“Kulseti” Solusi Optimasi Waktu Anda

Artikel Islami > Tausiyah Islam > Tausiyah Singkat

tausiyah islam kuliah sembilan detikSebuah pertanyaan urgent yang harus anda jawab sekarang: “Sudahkah anda berdakwah?”
Jawaban yang mungkin anda berikan adalah:
A. Saya bukan ustadz atau juru dakwah, kok!
B. Belum, saya tidak bisa berdakwah
C. Kadang-kadang saja

Jawaban A
Jika jawaban anda adalah A, berarti anda merasa bahwa dakwah bukan tugas anda. Ini jawaban yang keliru. Coba simak baik-baik ayat ini:

ayat tentang dakwah“Hai orang-orang yang beriman, selamatkan dirimu dan keluargamu dari api neraka” (QS At Tahrim:6).

Dari ayat tersebut, jelaslah bahwa setiap orang beriman diperintahkan untuk menjadi “juru selamat” . Tegasnya, tugas berdakwah bukanlah tugas para mubaligh saja, tapi kita semua harus menjalankannya.
Perintah dakwah yang ditujukan untuk kita semua, juga tersirat dalam QS Al Ashr, “Demi waktu. Sesungguhnya manusia dalam keadaan rugi. Kecuali yang beriman dan beramal shaleh, serta saling menasihati (berdakwah) tentang kebenaran dan kesabaran. (QS Al Ashr: 1-3).

Jawaban B
Jika jawaban anda adalah B, belum berdakwah karena merasa tidak bisa, maka ketahuilah bahwa dakwah tidak harus menjadi khatib, ustadz, penceramah atau jadi kultumer (pembawa kultum). Anda bisa berdakwah dengan banyak cara yang anda bisa, misalnya:
– Memberi buku agama untuk kerabat dan sahabat anda
– Membuat blog Islami dan share ke orang lain
– Mengadakan kuliah ringkas (kulkas) di kantor anda
– Fotokopi buletin dakwah Jumat GPKSB 100 lembar, letakkan di masjid anda
– Cetak sticker Islami, bagikan
– Cetak spanduk dakwah, pasang di tempat yang strategis
Mudah, bukan?

Jawaban C
Jika jawaban anda C, anda sudah berdakwah tapi tidak istiqamah (kadang-kadang saja).  Maka anda sungguh sangat rugi! Karena anda sudah menyadari bahwa dakwah adalah tugas anda. Kesadaran ini adalah modal awal yang sangat berharga. Anda juga sudah dapat menentukan cara dakwah yang pas untuk anda.  Tapi mengapa anda melakukannya (berdakwah) kadang-kadang saja? OK, mungkin anda punya alasan khusus misalnya karena faktor dana dan waktu?
Nah, bagi anda yang tidak dapat menjalankan dakwah terus menerus karena masalah biaya dan waktu, anda dapat menemukan solusinya di sini.

Dakwah dengan biaya Rp 0 dalam 9 detik
tausiyah islam kuliah sembilan detikInilah yang saya sebut dengan “Kulseti” atau Kuliah Sembilan Detik.  Anda hanya butuh waktu 9 detik untuk melaksanakan sebuah model dakwah penting ini. Caranya:
–    Klik di sini
–    Klik di sini, lalu klik “share”
–    Lakukan cara serupa (share) untuk artikel lainnya
Optimalkan waktu anda untuk berdakwah dengan Kulseti. Lakukan Kulseti setiap hari. Raih manfaat optimum dengan biaya dan waktu minimum…

*****

artikel islami tausiyah islam dan tausiyah singkat

SILAKAN SHARE...
  •  
  •  
  • 794
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    794
    Shares
  • 794
    Shares


