunakan takbir, itidal atau tahyat? Ternyata rahasianya adalah karena pada ruku dan sujud keduanya membaca kalimat tasbih!

Rahasia ini sebenarnya telah dibeberkan Allah dalam QS Al Hijr 98:

“Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud”

Mengapa kalimat tasbih dianggap mewakili shalat? Mengapa bukan takbir? Bukankah takbir banyak dibaca dalam shalat? Jawabnya adalah, karena kalimat tasbih adalah untuk mengagungkan Allah dan mentauhidkanNya. Shalat, pada prinsipnya juga untuk mengagungkan Allah (salah satunya dengan takbir), dan mentauhidkan Allah pada saat duduk tasyahud.

Mudeng?

Burung pun shalat, mengapa sampeyan tidak?
Demikianlah, bahwa tasbih dan shalat memiliki kesamaan prinsip. Keduanya sama-sama untuk mengagungkan Sang Maha Besar dan mentauhidkanNya. Karena itu, perintah shalat kadang menggunakan istilah ruku, sujud dan tasbih.

Jika manusia shalat dengan cara ruku dan sujud, maka cara shalat burung dengan mengembangkan sayapnya.

“kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan  burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui cara shalat dan tasbihnya” (An Nur 41).

Jadi, burung pun ternyata shalat! Kalau sampeyan tidak, ter… la.. lu! :)

Dan ternyata…
Seluruh isi jagad raya pun melakukan shalat (bertasbih)! Ini buktinya:

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. (Al Isra 44)

Subhanallah…

kata kunci: kalimat tasbih, makna tasbih, arti tasbih, keutamaan tasbih, makna shalat, ruku dan sujud, makna sujud, artikel islami

Untuk input kami, jika anda suka artikel ini : Klik 'Like'
Dan jika ingin ikut berbagi ke teman : Klik t / f / M

8 thoughts on “Tasbih Alam Semesta, Menakjubkan!

  1. Syamsul Bachri S

    Subhanallah…burung pun ternyata shalat! Kalau kita tidak,sungguh Ter… la..lu!…hal ini dibuktikan dgn Firman Allah: Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. (Al Isra 44)
    Terima kasih Pak Ahmad Tefur atas pencerahannya wass

    Reply
  2. ALI MASYKUR

    Al-Khamdulillah, Subhanallah Allah menunjukkan jalan, dan mengingatkan langkah kehidupan yang lebih baik melalui tauziah ini. Semoga Allah selalu memberi hidayah pada Ustadz. Amin.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>