public speaking

27 Replies to ““Kulseti” Solusi Optimasi Waktu Anda”

  1. Asslamualaikum Ustadz

    Memang dakwah secara luas mungkin kami belum lakukan ya ingat ilmu kami masih cetek/dangkal tapi secara tidak langsung saya sering share dari tulisan ustad lewat face book, atau saya petik dan saya sampaikan kepada para mahasiswa waktu kuliah, meskipun hanya 5 – 10 menit saat perkuliahan hampir selesai kami manfaatkan untuk membina mahasiswa paling tidak menjadi orang yang tahu tanggung jawab untuk diri sendiri, untuk keluarga kususnya tanggung jawab kepada orang tua yang telah dengan susah payah memberikan biaya untuk kuliah, ( saat ini banyak mahasiswa yang kurang amanah, didepan ortu kalem nurut, dan amanah jauh dari ortu suka neko-neko, berulah, katanya kuliah nyatanya bolos, kadang juga tidak regristasi, uang selalu minta setiap bulan)
    Trima kasih ustadz atas tausiahnya dan ijinkan saya share maupun nyontek ilmunya untuk kepentingan anak didik kami.
    Berkah Allah semoga selalu menyertai Ustadz, Aaamiiin.
    Wasalamualikum.

  2. Selama ini kami copy pelajaran2 islami pak ustadz, dan juga dari islamhouse dan dari mana saja untuk perbandingan. Tapi dakwah edisi sekitar 10 terakhir dari Pak Ustadz kita ini(mengenai sholat) belum selesai juga; semoga segera terbit. Semua copy diletakkan di mesjid kami terdekat, sekiranya bermanfaat dan jadi amal baik kmi.
    AAY.

  3. Pak Ashari, sekarang sudah dilengkapi. Silakan lanjutkan Pak.

  4. Kebetulan saya melihat artikel islami tentang dakwah Pak Ustadz ini pas hari jumat, jadi mohon ijin yah, untuk saya jadikan buletin jumat di masjid lingkungan rumah saya. Trims 🙂

  5. Solusi yang bagus nih Pak Ustadz, buat mengembangkan juru dakwah. terima kasih sudah berbagi artikel islami tentang dakwah ini dan akan saya akan share ke blog islami saya.

  6. Saya akan coba Pak Ustadz untuk selalu menyampaikan tentang dakwa kepada orang lain. Saya juga akan coba pasang spanduk dakwah atau sticker islami dari Pak Ustadz ini. Terima kasih sudah mau berbagi…

  7. paling gampang kuliah 9 detik, ya caranya menshare ke media sosial seperti yang ustad contohkan dalam wacana ini

  8. assalamu”alaikum wrwb.
    semoga Allah mempertemukan kita secepatnya di kota gethuk ya ustadz,
    syukron.

  9. Assalamualaikum Pak Ustad. Maaf pertanyaan saya tidak sesuai topik artikel..

    Apakah saya sebaiknya memilih sholat berjamaah di masjid yang berada di belakang kantor (di luar area kantor) atau saya cukup sholat berjamaah di mushala kantor?
    Di mushala kantor saya setiap waktu Dhuhur dan Ashar rutin dilaksanakan Adzan dan sholat berjamaah.

    Apakah sama antara sholat berjamaah di mushala kantor dengan sholat berjamaah di masjid?

  10. Wa alaikum salam. Dua-duanya dapat digunakan untuk shalat berjamaah. Yang lebih afdhol, adalah yang jamaahnya lebih banyak. Jika masjid belakang kantor jamaahnya lebih banyak, shalat di sana lebih afdhol.

  11. Alhamdulillah Ya Rab, engkau telah menghadirkan Ustd. Tefur di kehidupan kami, semoga engkau selalu memberi kemudahan pada Ustd. tefur dalam membimbing kami melalui dakwahnya, terimakasih Ustd. tefur

  12. terimakasih, artikel2nya sangat berguna sekali alhamdulillah sy dapatkan ilmu yang sangat-sangat bermanfaat, sebagai tanda terima kasih saya ijinkan saya tempel banner2 yang bermanfaat tsb untuk saya simpan di blog sederhana saya… biar saya niatkan karena Alloh saya ikut sebarkan ilmu akherat ini ….

  13. Alhamdulillah, terima kasih atas partisipasinya. Btw, ada beberapa banner yang link-nya tidak tepat… coba cek kembali,

  14. Assalamu’alaikum Wr wb afwan ustad saya ya sudah berdakwah rutin walau seminggu sekali kadang-kadang lebih, melalui pembinaan rutin suatu kelompok , kadang2 ngisi khutbah juma’at, kalau sekarang ya ditambah dengan kultum habis sholat dhuhur ata hbs sholat tarawih. Taujih ustad sangat berarti bagi saya untuk menambah wawasan dan variasi menu isi, semoga kedepan semakin aplikatif mudah mengena pada sasaran dakwah sehingga bisa merubah karakter masyarakat yang kurang baik termasuk saya tentunya, sukron. amien

  15. Asslamulaikum Wr, Wb.

    Alhamdulillah, Terima kasih Pak Uastad, atas dakwahnya selama ini.
    Semoga kita semua selalu di bimbing jkita ke jalan lurus dan yang Allah ridhoi dan kita semua selamat Dunia dan Akhirat.

    Amin yarobal alamin,
    Salam,
    Istamar.

  16. Wa alaikum salam Pak Istamar. Ya Allah kabulkanlah doa kami.

  17. Aww maaf pak saya ingin belajar menjadi mendakwa yang berqualitas bagaimana cara dan harus mengikuti prifat dimana ya ? Jazaklillahu

  18. Assalamualaikum wrwb.
    Alhamdulillah, akhirnya saya menemukan cara berdakwah yang efisien dan berdaya guna. Terima kasih pak Ustadz, semoga pak Ustadz & keluarga selalu sehat/dilindungi dan dilimpahkan rakhmad-NYA. Ya Allah, kami mohon jadikan hamba-MU ini, hamba yang selalu bersyukur dan tetap istiqamah dengan selalu bertaqwa kepada-MU. Aamiin ya rabbal alamin

  19. Amin. Terima kasih doanya. Semoga juga untuk Bapak sekeluarga

  20. Yth. Bp Uztad Akhmad Tefur S.Si

    Assalamu’alaikum Wr Wb,
    Setelah saya membaca buku Strategi membangun kebiasaan Shalat berjamaah(meskipun baru baca sebagian),sangat berkeinginan untuk mengamalkannya,namun saya bingung / resah karena selama ini saya melakukan shalat dan ibadah-2 yang lain di lingkungan / komunitas yang mengajarkan agar melaksanakan shalat berjamaah di masjid tertentu.

    Melalui media ini mohon bp Uztad Akhmad Tefur berkenan memberikan arahan / solosinya mengingat umur saya sudah 63 th.

    Terima kasih, Wassalam.
    (M.Abdul Jalil)

  21. Wa alaikum salam wr wb
    Tentang shalat berjamaah bagi laki-laki:
    1. Dilakukan di masjid (bukan di rumah masing2 bersama keluarga)
    2. Boleh di masjid mana saja, termasuk musholla
    Kalau bisa, ajaklah orang lain agar turut berjamaah di masjid.
    Jika tidak bisa mengajak dengan lisan, ajaklah dengan cara menyebarkan buletin atau membuat spanduk ajakan shalat berjamaah. Info lebih lanjut, baca di GPKSB.wordpress.com

  22. assalamualaikum warohmatulohi wabarokatuh,

    Kepada
    Bapak Pengasuh Kulseti mohon diberikan tata cara bahasa secara islami tentang mukadimah atau pembukaan mengenai lamaran (pinangan) bahasa apa yang pantas untuk pembuka dalam pembicaraan dengan calon besan terima kasih.

  23. Wa alaikum salam warohmatulohi wabarokatuh
    Pada prinsipnya sama dengan mukadimah ceramah, yaitu:
    – Basmalah
    – Salam
    – Hamdalah
    – Shalawat Nabi
    – Ucapan terima kasih
    Setelah itu baru mengutarakan maksudnya, dan jangan lupa mohon maaf jika ada hal2 yang tidak berkenan

  24. Asalamu’alaikum Wr. Wb.

    Kepada Bapak Pengasuh
    Mohon izin, materi-materi dalam 100 mutiara sempurna yang dikrim ke e-mail kami teruskan dimedia sosial (facebook) dan telah kami buatkan grup dengan nama KULSETI juga. tidak bermaksud membuat tandingan tapi agar mempunyai nilai dakwah yang sama, singkat, padat, waktu singkat namun penuh manfaat. Dan secara berkala terus kami update. semoga ini semua menjadi amal ibadah bagi kita semua, amin….terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.